Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Film Pendek Vertikal Pertama di Indonesia Garapan Studio Antelope Tayang di TikTok

0 105

Konten video vertikal semakin digandrungi anak muda terutama yang aktif di platform media sosial seperti TikTok dan Instagram. Hal ini yang membuat TikTok Indonesia dan Studio Antelope tertantang untuk membuat konten video lebih serius melalui film pendek vertikal.

Menurut TikTok Indonesia, Kerja sama pembuatan konten film pendek vertikal tersebut dalam rangka memperingati Hari Perfilman Indonesia.  Film pendek vertikal “X&Y” ini akan tayang perdana di akun resmi TikTok Indonesia mulai tanggal 29 Maret hingga 4 April 2021 yang dibagi dalam 6 chapter.

Baca juga: 64 % Remaja Asia Tenggara Mengalami Risiko Internet, TikTok Luncurkan Toolkit Keamanan Keluarga

Film Pendek Vertikal Berikan Pengalaman Unik

tiktok indonesiaJason Iskandar, sutradara film “X&Y” mengatakan alasannya tertarik untuk menggarap proyek film video vertikal ini. Menurutnya, penggunaan smartphone yang semakin meningkat membuat sebagian masyarakat terbiasa dan lebih nyaman melihat format video dalam bentuk vertikal.

Ia menambahkan beberapa hasil riset mengatakan jika engagement rate dan video completion dari video vertikal lebih tinggi daripada video horizontal

“Kolaborasi bersama TikTok ini memberikan suatu tantangan sekaligus kesempatan bagi kami dari industri film untuk mengeksplorasi suatu cerita film ke dalam format dengan aspect rasio yang lebih ramping, yang tentunya memberikan pengalaman unik dan berbeda dibanding menonton film dalam format horizontal,” kata pendiri Studio Antelope tersebut.

Sinopsi Film Pendek Vertikal X&Y

TikTok

Film “X&Y” menceritakan romansa dua orang penghuni kost-kostan yang saling mempunyai rasa satu sama lain. Pada cerita tersebut, Omar akan mempresentasikan sebagai sumbu Y, sedangkan Winda sebagai sumbu X. Layaknya pada teori matematika, sumbu X dan Y akan saling bertemu walau harus memiliki jalannya masing-masing di awal.

Dibintangi oleh Jourdy Pranata yang berperan sebagai Omar, dan Arawinda Kirana sebagai Winda yang telah memenangkan penghargaan Piala Maya 2021 kategori Aktris Pendatang Baru Terpilih. Film ini juga telah melibatkan konten kreator TikTok yang memiliki bakat di bidang akting, seperti Dwynna Win sebagai Chelsea, Avan The Love sebagai Mas Yos dan Giovani Divaldhi sebagai Vano. Original song dari X&Y “Terpikat Senyummu” melibatkan kreator musik, yaitu Brigita Meilala dipercaya mengisi soundtrack dari film ini.

Menginspirasi Setiap Orang Menggunakan TikTok

TikTok

Angga Anugrah Putra, Head of Content and Operations, TikTok Indonesia menjelaskan melalui adanya kolaborasi bersama sutradara profesional dan berbakat, seperti Jason Iskandar diharapkan menjadi titik mula bagi peran TikTok di dunia entertainment terutama perfilman Indonesia.

Dengan adanya keberadaan film X&Y ini juga dapat menginspirasi masyarakat Indonesia untuk memperdalam fitur-fitur yang ada di TikTok untuk story telling. Tak sampai disitu, ia ingin agar TikTok dapat menjadi wadah para kreator berbakat untuk membangun karir mereka di dunia entertainment di Indonesia.

Baca juga: Perusahaan Pemilik TikTok Resmi Akuisisi Studio Game Mobile Legends

Selain dapat menikmati film X&Y, para pengguna juga bisa ikut berpartisipasi dalam memeriahkan kehadiran film pendek vertikal ini dengan mengikuti beragam kegiatan atau challenge menarik yang ada di aplikasi TikTok.

Tinggalkan komen