alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

iOS 14.4 Dirilis, Perbaiki 3 Celah Keamanan Krusial

Produsen smartphone diwajibkan secara rutin untuk memperbarui versi perangkat lunak atau software-nya. Tidak hanya untuk memberikan fitur baru, namun juga perbaikan bug hingga isu keamanan. Lewat iOS 14.4 & iPadOS 14.4, Apple menyarankan semua pengguna perangkat Apple yang mendukung untuk naik ke versi terbaru tersebut.

Pasalnya, pada versi software sebelumnya, telah ditemukan celah keamanan yang sangat mungkin diserang oleh para hacker. Dikutip dari TechCrunch, Apple telah lampirkan catatan lengkap pada halaman pembaruan keamanan mereka. Dimana di situ tertulis bila ada aplikasi yang bisa mengganggu, yaitu meningkatkan privilese atau kemampuan akses secara otomatis.

Artinya, bila Gizmo friends sempat meng-instal aplikasi sembarangan atau yang tersedia dari luar App Store, sangat mungkin ada celah keamanan di mana pihak ketiga bisa meng-eksploitasi celah tersebut. Dengan meningkatkan kemampuan akses, tidak menutup kemungkinan dapat mengambil data pribadi, meski pengguna tidak memberikan izin khusus.

Baca juga: MacBook Pro M1 & Air M1 Dijual di iBox, Harga Mulai Rp17 Jutaan

iOS 14.4 Perbaiki Tiga Celah Keamanan Utama

Pembaruan iOS 14.4
Ukuran pembaruan iOS 14.4 di iPhone XR.

Secara total, terdapat tiga celah keamanan krusial yang sudah diperbaiki di iOS 14.4, dimana celah tersebut diketahui sedang tereksploitasi secara aktif. Apple sendiri tak menyebutkan apakah penyerangan data pribadi ini terjadi dalam lingkup yang kecil atau terjadi secara global. Ini adalah situasi yang tergolong jarang terjadi, terutama dari Apple yang selalu utamakan keamanan.

Dengan kata lain, pengguna iPhone 6s ke atas yang memang mendukung sistem operasi terbaru Apple saat ini, wajib hukumnya untuk naik ke iOS 14.4. Bukanlah pembaruan yang bawa banyak perubahan, dan masih tergolong minor. Namun demi menutup celah keamanan supaya data pengguna tidak dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab.

Pembaruan ini berukuran sekitar 300MB untuk smartphone seperti iPhone XR. Proses instalasinya pun tergolong singkat, karena tak banyak hadirkan fitur baru. Pastikan kapasitas memori iPhone dan iPad kamu sudah cukup, dan sisakan baterai supaya proses pembaruan berjalan dengan lancar ya.

Bawa Perbaikan Fitur Untuk iPhone 12 Series

iPhone 12 Pro

Tak hanya tingkatkan keamanan, terdapat beberapa fitur baru serta perbaikan lainnya yang dibawa lewat iOS 14.4. Nantinya perangkat iPhone bakal bisa mengenali kode QR yang lebih kecil, langsung dari aplikasi kamera. Peningkatan ini cukup krusial, terutama bagi pengguna yang gemar ke restoran/kafe di mana menunya hanya tersedia secara virtual, dengan scan QR code.

Selain itu, perangkat Bluetooth yang pernah tersambung kini juga bisa diklasifikasikan jenisnya. Mulai dari perangkat earphone, hingga audio kendaraan. Serta bug delay keyboard yang cukup mengganggu sejak awal iOS 14 dirilis. Membuat proses pengetikan menjadi terganggu, termasuk penggunaan bahasa yang terkadang tidak sesuai.

Khusus pengguna iPhone 12 Pro, hasil foto dengan efek HDR bakal diperbaiki untuk mengurangi efek tampilan yang kurang optimal. Selain itu, iOS 14.4 juga dapat mengenali dan memberitahukan pengguna apabila sensor kameranya sudah pernah diganti, dan tidak orisinil. Dengan begitu, bisa membantu kita saat melakukan servis, supaya tetap gunakan modul kamera yang sesuai dengan bawaan Apple.

Tinggalkan komen