Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sedih, Nintendo Sudahi Layanan Super Mario Maker Online

0 2.621

Super Mario akan menjadi ikon abadi dari Nintendo. Maka tidak heran dalam setiap rilisan konsol milik Nintendo, pasti akan diikuti dengan hadirnya seri game terbaru Super Mario. Tidak terkecuali Super Mario Maker yang muncul pertama kali untuk Nintendo Wii U pada September 2015. Sebuah game berkonsep revolusiner sehingga mampu menarik minat gamer lawas maupun baru untuk memainkannya.

Berbeda dengan game Super Mario sebelumnya yang banyak berfokus pada perjalanan karakter utama. Pada Super Mario Maker, gamer diajak untuk mengeksplorasi imajinasi mereka dalam membuat arena bermain Mario. Ya, para gamer ditantang membuat arena semenarik mungkin yang tidak terpikir sebelumnya. Dan bukan itu saja, arena tersebut kemudian dapat diunggah dan dibagikan ke sesama gamer lain.

Baca juga: Tips Maksimalkan Baterai Smartphone Biar Tahan Seharian

Super Mario

Konsep bertukar arena bermain dari Super Mario Maker itu membuat banyak gamer betah berlama-lama memainkan game ini. Gamer terus tertantang menyelesaikan arena berbeda yang diunggah di server Nintendo. Namun kesenangan itu akan segera berakhir. Karena rencananya pada 31 Maret 2021 mendatang, Nintendo berencana menyudahi layanan Super Mario Maker Online.

Bukan cuma layanan online saja yang akan segera disudahi. Nintendo juga berencana meniadakan penjualan Super Mario Maker di Nintendo eShop mulai 13 Januari 2021. Jadi bagi kamu yang hendak membeli game ini secara digital, harus segera melakukannya sebelum tanggal tersebut. Meski proses download tetap dapat dilakukan selepas tanggal tersebut apabila telah melakukan pembelian sebelumnya.

Memang game juga memiliki lifespan-nya sendiri. Dan inilah yang harus dihadapi para penggemar Super Mario Maker di seluruh dunia. Kesedihan untuk tidak lagi dapat bertukar arena bermain bersama.

Layanan yang Hilang Dari Super Mario Maker 

Tentu saja ada konsekuensi yang didapatkan dari penarikan layanan Super Mario Maker secara online. Berkaitan dengan hal tersebut, maka setelah tanggal 31 Maret 2021, gamer Wii U tidak lagi dapat meng-upload arena bermain yang telah mereka buat dan berbagi dengan gamer lain.

Bukan itu saja, Super Mario Maker Bookmark website yang menyajikan beragam koleksi arena bermain kreasi para gamer tidak lagi dapat diakses. Artinya ada banyak arena yang akan lenyap apabila belum sempat untuk dimainkan. Jika kamu menganggap dua poin tersebut sudah cukup menyedihkan, Nintendo masih menambahnya lagi.

Tentu saja kesedihan paling akhir adalah hilangnya update peringkat dari arena yang disukai, dan kemampuan untuk dapat melihat arena yang sudah di-bookmark atau ditandai. Sebab kedua fitur tersebut memang hanya didapatkan di Super Mario Bookmark. Kabar baiknya, gamer masih tetap dapat memainkan arena yang sudah diunggah sampai tanggal tersebut.

Kabar akan hilangnya layanan online Super Mario Maker memang belum sepenuhnya diyakini terjadi secara global. Salah satunya karena hanya cuitan Nintendo Eropa yang memberikan informasi tersebut.

Tinggalkan komen