alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Alodokter Terima Pendanaan dari MDI Ventures & Samsung Ventures

Menjadi sebuah startup alias sebuah perusahaan yang baru dibangun, kelancaran ekonomi atau pendanaan menjadi krusial demi keberlangsungan operasional, sekaligus kebutuhan pengembangan ke depannya. Sebagai platform kesehatan digital nomor satu di Indonesia, Alodokter baru saja mengumumkan kabar pendanaan yang baru saja diraihnya, langsung dari dua investor besar.

Dua pihak tersebut adalah MDI Ventures dan Samsung Ventures Investment Corporation. MDI Ventures sendiri merupakan anak perusahaan milik Telkom Group, di mana sebelumnya telah memberikan suntikan investasi terhadap Alodokter. Lewat anak perusahaannya, Telkom Group memiliki misi untuk mendukung inovasi dan terus berkomitmen berikan solusi untuk masyarakat. Telah berinvestasi ke lebih dari 50 startup.

Sementara Alodokter sendiri telah sukses menghimpun pendanaan dalam jumlah cukup banyak sejak 2019. Beberapa di antaranya datang dari para investor seperti Softbank Ventures, Sequis, Golden Gate Ventures, Philips, Heritas dan Hera Capital. Pendanaan sepenuhnya digunakan Alodokter untuk optimalkan langkah strategis, perluas jaringan digitalisasi ekosistem layanan dan pengembangan produk baru.

Baca juga: Gelar Pelatihan Vaksinator, Alodokter Dukung Percepatan Vaksinasi di Indonesia

Lanjutan Dukungan MDI Ventures Untuk Alodokter

MDI Ventures
(Sumber: Techinasia)

Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (7/6), Donald Wihardja selaku CEO dari MDI Ventures menyampaikan bila Alodokter mampu buktikan kematangan solusi healthcare secara komprehensif, mulai dari telemedicine sampai asuransi. “Ini sebabnya MDI berharap, dukungan investasi akan membantu pertumbuhan layanan kesehatan di Indonesia, melalui potensi kolaborasi dengan beberapa entitas BUMN di Indonesia,” tambahnya.

Saat ini, MDI fokus untuk berikan investasi ke startup dalam bidang healthtech, fintech, agritech, logistik, new retail dan deep tech. “Dengan meningkatnya kebutuhan akan layanan kesehatan, investasi yang berkesinambungan ini sejalan dengan misi Telkom untuk turut serta mengembangkan produk-produk inovatif yang ada di lingkungan SOE, dan terus berkomitmen menyediakan solusi untuk jutaan masyarakat Indonesia,” tambah Edi Witjara selaku Director of Enterprise & Business Service, Telkom Group.

Bersamaan dengan MDI, Samsung Ventures juga banyak berinvestasi pada perusahaan rintisan dan korporasi berbasis teknologi baru dan inovatif, terutama dalam industri telekomunikasi, peranti lunak, internet, bio engineering dan layanan kesehatan di seluruh dunia. Mereka percaya bahwa ekosistem kesehatan Alodokter dapat terus disempurnakan, menjadi platform kesehatan yang paling inovatif di Indonesia.

Momen Pas Untuk Kembangkan Layanan Alodokter

Alodokter

Pendanaan terbaru ini bakal mendekatkan Alodokter untuk wujudkan misinya, menjadi layanan kesehatan berbasis digital yang terpadu di Indonesia. Saat ini, platform Alodokter sudah terhubung dengan lebih dari 43,000 dokter dan 1,500 rumah sakit & klinik, dengan jutaan pasien di Indonesia. Lewat platformnya, layanan yang dihadirkan mulai dari konten kesehatan, akses ke dokter umum dan spesialis hingga pembuatan janji di rumah sakit.

Nathanael Faibis, CEO & founder Alodokter menyampaikan rasa terima kasihnya kepada MDI Ventures atas kepercayaannya yang berlanjut, dan menyambut Samsung Ventures untuk ikut dalam perjalanan mereka. Inovasi teknologi akan diperkuat dengan menambah tenaga ahli, serta menambah fitur dan fungsi. “Ketika layanan ekosistem ini terintegrasi lebih lanjut dengan BUMN, maka lebih banyak lagi masyarakat Indonesia yang terjangkau layanan telemedicine.”

Adanya situasi pandemi juga tingkatkan penerimaan masyarakat terkait layanan telemedicine secara signifikan, baik dari sisi pasien dan penyedia jasa kesehatan. Alodokter percaya, saat ini merupakan momen yang penting untuk semakin intensifkan layanan kesehatan lewat teknologi digital. Teruskan komitmennya untuk berikan akses layanan kesehatan terbaik bagi keluarga Indonesia.

Tinggalkan komen