Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Lenovo IdeaPad 5 Pro Gunakan Prosesor AMD Ryzen, Punya Kamera IR

0 2.020

Ramaikan gelaran Consumer Electronics Show (CES) tiap tahunnya, Lenovo selalu hadirkan pilihan perangkat mobile serta komputer terbarunya. Salah satu seri yang paling laris adalah Lenovo IdeaPad, karena tersedia mulai harga sangat terjangkau sampai mendekati kelas premium. Kali ini, diperkenalkan Lenovo IdeaPad 5 Pro & IdeaPad 5G.

Ketiganya memiliki kesamaan yaitu desainnya yang cukup portabel, dan juga mirip seperti Lenovo IdeaPad Slim series yang ada di Tanah Air. Lenovo hadirkan fitur-fitur unggulan tersendiri untuk masing-masing seri, namun seluruhnya sudah mengusung kamera inframerah di atas untuk keperluan Windows Hello, tanpa perlu memasukkan PIN.

Sama seperti produsen laptop lainnya, Lenovo juga kerap dikenal merilis perangkat dalam dua versi. Yang dimaksud di sini adalah prosesor yang digunakan. Dihadirkan Lenovo IdeaPad 5 Pro dan IdeaPad 5i Pro—“i” adalah tanda bila varian tersebut gunakan prosesor Intel, sementara varian satu lagi bakal mengusung prosesor dari AMD yang juga tak kalah bertenaga.

Baca juga: Lenovo ThinkBook Plus, Laptop Layar Ganda Unik Harga Rp23 Jutaan

Spesifikasi Lenovo IdeaPad 5 Pro & 5i Pro

Lenovo IdeaPad 5 Pro

Baik Lenovo IdeaPad 5 Pro & 5i Pro kini sama-sama hadir dengan opsi layar 14 & 16 inci. Yang lebih menarik, layar tersebut gunakan rasio lebih tinggi di 16:10, dinilai lebih cocok untuk proses multitasking. Tak hanya itu, varian 14 inci memiliki refresh rate 90Hz, sementara 16 inci lebih tinggi di 120Hz.

Mendukung 100% warna sRGB, Lenovo IdeaPad 5 Pro sudah cukup untuk kreator konten. Tidak jauh dari bagian layar, di atasnya terdapat kamera IR yang dilengkapi sensor 3D time-of-flight (ToF). Keduanya dikombinasikan untuk mungkinkan buka kunci dengan scan wajah, plus gimmick lainnya. Misalnya, video akan otomatis berhenti bila kamera mendeteksi pengguna sedang pergi atau melihat arah lain.

Beralih pada bagian dapur pacu, Lenovo IdeaPad 5 Pro bakal gunakan prosesor AMD Ryzen H series. Terdapat opsi RAM DDR4 hingga 32GB, plus penyimpanan SSD PCIe hingga 1TB. Sementara untuk varian 5i Pro hadir dengan CPU Intel Tiger Lake. Opsi RAM hanya sampai 16GB, namun dilengkapi akses port Thunderbolt 4.

Keduanya hadir dengan opsi kartu grafis NVIDIA MX450. Untuk baterainya sendiri, disematkan kapasitas 56,5Wh untuk varian 14 inci dan 75Wh di 16 inci. Keduanya mendukung teknologi Rapid Charge Express lewat port USB-C.

Lenovo IdeaPad 5G Pakai Chipset dari Qualcomm

Lenovo IdeaPad 5G

Selain seri Lenovo IdeaPad 5 Pro, diperkenalkan juga varian yang didesain untuk konsumen mobile. Sesuai dengan namanya, Lenovo IdeaPad 5G mendukung konektivitas 5G sub-6 GHz lewat modem Snapdragon X55. Ya, laptop ini gunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8cx yang berjalan fanless (tanpa kipas).

Lewat laptop ini, Lenovo mencoba tawarkan sebuah perangkat untuk mereka yang bekerja mobile atau work from home, supaya punya alternatif ketika koneksi internet sedang kurang baik. Bobotnya hanya 1,2kg, mudah dibawa-bawa serta irit baterai.

Meski kapasitas baterainya tak terlalu besar di 51Wh, Lenovo IdeaPad 5G yang punya layar 14 inci ini bisa digunakan hingga 20 jam. Pengisian dayanya juga bisa dilakukan lewat USB-C, sehingga bisa pakai pengisi daya yang sama dengan smartphone.

Harga & Ketersediaan Lenovo IdeaPad 5 Series

Lenovo IdeaPad 5 Pro

Untuk ketersediaannya, Lenovo IdeaPad 5 Pro bakal dijual mulai Maret 2021 mendatang, untuk regional Eropa, Timur Tengah dan Afrika. Harga ritelnya mulai dari 799 Euro. Sementara varian dengan prosesor Intel juga dimulai di waktu yang sama, dengan harga lebih murah, mulai dari 699 Euro.

Untuk Lenovo IdeaPad 5G, Lenovo sendiri masih belum memutuskan untuk hadir di region mana saja. Begitu pula dengan harga resminya. Kita nantikan saja kehadiran seri IdeaPad terbaru ini di Tanah Air ya.