alexa

Durasi Video TikTok Bakal Jadi 5 Menit

Jakarta, Gizmologi – TikTok berencana untuk menambahkan durasi tayangan videonya hingga lima menit atau lebih. Tujuannya agar memberikan kemudahan penggunanya yang ingin menggunggah konten dengan durasi lebih panjang.

Pasalnya sejak kali pertama diluncurkan, TikTok membatasi durasi video yang diunggah dengan tujuan agar mudah ‘ditonton’ dengan cepat. Hal inilah yang menjadi daya tarik TikTok dibanding kompetitor lainnya.

“Upload video hingga 5 menit dari perangkat kalian. Pastikan kalian menggunakan TikTok versi terbaru sebelum mencoba fitur ini di aplikasi kalian atau tiktok.com,” tulis pemberitahuan update yang dibagikan konsultan media sosial, Matt Navarra di Twitter.

Menurut Navarra, TikTok sedang berupaya untuk meningkatkan durasi tayangan video yang diunggah penggunanya. Pada awal Juli 2021, TikTok sempat memperpanjang durasi video menjadi maksimal 3 menit dari yang sebelumnya hanya berdurasi sekitar 15-60 detik.

Tidak semua pengguna TikTok mendapatkan pemberitahuan seperti tweet Navarra, dikarenakan fitur ini masih dalam tahap uji coba. Navarra menduga, bahwa mereka juga akan diberi opsi untuk mengunggah video dengan batas waktu hingga 10 menit.

Baca Juga: Saingi TikTok Duets, Reels Remix Hadir Untuk Bikin Duet Video di Instagram

TikTokers Kecewa

 

TikTok for Business

Banyak TikTokers kecewa dengan penambahan durasi yang akan dilakukan TikTok. Sebab tidak akan berbeda jauh dari tayangan YouTube atau platform berbagi video lainnya.

“Batas saya sampai di sini!!! Video 3 menit tidak apa-apa tapi lebih dari 5 menit pada dasarnya adalah YouTube. Rentang perhatian saya hanya 30 detik,” kata netizen @marvinthompson diikuti dengan emoji meringis.

Video berdurasi pendek memang menjadi kunci kesuksesan TikTok, saking populernya fitur ini ditiru oleh banyak media sosial lain. Sebut saja Instagram, Facebook bahkan YouTube juga memperkenalkan fitur serupa dengan durasi konten video yang pendek.

“Ini terdengar aneh… TikTok mencoba menjadi long form dan YouTube mempromosikan short form… apakah kedua platform mencoba menjadi satu sama lain?” tanya netizen @DyroccOfficial.

YouTube sendiri memiliki fitur video singkat mirip TikTok bernama Shorts yang memungkinkan pengguna membuat video berdurasi 15-60 detik. Instagram juga memiliki fitur serupa bernama Reels yang bisa dipakai untuk membuat video berdurasi 15, 30 hingga 60 detik.

Tinggalkan komen