Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Gelar Pelatihan Vaksinator, Alodokter Dukung Percepatan Vaksinasi di Indonesia

0 190

Program vaksinasi COVID-19 di Indonesia kini telah berjalan selama beberapa pekan. Diadakan di beberapa lokasi secara serentak, beberapa golongan masyarakat mendapat giliran lebih dulu agar memiliki risiko terkena virus lebih rendah. Dukung percepatan vaksin, Alodokter coba untuk berikan pelatihan vaksinator, bekerja sama dengan beragam pihak.

Platform kesehatan digital Indonesia tersebut berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), agar dapat adakan pelatihan vaksinator massal. Targetnya adalah lebih dari 10 ribu tenaga kesehatan untuk dapat berpartisipasi mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID-19.

Tujuannya? Tentu saja untuk bantu percepat program vaksinasi pemerintah yang targetkan lebih dari 180 juta orang Indonesia, supaya berhasil divaksin dalam kuartal pertama 2021. Untuk menyampaikan program ini, digelar sebuah acara virtual press conference pada Rabu (7/4), dihadiri oleh perwakilan dari Alodokter, Kepala Sekretaris Dinkes DKI Jakarta serta dua narasumber lainnya.

Baca juga: Alodokter Hadirkan Opsi Pembayaran Digital ShopeePay

Pelatihan Sesuai Misi Alomedika Dorong Industri Kesehatan

Pelatihan Vaksinator Alodokter

Suci Arumsari selaku Presiden Direktur & co-founder Alodokter menyampaikan rasa bangganya karena telah dilibatkan dalam program kolaborasi pelatihan vaksinator akbar ini. “Pelatihan vaksinator ini sesuai dengan misi Alomedika untuk membantu pelaku industri kesehatan di era health-tech meningkatkan mutu pelayanan medis.”

Saat ini, lebih dari 40 ribu dokter telah bergabung di dalam Alomedika, menjadikannya sebagai platform komunitas dokter terbesar di Indonesia. berkomitmen untuk penuhi kebutuhan para dokter dengan sediakan beragam fitur. “Alodokter selalu memberi yang terbaik dari apa yang kami miliki untuk dapat wujudkan Indonesia bebas COVID-19,” tambah Suci.

Agar dapat terlaksana secara cepat, pelatihan akan diadakan secara daring. “Kita semua harus bertindah cepat dan tepat agar capaian vaksinasi di lapangan maksimal. Metode pelatihan akan dilaksanakan secara full online, dengan platform yang paling mudah diikuti oleh semua peserta,” kata dr. Verry Adrian, M.Epid, Kepala Seksi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Diadakan Secara Daring dalam Berbagai Tahap

Pelatihan Vaksinator Alodokter

Rencananya, program pelatihan vaksinator kolaborasi Alodokter dengan berbagai pihak ini bakal dilaksanakan dalam tiga gelombang. Gelombang yang pertama sendiri sudah berlangsung sejak awal minggu ini. Nantinya, sertifikat akan diberikan untuk peserta yang sudah mengikuti pelatihan.

Tentunya khusus bagi mereka yang telah memenuhi persyaratan tertentu. Yaitu sudah mengikuti minimal 95% dari keseluruhan jumlah jam pembelajaran, serta telah penuhi nilai minimum 70 dari hasil evaluasi dari sesi pelatihan. Dengan begitu, rasio vaksinator dan populasi dapat lebih diseimbangkan, sehingga target vaksin dapat tercapai.

Menurut dr. Fery Rahman, MKM, Sekretaris IDI Wilayah DKI Jakarta, upaya sosialisasi terkait program vaksinasi saat ini sudah berjalan baik. Perlu adanya fokus terhadap penatalaksanaan vaksinasi yang merata di Indonesia.

“IDI telah secara konsisten melakukan pelatihan vaksinator dari akhir tahun kemarin, guna persiapkan sumber daya manusia saat vaksin telah tersedia. Kolaborasi pelatihan massal seperti ini sangat dibutuhkan sekarang, agar seluruh daerah di Indonesia dapat dijangkau,” tutup Fery.

Tinggalkan komen