alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei FreeBuds 4, TWS Semi In-Ear dengan ANC Harga Rp2 Jutaan

Sembari menyiapkan flagship terbarunya yang dirumorkan bakal segera hadir dalam waktu dekat, Huawei lebih dulu rilis salah satu jagoan wireless earbuds berjenis true wireless stereo (TWS) mereka. Berbeda dengan tahun lalu, kali ini Huawei FreeBuds 4 dirilis belakangan. Masih mengusung desain fisik yang kurang lebih sama.

Kalau tahun lalu FreeBuds 3 dirilis lebih dulu daripada FreeBuds 3i, tahun ini di Indonesia konsumen bisa membeli FreeBuds 4i lebih awal. Secara desain pun masih dibuat mirip antara keduanya, hanya hadir dalam opsi warna baru saja. Huawei nampaknya lebih fokus untuk tingkatkan spesifikasi audio, yang menjadi daya jual utamanya.

Diluncurkan dalam sebuah acara daring yang diadakan 19 Mei kemarin, perangkat yang mendukung active noise cancellation (ANC) ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Berbeda dengan TWS kebanyakan, perangkat wearables satu ini dirancang tanpa eartip atau karet yang menempel di dalam telinga.

Sebagai gantinya, Huawei menggunakan desain semi-in-ear, dibuat layaknya AirPods ataupun vivo TWS. Pihaknya sebutkan bila dalam pembuatannya, telah dihasilkan dari ribuan data desain telinga manusia dalam wujud data 3D. Tujuannya agar bisa hasilkan bentuk yang pas untuk semua orang, mengingat tak ada karet yang bisa diganti ukurannya. Plus, diciptakan supaya tidak menimbulkan sakit dalam penggunaan yang lama.

Baca juga: Review Huawei Band 6: Layar Lebih Besar, Smartband Terbaik Awal 2021

Keunggulan Fitur Huawei FreeBuds 4

Huawei FreeBuds 4

Setiap earbud dirancang ringan dengan bobot hanya 4,1 gram saja. Dan meski gunakan desain yang tidak sepenuhnya menutup isi telinga, fitur ANC tetap dapat dihadirkan, diklaim bisa reduksi noise hingga 25dB. Untuk bisa hadirkan fitur ini, Huawei FreeBuds 4 manfaatkan 2 dari 3 total mikrofon yang ada pada tiap earbud.

Lewat teknologi “dual-microphone hybrid noise reduction”, ANC-nya diklaim bisa berfungsi maksimal. Sementara untuk kualitas suara, Huawei sematkan cip Kirin A1 plus driver dinamis berukuran cukup besar di 14,3mm. Material yang digunakan adalah liquid crystal composite (LCP) yang ringan dan kuat, membuatnya bisa berikan respon frekuensi hingga 40kHz, serta bass lebih nendang.

Mendukung konektivitas Bluetooth 5.2, Huawei FreeBuds 4 bisa disambungkan ke dua perangkat sekaligus. Sehingga ketika sedang tersambung ke perangkat seperti tablet untuk konsumsi multimedia, perangkat akan otomatis memutukan koneksi dan berpindah ke smartphone apabila ada telepon masuk. Tingkatkan faktor kepraktisan selama penggunaan.

Dukungan seamless connection juga hadir agar pengguna bisa langsung berpindah perangkat tanpa harus memutuskan koneksi terlebih dahulu. Selain dua mikrofon untuk ANC, terdapat sebuah mikrofon berkualitas tinggi yang diklaim bisa rekam suara sampai frekuensi 48kHz, plus pencegah noise agar kualitas telefoni tetap lancar. Hal yang penting dalam sebuah earphone TWS.

Untuk penggunaan gaming, terdapat mode low-latency yang dapat turunkan latensi hingga 90ms, agar lebih nyaman saat bermain gim FPS yang membutuhkan respon suara tepat. Sementara untuk daya tahan baterainya hingga 4 jam sekali pakai, atau 22 jam bersama dengan case atau pengisi daya. Dukungan fast charging janjikan penggunaan 2,5 jam hanya dalam waktu 15 menit saja.

Harga Huawei FreeBuds 4

Huawei FreeBuds 4

Tak hanya melalui port USB-C, perangkat yang memiliki bobot total 31 gram ini juga bisa diisi secara nirkabel menggunakan standar Qi wireless charger. Dan untuk penggunaan yang lebih aman, sertifikasi IPX4 hadir agar lebih aman dari cipratan air maupun keringat.

Hadir dalam warna putih, silver dan merah, Huawei FreeBuds 4 dibanderol seharga CNY999 di negara asalnya, China, atau setara Rp2,2 jutaan bila dikonversikan ke rupiah. Mulai tersedia pada 6 Juni mendatang, Huawei sebutkan bila kehadirannya secara global bakal disegerakan dalam waktu dekat.

Tinggalkan komen