Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Perkenalkan Galaxy A42 5G & Wireless Charger Trio

0 2.538

Samsung baru saja mengadakan sebuah acara konferensi pers virtual bertajuk “Life Unstoppable” (2/9). Dalam acara tersebut, banyak sekali perangkat baru yang dirilis untuk konsumen, mulai dari elektronik rumah, wearables sampai yang tak diduga adalah smartphone baru. Sebelumnya, Samsung sempat merilis ulang seri Galaxy A51 di Amerika Serikat dengan 5G.

Kali ini, smartphone terbaru Samsung yang diperkenalkan adalah Galaxy A42 5G, ditujukan bagi mereka yang menginginkan produk 5G termurah dari Samsung. Tak banyak yang diinformasikan pada saat smartphone ini disampaikan di konferensi pers tersebut. Namun foto resminya sudah tersedia, jadi mari kita bahas desainnya terlebih dahulu.

Baca juga: Samsung Galaxy M51 Diresmikan, Bawa Baterai Monster 7.000 mAh!

Galaxy A42 5G Hadir dengan Tampilan Belakang Baru

Samsung Galaxy A42 5G

Jika dilihat secara sekilas, sudut-sudutnya memang menyerupai seri Galaxy A pada umumnya, seperti Samsung Galaxy A21s, misalnya. Hanya saja, Samsung berikan penyegaran pada bagian bodi belakangnya. Samsung Galaxy A42 5G miliki frame kamera kotak, mengingatkan kita pada smartphone terjangkau realme C15. Sementara bodi belakangnya hadir dengan aksen yang juga baru.

Tak seperti gradien yang umumnya punya transisi halus, Samsung Galaxy A42 5G seolah punya empat lapis warna berbeda. Sementara di bagian depan, terdapat layar besar 6,6 ini yang sudah gunakan panel Super AMOLED. Hanya itu saja informasi spesifikasi yang disampaikan oleh Samsung, tanpa berikan besaran resolusi maupun lainnya.

Namun jika dilihat dari dua tampilan foto di atas, sepertinya Galaxy A42 5G bakal miliki sensor sidik jari di balik layar. Belum cukup kekinian, kamera depannya masih gunakan model notch atau Infinity-U display, bukan punch-hole yang bahkan sudah hadir di seri Galaxy A11.

Termasuk juga besaran resolusi di masing-masing kameranya, walaupun umumnya Samsung gunakan konfigurasi sensor utama, ultra wide-angle, depth sensor serta kamera makro untuk foto objek jarak dekat. Galaxy A41 yang sudah rilis beberapa bulan lalu punya sensor utama 48MP di belakang, dan kamera 25MP di depan.

Dikutip dari Gizmochina, beberapa informasi mengenai spesifikasi Galaxy A42 5G bisa ditemukan dari sertifikasi 3C & keamanan di Korea, termasuk listing informasi dari Geekbench. Kemungkinan smartphone ini bakal punya baterai 5.000 mAh, serta jalankan chipset Qualcomm Snapdragon 690, alias chipset paling murah yang mendukung 5G.

Samsung sendiri mengatakan jika detil lebih lanjut mengenai harga, spesifikasi serta ketersediaannya bakal diumumkan di peluncuran terpisah dalam tahun ini. Kemungkinan hadirnya smartphone ini dalam varian non-5G juga diduga bakal hadir, layaknya seri Galaxy A51 & Galaxy A71. Sementara seri angka 4 sendiri belum pernah masuk di Indonesia, sehingga jangan memasang ekspektasi terlalu tinggi untuk tersedianya Galaxy A42 5G di Tanah Air.

Selain Galaxy A42 5G, Samsung Kenalkan Wireless Charger Trio

Samsung Wireless Charger Trio

Perangkat lain yang juga diperkenalkan adalah Wireless Charger Trio. Dari namanya, benar jika perangkat ini bisa mengisi daya tiga perangkat sekaligus, hadir sebagai suksesor yang pas untuk seri Wireless Charger Duo.

Samsung Wireless Charger Trio bakal sangat cocok untuk Gizmo friends yang memang ‘terjun’ ke dalam ekosistem perangkat Samsung. Hanya lewat satu pengisi daya, bisa mengisi smartphone seperti Galaxy Note20, Galaxy Buds Live dan smartwatch Galaxy Watch 3 dalam waktu bersamaan. SamMobile melaporkan jika aksesori ini bakal dijual seharga 99 Euro, atau sekitar Rp1,7 jutaan.


Cek harga perangkat Samsung di:

ERASPACE LAZADA SHOPEE Blibli Tokopedia