Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tips Bikin Foto Kreatif di Rumah dengan Smartphone Terjangkau

1 70

Berbulan-bulan melakukan berbagai aktivitas di rumah saja, mungkin membosankan dan bisa membuat kreativitas mandek. Karena masa pandemi memang banyak perubahan dan tantangan. Tapi jangan sampai mempengaruhi produktivitas kamu ya.

Sebaliknya, pandemi justru menjadi kesempatan baik bagi masyarakat yang ingin mencoba peruntungan menjadi kreator konten untuk diunggah ke media sosial. Banyak sekali hal hal produktif yang dilakukan seperti menghasilkan konten foto.

Belum punya kamera mirrorless atau DSLR yang mumpuni? Tak perlu khawatir, karena dengan smartphone terjangkau seperti Samsung Galaxy A11, A01, atau A01 Core kita bisa membuat konten keren. Jika mau mengasah kreativitas, maka semua bisa jadi content creator. Masih penasaran seperti apa? Simak tips berikut ini.

1. Rumah sebagai “studio foto” dengan beragam sudut pandang

Meski hanya di rumah, kita bisa memanfaatkan barang-barang yang ada sebagai properti untuk menghasilkan beragam foto keren. Dengan bermodal kamera smartphone, kamu bisa hasilkan foto berkualitas dengan sudut pandang yang berbeda. Coba asah kreativitas dengan mencoba berbagai sudut atau interior maupun obyek di sekitar rumah sebagai background.

Foto suasana santai bersama keluarga pun bisa menjadi objek yang seru. Karpet atau sofa di ruang tamu bisa dimanfaatkan sebagai properti yang natural tanpa perlu keluar uang. Meski demikian, tetap perlu memastikan properti foto dibersihkan terlebih dahulu dari segala macam kotoran dan debu.

Ingin mengambil foto objek di sudut rumah yang sempit? Kamu bisa memanfaatkan kamera ultra wide-angle. Tak perlu menjaga jarak atau mundur terlalu jauh, objek akan tertangkap semua dalam satu frame.

Enaknya memotret menggunakan smartphone, kapan saja melihat sesuatu yang menarik, bisa langsung difoto. Bandingkan jika harus menggunakan kamera profesional, maka harus melakukan setting terlebih dulu.

2. Manfaatkan Cahaya

Hal esensial pada fotografi maupun videografi adalah cahaya. Karena pada dasarnya, fotografi memiliki arti “melukis dengan cahaya”. Prinsip fotografi adalah memfokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya.

Cahaya memiliki kualitas, kuantitas, warna dan arah yang menampilkan bentuk, tekstur dan karakter pada suatu karya foto. Efek cahaya yang tepat juga jadi faktor pendukung yang utama untuk bisa menghasilkan foto jadi lebih ciamik lagi. Cahaya itu sangat berpengaruh, cahaya juga bisa memberikan momen yang indah.

Ketika akan memotret, pastikan untuk memperhatikan faktor cahaya ini. Baik cahaya matahari, cahaya lampu di rumah, cahaya buatan pada LED flash, maupun sengaja untuk membuat konsep low-light.

3. Perhatikan Komposisi

Dengan memahami komposisi maka foto akan tampak lebih artistik. Ada banyak sekali komposisi yang bisa diaplikasikan saat memotret. Secara teknis, ada rule of third, diagonal, similarity, bahkan framing. Kita bisa memotret dengan fokus bentuk, warna, atau garis yang unik di sekitar objek agar hasilnya tampak lebih kuat dan menarik perhatian.

Kita juga bisa menampilkan komposisi yang sederhana. Untuk objek tertentu komposisi semacam ini justru membuat hasilnya tampak lebih menarik dan artistik. Kurangi beberapa elemen yang sekiranya mengganggu keindahan foto. Kita bisa menghilangkan, menutupi, atau memindah sudut pemotretan agar elemen yang tidak perlu tersebut tidak ikut dalam foto.

4. Manfaatkan fitur kamera smartphone

Banyak sekali fitur di kamera ponsel untuk menghasilkan foto yang ciamik. Misalnya saja HDR atau High Dynamic Range digunakan untuk mengatur tingkat pencahayaan dengan lebih dinamis. Live Focus untuk hasilkan foto potret bokeh a-la kamera profesional, serta mode malam yang bisa hasilkan foto terang meski pencahayaan kurang.

Selain itu, masih banyak lagi mode foto yang disediakan pada kamera ponsel. Seperti panorama, mode profesional dengan pengaturan ISO manual untuk mengatur sensitivitas lensa terhadap cahaya, sampai mode makanan khusus buat kamu yang hobi memasak atau menikmati berbagai macam makanan.

5. Edit foto agar hasil makin ciamik

Usai ambil foto, kamu bisa mempercantik hasil foto langsung lewat galeri bawaan di ponsel. Pilih foto yang ingin kamu edit, lalu tekan tombol pensil di bawah foto. Ada banyak sekali yang bisa kamu lakukan dari editor foto bawaan ini, tak hanya sekadar menambahkan filter saja.

Posisi objek dirasa kurang pas? Kamu bisa lakukan proses cropping, mirror, sampai ubah sudut foto layaknya aplikasi edit foto profesional. Ingin menambahkan teks pada foto? Bisa, dengan berbagai pilihan warna dan bentuk huruf serupa Instagram Stories. Kamu juga dapat memilih berbagai preset stiker yang ada, maupun menambahkan stiker emoji custom yang dibuat serupa dengan wajah penggunanya.

6. Perlu strategi saat dibagi ke media sosial

Aldio Pramudya, kreator yang dikenal sebagai Ogut Mudacumasekali, menekankan bahwa untuk memulai sebagai seorang content creator, tidak perlu bermodalkan perangkat yang banyak dan mahal. Lebih dari itu, perlu diiringi dengan menerapkan tips dan trik tersendiri agar konten yang dihasilkan lebih maksimal.

Agar konten lebih tepat, maka pertama yang perlu ditekankan adalah mengenali audiens. Kuatkan permasalahan audience agar konten tepat sasaran. Yang kedua adalah algoritma, ikuti trend yang ada, pahami penggunaan sosial media, dan selalu adaptif. Ketiga, gunakan alat yang mudah dioperasikan dari mulai perangkat dan aplikasinya, seperti Samsung Galaxy A01 Core|A01|A11. Terakhir, konsisten membuat konten dan terus bereksperimen.

7. Pilihan Smartphone yang Gak Bikin Kantong Bolong untuk Bikin Konten Maksimal

Harga Samsung Galaxy A11Untuk mendukung generasi muda menjadi content creator, Samsung telah menghadirkan beragam pilihan Smartphone yang dapat dipilih untuk berkreasi dan menciptakan konten dengan beragam fitur dan teknologi yang dibawa Galaxy A01 Core|A01|A11. Agar lebih mengetahui seperti apa perangkat tersebut, simak penjelasan singkat di bawah ini:

Galaxy A01 Core

Galaxy A01 Core hadir dengan Dual Camera 8MP untuk kamera utama dan 5MP kamera depan. Dilengkapi dengan prosesor MediaTek MT6739 dan sistem operasi Android GO. Prosesor ini dapat memberikan performa cepat dan konsumsi daya baterai yang lebih irit. Baterai Galaxy A01 Core dilengkapi dengan baterai tahan lama berkapasitas 3.000 mAh yang dapat dimanfaatkan untuk mencoba membuat konten foto atau video.

Galaxy A01

Galaxy A01 dengan prosesor Snapdragon 439 dan baterai 3.000 mAh menyajikan performa yang lancar saat pengguna mengoperasikan untuk kebutuhan sehari-hari, ataupun membuat konten media sosial. Untuk kamera, smartphone ini dilengkapi dengan kamera utama 13 MP dan kamera depth 2 MP untuk menghasilkan konten yang jernih dengan warna yang tajam, ataupun bokeh. Sedangkan kamera depan 5MP untuk swafoto keren.

Galaxy A11

Galaxy A11 dilengkapi dengan tiga kamera mumpuni. Kamera utamanya resolusi 13 MP, lensa Ultra Wide 5 MP, serta lensa kedalaman atau bokeh 2 MP yang mendukung kreasi konten awesome bagi penggunanya.

Galaxy A11 juga memiliki kamera depan 8 MP. Kamera ini dapat dimanfaatkan untuk merekam gambar secara mandiri seperti pada Instastory maupun video TikTok dengan jernih. Selain itu, Galaxy A11 dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 450 dan baterai berkapasitas besar 4.000 mAh yang mendukung performa mumpuni untuk kebutuhan editing saat pengguna membuat konten di berbagai sosial media seperti Instagram dan TikTok.

Dengan berbagai fitur dan teknologi yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A01 Core|A01|A11 seperti prosesor mumpuni, kamera terbaik, dan baterai berkapasitas besar, hal ini menjadi sangat penting untuk mendukung penggunanya yang ingin memulai menjadi content creator.


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Indonesia