Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review Huawei Freebuds 3: Harga Sesuai Rasa

Earphone nirkabel telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat urban. Pengguna semakin menuntut kualitas playback dan kenyamanan audio yang lebih tinggi. Inilah yang coba dihadirkan Huawei pada produk earbuds terbarunya. Raksasa teknologi asal China tersebut masuk ke ranah TWS (True Wireless Stereo) dengan meluncurkan Huawei Freebuds 3.

Meneruskan generasi Freebuds terdahulu, perangkat yang mulai tersedia di pasar Tanah Air pada Desember 2019 ini hadir dengan fitur lebih baik. Menurut pihak Huawei, perangkat ini mengutamakan kebutuhan konsumen akan kenyamanan dan fitur noise cancellation. Huawei mengembangkan teknologi untuk open-fit active noise cancellation Bluetooth earphones pertama di dunia, yang menetapkan standar baru untuk industri audio.

Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, simak review Huawei Freebuds 3 kami berikut ini.

Desain

Huawei Freebuds 3True Wireless Stereo (TWS) memang sedang naik daun. Banyak produsen gadget ternama turut serta memproduksi perangkat tersebut. Membuat variasi desain pun bertebaran. Bahkan rumah mode Luis Vuitton turut melahirkan model TWS yang lumayan unik.

Ketiadaan kabel memang membuat desain dapat diaplikasikan lebih luas dengan berbagai modelnya. Begitupun dengan Huawei yang turut dalam kancah perang TWS global lewat produk terbarunya, Freebuds 3.

Huawei, seperti kebanyakan produsen gadget global, tidak serta merta menyajikan desain edgy ke pasaran. Desain Huawei Freebuds 3 tersaji dalam garis konvesional seperti halnya earphone klasik. Termasuk keberadaan tangkai tambahan yang menggantung di telinga.

Desain Bionik Lumba-Lumba HUAWEI FreeBuds 3 pas di telinga Kamu untuk pemakaian yang lebih nyaman dan stabil, sekaligus menghadirkan suara yang terfokus jauh di telinga Kamu. Desain open-fit dirancang secara ergonomis untuk kenyamanan maksimal.

Aerodinamic mic duct design merupakan sebutan yang disematkan Huawei pada Freebuds 3 ini. Desain agar dapat menekan angin yang lewat untuk mengurangi kebisingan secara efisien. Kemampuan redam kebisingan angin dapat tetap efektif bahkan ketika berkendara pada kecepatan 20 km per jam.

Tangkai tambahan pada Freebuds 3 pun memiliki fungsi tambahan. Ada celah kecil yang dapat dimanfaatkan untuk mengikat perangkat ini dengan tali tambahan, agar lebih aman saat dipakai berolah raga. Serta memudahkan kamu saat mengetukkan jari di perangkat ini untuk mengaktifkan fitur tambahan.

Model lubang suara pada Freebuds 3 tidak jauh berbeda dengan versi terdahulu. Huawei membagi tiga titik lubang mengarah ke dalam telinga. Dengan satu lubang tambahan diarahkan ke bagian atas, biasanya berfungsi sebagai peredam untuk menghasilkan efek akustik pada output suara. Dari sanalah aliran udara numpang lewat sehingga suara lebih hidup. Dimensi untuk freebuds 3 ini 41.5 x 20.4 x 17.8 mm.

Bagian desain lebih menarik justru ditemukan pada casing bundar simetrisnya. Casing ini mengingatkan pada desain tempat komestik perempuan. Ukurannya cukup kecil untuk dapat dimasukkan ke dalam saku celana, yakni 60.9 x 21.mm. Dengan bobot hanya 48 gram, rasanya kamu tak akan terganggu membawa penyimpanan sekaligus port pengisian ini saat bepergian.

Teknologi Huawei Freebuds 3

Fitur yang tak kalah menarik ialah keberadaan sensor gerak yang ada hubungannya dengan tulang. Ya, dengan sensor suara tulang bawaan, Huawei FreeBuds 3 dapat lebih baik mengambil suara kamu melalui getaran tulang sehingga suara yang muncul ditingkatkan untuk membuatnya jelas dan menonjol selama panggilan telepon sementara kebisingan sekitar telah berkurang.

Kemampuan kinerja dari sebuah TWS seperti Freebuds 3 tidak hanya diukur dari kemampuan audio saja, namun juga dari kemampuan konektivitas yang stabil. Nah, Freebuds 3 dilengkapi dengan BT / BLE dual-mode Bluetooth 5.1 SoC bersertifikat pertama di dunia1.

Bluetooth tersebut memiliki teknologi transmisi Dual Channel HUAWEI Isochronous dan prosesor audio 356 MHz. Huawei mengklaim bahwa Freebuds 3 mampu menghadirkan koneksi Bluetooth yang stabil dan cepat, serta audio yang akurat dan sinkronisasi video. Game lebih menyenangkan dan video lebih mendalam.

Kompatibilitas Bluetooth 5.1 membuat proses pairing menjadi lebih cepat. Konsistensi pengiriman suara nirkabel juga berlangsung stabil, tanpa delay maupun kehilangan sinyal. Hal ini tentu menambah kenyamanan pada saat menggunakan Freebuds 3.

Pengoperasian

Related Posts
1 daripada 40

Freebuds bukanlah perangkat teknologi rumit, sehingga siapapun dapat mengoperasikannya dengan mudah. Pada awal penggunaan tentu perlu dipastikan bawa daya baterai dalam keadaan terisi. Untuk kemudian kamu dapat mencoba pairing dengan menekan tombol kecil pada casing. Pairing di sini hanya dapat dilakukan pada satu buah perangkat lain saja, seperti ponsel atau laptop.

Pada mode default, Freebuds 3 memiliki fitur pintas menarik pada bagian samping tiap bud, dengan cara memberi ketukan kecil sebanyak dua kali. Ketukan dua kali pada bud kiri akan mengoperasikan fungsi noise canceling. Sementara dua pada bud kanan berfungsi sebagai perintah next dari satu lagu ke lagu lain. Atau dari satu video ke video lain dalam player Youtube.

Apakah terdapat fungsi lain? Ya, kamu dapat mengatur dan mengubah fungsinya lewat aplikasi AI Life kreasi Huawei didapat lewat Play Store. Dalam aplikasi terdapat beberapa tambahan fungsi lain seperti Play/Pause, Wake Voice Assistant, serta meniadakan fungsi alias None.

Proses peralihan pairing dari satu perangkat ke perangkat lain tidak perlu dilakukan berulang-ulang. Semisal hendak beralih dari ponsel ke laptop, maka kamu cukup mematikan Bluetooth di ponsel, lalu nyalakan Bluetooth di laptop yang sebelumnya sudah di-pairing. Maka Freebuds dapat segera terkoneksi dengan maksimal.

Baterai dan Pengisian Daya

Huawei Freebuds 3 memiliki dua sumber daya berbeda. Pertama terletak pada perangkatnya itu sendiri. Yang kedua ada pada casing pengisian dayanya. Jadi jika kamu hendak menggunakan perangkat ini dalam durasi lebih lama, jangan sampai meninggalkan casingnya.

Pada perangkat Freebuds 3 tersedia baterai 30 mAh. Relatif kecil sehingga hanya dapat digunakan selama durasi kurang lebih 4 jam saja. Tidak ada pengaruh durasi meski menggunakan Freebuds 3 dengan volume kecil, sedang, maupun keras.

Sementara untuk casing bawaan, akan didapati baterai berdaya 410 mAh. Jadi kurang lebih ada 24 jam durasi pemakaian apabila perangkat berulang kali diletakkan pada casing saat baterainya habis. Penggunaan terbatas semacam ini ada kalanya berdampak positif untuk kesehatan telinga kamu yang terbiasa mendengarkan dan memakai earphone nyaris tanpa jeda.

Dalam prosesnya, kamu dapat melakukan pengisian daya pada casing tanpa perlu menyertakan Freebuds 3 di dalamnya. Proses pengisiannya dilakukan lewat port USB type-C (5V1, 2A 6W) atau nirkabel stkamur Qi dengan input lebih kecil sebesar 2W saja.

Kinerja

Fitur yang tak kalah menarik ialah keberadaan sensor gerak yang ada hubungannya dengan tulang. Ya, dengan sensor suara tulang bawaan, Huawei FreeBuds 3 dapat lebih baik mengambil suara kamu melalui getaran tulang sehingga suara yang muncul ditingkatkan untuk membuatnya jelas dan menonjol selama panggilan telepon sementara kebisingan sekitar telah berkurang.

Kemampuan kinerja dari sebuah TWS seperti Freebuds 3 tidak hanya diukur dari kemampuan audio saja, namun juga dari kemampuan konektivitas yang stabil. Nah, Freebuds 3 dilengkapi dengan BT / BLE dual-mode Bluetooth 5.1 SoC bersertifikat pertama di dunia1.

Bluetooth tersebut memiliki teknologi transmisi Dual Channel HUAWEI Isochronous dan prosesor audio 356 MHz. Huawei mengklaim bahwa Freebuds 3 mampu menghadirkan koneksi Bluetooth yang stabil dan cepat, serta audio yang akurat dan sinkronisasi video. Game lebih menyenangkan dan video lebih mendalam.

Kesimpulan

Huawei Freebuds 3 memiliki harga jual relatif tinggi mencapai Rp 2,099 juta. Dengan beragam fitur yang sudah dijelaskan tadi, memang rasanya harga tersebut cukup masuk akal. Lawan dari perangkat TWS semacam ini datang dari brand lain dengan harga lebih murah.

Tapi bagi kamu yang mengedepankan kenyamanan audio, konektivitas stabil, serta daya tahan baterai memadai dapat menjadi Freebuds 3 sebagai salah satu pilihan terdepan.

Sebagai mana idiom, “ana rega, ana rupa” alias ada harga, ada kualitas. Maka itulah yang akan kamu dapatkan. Jika tertarik memilikinya, kamu bisa membeli di official store Huawei di Lazada atau Shopee.

Spesifikasi Huawei Freebuds 3

Chipset : HUAWEI Kirin A1
Metode Charge : Charge menggunakan Charging Case
Speaker : 14-mm diameter dynamic driver x 1
Mic : Silicon microphone x 2,
Warna : Putih, Hitam, dan merah (edisi Valentine)
Berat : 4.5 g (per earbuds)
Dimensi : 41.5mm*17.8mm*20.4mm
Charging port : USB Type-C, Pengisian daya Nirkabel
Power supply : 5 V/1 A
Baterai: 30 mAh minimum (per earbud), 410 mAh (charging case)
Tipe : lithium polymer battery
Waktu Charge : Sekitar 1 Jam ( Arus Pengisian Maksimum: 3C)
Music playback: Sekitar 4 Jam
Durasi Panggilan Suara : Sekitar 2 Jam 30 Menit
Stand By Mode: hingga 20 Jam
85%
Good!

Review Huawei Freebuds 3

Bagi kamu yang mengedepankan kenyamanan audio, konektivitas stabil, serta daya tahan baterai memadai dapat menjadi Freebuds 3 sebagai salah satu pilihan terdepan.

Beli
Huawei Freebuds 3 - Shopee
  • Design
  • Audio
  • Features
  • Battery