Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy M51 Diresmikan, Bawa Baterai Monster 7.000 mAh!

0 3.146

Rumor perihal kehadiran smartphone kelas menengah Samsung yang satu ini memang sudah terbit sejak sekitar enam bulan lalu. Sangat menarik perhatian, dikarenakan kapasitas baterainya yang bisa dibilang paling besar pada smartphone mainstream saat ini, mengalahkan Galaxy M31 yang punya kapasitas 6.000 mAh. Smartphone tersebut adalah Samsung Galaxy M51.

Kini Samsung memutuskan untuk merilisnya secara resmi, namun tanpa perayaan yang masif. Halaman pemesanannya sudah terbit untuk wilayah Jerman, membeberkan sejumlah spesifikasi kunci, termasuk kapasitas baterai besarnya yang mencapai 7.000 mAh. Samsung Galaxy M51 bakal hadir dalam warna hitam dan putih, dengan penempatan sidik jari yang menarik.

Dari segi desain, smartphone ini memang terlihat sangat mirip dengan seri Galaxy M31. Bedanya, Samsung Galaxy M51 terlihat memiliki sudut yang lebih kaku, dan sudah menggunakan desain kamera depan punch-hole. Dengan desain kamera dan back cover yang terlihat lebih bersih tanpa sensor sidik jari, membuatnya terlihat lebih mirip seperti Samsung Galaxy A71.

Baca juga: Ini Harga Resmi Samsung Galaxy Tab S7 Series di Indonesia

Spesifikasi Samsung Galaxy M51

Samsung Galaxy M51

Di bagian depan, dimensi layarnya membesar mencapai 6,7 inci, menggunakan panel Infinity-O Super AMOLED beresolusi full HD+. Mungkin bermaksud untuk menghemat biaya, sehingga Samsung memutuskan untuk memindahkan sensor sidik jari di sebelah kanan bodi, menyatu dengan tombol power layaknya beberapa seri Samsung Galaxy A rilisan 2018.

Untuk urusan dapur pacu, situs resmi Samsung Jerman tidak menyebutkan secara spesifik chipset octa-core yang bakal digunakan. Namun SamMobile meyakini, serinya bakal gunakan milik Qualcomm, yaitu Snapdragon 730/730G. Dengan kapasitas RAM 6GB serta memori penyimpanan internal 128GB, kapasitas tersebut masih bisa ditambahkan dengan kartu microSD, mendukung sampai 512GB.

Memiliki kapasitas baterai yang jauh lebih besar di 7.000 mAh, kali ini Samsung tidak sekadar berikan pengisi daya adaptive fast charging 15W seperti di seri Galaxy M lainnya. Melainkan sudah mendukung fast charging 25W, alias setara dengan sang flagship Galaxy Note20 Ultra. Dengan begitu, mengisi daya smartphone baterai jumbo Samsung ini tidak perlu menunggu terlalu lama.

Baterai Samsung Galaxy M51

Kamera belakangnya memiliki empat sensor, masing-masing beresolusi 64MP f/1.8 untuk sensor utamanya, 12MP f/2.2 ultra wide-angle dengan sudut pandang 123 derajat, serta dua sensor 5MP f/2.4 yang masing-masing punya peran untuk objek dekat (makro) serta depth sensor. Mode yang disediakan tentunya cukup lengkap, termasuk mode malam serta live focus.

Kamera depan 32MP-nya juga bisa hasilkan efek foto potret dengan menggunakan olah software. Nah, yang sedikit menjadi pembeda dari seri lain, Samsung Galaxy M51 bakal hadir dengan tampilan antarmuka One UI Core berbasis Android 10. Dengan begitu, tak banyak fitur gimmick yang hadir, hanya fitur esensial saja.

Harga Samsung Galaxy M51

Hadir dengan finishing glossy, Samsung Galaxy M51 bakal dibanderol seharga 360 Euro untuk pasar Jerman, atau setara Rp6,2 jutaan. Otomatis membuatnya menjadi seri Galaxy M termahal yang pernah dirilis Samsung.

Tersedia dalam bentuk pre-order, unit smartphone bakal dikirim pada 11 September mendatang. Tentunya Samsung juga akan merilis smartphone ini di beberapa negara lain, dengan yang terkonfirmasi saat ini adalah India. Untuk kehadirannya di Indonesia, kita nantikan saja beberapa pekan mendatang ya.


Cek harga perangkat Samsung di:

ERASPACE LAZADA SHOPEE Blibli Tokopedia