Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tips Maksimalkan Baterai Smartphone Biar Tahan Seharian

1 5.335

Salah satu faktor utama dalam memilih smartphone, tentu saja daya tahan baterainya yang prima. Terutama pada masa di mana hampir semua kegiatan dilakukan lebih banyak dari smartphone, pastinya kamu ingin supaya tahan seharian walaupun aktif digunakan untuk beragam aktivitas.

Nah, supaya baterai smartphone bisa tahan lama, nggak cuma kapasitasnya saja yang penting. Kombinasi hardware serta software yang tepat juga bisa berkontribusi tinggi untuk menentukan masa pakai smartphone, supaya sanggup digeber hingga belasan jam.

Dan nggak cuma smartphone mahal aja yang punya teknologi penghemat daya mumpuni. Samsung lewat lini produk kelas entri terbarunya seperti Samsung Galaxy A11, A01 dan A01 Core pun hadir dengan fitur-fitur khusus baterai. Tentu agar penggunanya bisa lebih tenang pakai smartphone-nya, nggak perlu khawatir daya cepat habis.

Samsung menyematkan tampilan antar muka One UI di seluruh lini smartphone-nya, mulai yang paling murah sampai paling mahal. Selain didesain untuk mudahkan penggunaan sehari-hari, ada juga beberapa fitur penghemat daya yang bisa dimanfaatkan. Berikut beberapa tipsnya.

1. Terapkan Beberapa Tips Dasar Terlebih Dahulu

Spesifikasi Samsung Galaxy A11Sebelum kita membahas fitur khusus yang ada di perangkat Samsung dengan One UI, ada beberapa tips dasar yang bisa kamu terapkan untuk maksimalin baterai smartphone. Umumnya ada di tiga bagian utama; konektivitas, layar dan suara.

Pada bagian konektivitas, pastikan kamu mematikan sensor atau jaringan yang tidak diperlukan. Katakanlah, seharian hanya bekerja ataupun sekolah daring di rumah, di mana konektivitas Wi-Fi digunakan. Maka kamu bisa mematikan koneksi data seluler agar lebih hemat daya. Juga sensor lain seperti Bluetooth maupun GPS jika memang tidak diperlukan.

Lalu untuk layar, disarankan agar kamu mengaktifkan fitur adaptive brightness atau kecerahan otomatis. Tujuannya agar layar dapat menyesuaikan kecerahan sesuai yang diperlukan, semisal, cahaya redup di kondisi kamar tidur yang gelap. Dengan begitu, daya yang dikeluarkan bisa lebih pas, dan tentunya lebih aman di mata.

Satu pengaturan yang cukup penting untuk tidak dilewatkan adalah screen time-out atau durasi layar mati otomatis. Ubah durasinya ke rentang 30-60 detik saja. Ini cukup krusial terutama bagi mereka yang hanya meletakkan smartphone setelah digunakan, tanpa mengunci layar. Bila layar terus menyala hingga 15 – 30 menit, akan banyak daya baterai yang terbuang percuma.

Memutar suara dengan lantang juga bisa menjadi penyebab borosnya daya baterai. Termasuk haptic feedback atau efek getar tiap kali kita menekan tombol maupun papan ketik virtual. Bila dirasa tidak perlu, matikan fitur ini supaya baterai lebih awet.

2. Fitur Penghemat Daya di Samsung One UI

hemat daya hp samsung galaxyUntuk pengguna smartphone terbaru Samsung seperti Galaxy A11, A01 dan A01 Core, Samsung telah berikan fitur tambahan agar baterainya lebih tahan lama. Menjalankan One UI berbasis Android 10, ketiganya hadirkan menu khusus untuk memantau penggunaan daya baterai, yang bisa kamu akses dari menu Pengaturan – Perawatan Perangkat.

Di dalamnya, kamu bisa melihat presentase penggunaan baterai, aplikasi apa saja yang habiskan banyak daya hingga menonaktifkannya secara langsung. Presentase tersebut bisa digunakan sebagai acuan untuk, semisal, menghapus aplikasi yang jarang-jarang dipakai tapi bikin boros baterai.

Pada bagian Mode Daya, pastikan untuk mengaktifkan fitur ‘hemat daya adaptif’. Fitur ini secara pintar akan mempelajari penggunaan aplikasi sehari-hari, untuk ke depannya mengatur aplikasi apa saja yang bisa ditekan penggunaan dayanya. Efeknya tentu tidak instan, ada baiknya menunggu beberapa hari. Ingin lebih hemat? Aktifkan mode daya lain seperti hemat daya medium dan maksimum.

Hemat daya medium bakal batasi kinerja prosesor, sementara yang maksimum hanya berikan kamu akses ke beberapa aplikasi esensial saja. Lalu di menu lanjutan, kamu juga bisa nonaktifkan aplikasi (agar tidak berjalan di background ketika sedang tidak dibuka). Manfaatkan fitur-fitur dari One UI ini sebaik mungkin, supaya daya tahan baterai smartphone Samsung kamu jadi semakin awet ya!

3. Merawat Baterai Untuk Masa Pakai yang Lama

Samsung Harga 1 jutaanBagian ini penting terutama untuk kamu yang berencana gunakan smartphone hingga lebih dari satu tahun pemakaian. Sudah umum bila durasi pemakaian baterai bakal berkurang seiring waktu. Sangat normal, namun tentu saja bisa ditekan penurunannya dengan penggunaan yang baik.

Pertama-tama, pastikan untuk kamu menggunakan aksesori pengisi daya yang sesuai. Samsung sendiri berikan dukungan fast charging hingga 15 watt untuk Samsung Galaxy A11, sehingga pengisian daya baterai 4,000 mAh yang dimilikinya bisa berjalan lebih instan. Nah, diusahakan untuk mengisi daya ketika baterai tak kurang dari 15% ya.

Pastikan juga selama pengisian, suhu smartphone tetap terjaga. Bila smartphone terus-terusan dipakai dalam suhu yang panas, tentu dapat mengurangi masa pakai baterai di masa mendatang. Lalu biasakan untuk mengisi daya sampai penuh, agar tidak terlalu sering lepas-pasang charger, yang punya efek sama seperti menggunakannya sampai panas.

Selain Samsung Galaxy A11, Samsung Galaxy A01 & A01 Core sama-sama hadir dengan kapasitas baterai 3,000 mAh. Menjalankan One UI Core, keduanya juga hadir dengan fitur penghemat daya bawaan plus prosesor hemat daya, sehingga masih nyaman untuk digunakan seharian work from home (WFH) maupun school from home (SFH).

Samsung Galaxy A11 dibanderol dengan harga Rp1,899 juta, sementara Galaxy A01 lebih murah di Rp1,249 juta. Dan yang paling murah, Galaxy A01 Core bisa didapatkan mulai dari Rp999 ribu saja. Dengan begitu, Samsung berikan pilihan lengkap untuk semua konsumen yang inginkan smartphone canggih hemat daya.


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Indonesia

Tunjukkan Komen (1)