Intip Spesifikasi Huawei MatePad 11, Bakal Hadir Resmi di Indonesia

Kebutuhan akan perangkat kompak berlayar besar seperti tablet memang terus meningkat, seiring dengan meningkatnya jumlah aktivitas masyarakat yang bekerja maupun sekolah dari rumah, alias WFH & SFH. Berusaha hadirkan solusi perangkat lengkap dalam sebuah ekosistem terhubung, Huawei MatePad 11 jadi salah satu tablet terbaru yang dinilai cocok.

Sebelumnya, pada awal bulan Juni lalu, Huawei secara total telah meluncurkan tiga tipe tablet canggihnya yang bakal jalankan sistem operasi terbaru nan terintegrasi, HarmonyOS. Dua di antaranya merupakan seri MatePad Pro yang punya spesifikasi lebih tinggi. Sementara MatePad 11 lebih cocok bagi mereka yang punya kebutuhan lebih kasual.

Baca juga: Huawei resmikan nova 8i dan 5 Produk Flagshipnya di Asia Pasifik

Saat mengumumkan jajaran perangkat terbarunya untuk Asia Pasifik awal Juli kemarin, Huawei CBG Indonesia mengonfirmasi bila MatePad 11 bakal hadir resmi di Indonesia. Tepatnya pada 27 Juli mendatang, bersamaan dengan seri TWS paling mahalnya, yaitu Huawei FreeBuds 4. Lantas bagaimana spesifikasi tablet terbaru Huawei satu ini?

Layar Huawei MatePad 11 Bisa Tersambung dengan Laptop

Huawei MatePad 11

Sama seperti tablet kekinian pada umumnya, Huawei MatePad 11 tampil dengan desain yang tipis serta bezel tipis. Meski layarnya besar, bobotnya masih berada di bawah 500 gram, tepatnya 485 gram. Ketebalannya pun hanya 7,25mm, dengan keempat bezel tipis di sisi depan yang membuat rasio layar ke bodi mencapai 86%.

Bagian layar menjadi salah satu daya tarik utamanya. Dimensinya 10,95 inci alias cukup luas, punya resolusi WQXGA 1600p dengan kerapatan piksel mencapai 275ppi. Mendukung gamut warna DCI-P3, panel IPS yang digunakan mampu tampilkan konten secara sangat halus, berkat dukungan refresh rate 120Hz.

Dimensi layar besar cocok bagi pengguna yang ingin melakukan sketching atau menggambar, melalui aksesori opsional seperti Huawei M-Pencil. Sementara pekerja bisa memanfaatkannya untuk jalankan beberapa aplikasi sekaligus, memanfaatkan Multi Window. Punya smartphone atau laptop Huawei lainnya? Layar MatePad 11 bisa diproyeksikan sebagai layar sekunder, mendukung kemudahan drag & drop file.

Tersedia juga mode sambungan lainnya, di mana layar MatePad 11 bisa disambungkan ke perangkat komputer dan berfungsi layaknya panel khusus untuk menggambar. Sistem operasi yang diusungnya juga memungkinkan untuk jalankan satu aplikasi yang sama dalam dua jendela berbeda, alias secara side-by-side, maksimalkan produktivitas.

Cocok Untuk Keperluan Panggilan Virtual

Huawei MatePad 11

Dirancang cocok untuk konsumsi multimedia serta melakukan panggilan virtual, Huawei MatePad 11 punya setup empat speaker yang disetel oleh Harman Kardon. Sementara empat mikrofon pada sisi sampingnya mendukung AI Noise Reduction, agar suara pengguna bisa tertangkap dan fokus tanpa keramaian di belakangnya.

Kapasitas baterai 7,250 mAh diklaim sanggup berikan daya penggunaan non-stop sampai 12 jam, sementara pengisian dayanya mendukung fast charging 22,5W. Walaupun jadi opsi termurah, tablet yang jalankan HarmonyOS 2 ini dilengkapi cip flagship Qualcomm Snapdragon 865, lengkap dengan RAM 6GB, opsi memori hingga 256GB dan dukungan microSD sampai 1TB.

Untuk kebutuhan ambil foto dan video, kamera belakang 13MP f/1.8 milik Huawei MatePad 11 dilengkapi autofokus serta kemampuan perekaman sampai resolusi 4K, lengkap dengan LED flash. Sementara kamera 8MP fixed focus f/2.0 yang ada di depan berada pada bagian bezel yang tepat, terletak di tengah saat posisi landscape, bisa rekam video sampai full HD.

Harga Huawei MatePad 11 di China

Huawei MatePad 11

Karena baru hadir resmi di Tanah Air pada akhir Juli mendatang, tentunya Huawei CBG Indonesia belum mengumumkan harga resmi dari tablet Huawei terbaru ini. Namun sejak awal diperkenalkan, harga ritel versi Eropa sudah muncul, yaitu 399 Euro atau sekitar Rp6,8 jutaan. Terasa mahal? Tenang, kemungkinan harganya nanti bisa lebih murah.

Pada awal bulan Juli kemarin, Huawei MatePad 11 telah diresmikan di China. Varian memori 64GB dan 256GB masing-masing dibanderol CNY2,469 (Rp5,5 jutaan) & CNY3,299 (Rp7,3 jutaan). Meski sejatinya tersedia dalam tiga pilihan warna, situs resmi Huawei hanya tampilkan tabletnya dalam satu opsi warna saja, yaitu Matte Grey. Kita nantikan harga resminya saat peluncuran ya.

Tinggalkan komen