Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Saingi TikTok Duets, Reels Remix Hadir Untuk Bikin Duet Video di Instagram

0 1.807

Metode “amati, tiru, modifikasi” rasanya memang bisa diterapkan pada banyak aspek, salah satunya termasuk untuk hadirkan fitur baru pada sebuah aplikasi. Agustus lalu, Instagram hadirkan “Reels” yang mirip TikTok. Kali ini, Reels Remix dihadirkan untuk meng-copy fitur spesial yang ada di dalam TikTok.

Instagram memang dikenal untuk “comot” banyak fitur dari aplikasi lain untuk disematkan pada aplikasi mereka. Sebelum ada Instagram Stories, pengguna media sosial lebih memilih untuk rekam video singkat lewat aplikasi Snapchat. Namun sejak hadirnya Instagram Stories, banyak yang berpindah karena dirasa lebih banyak pengguna. Situasi serupa mungkin bisa terulang lewat Reels Remix.

Belakangan, yang membuat pengguna TikTok semakin memuncak adalah fitur duet mereka. Fitur tersebut hadir agar seseorang bisa melakukan duet bersebalahan dengan video TiKTok pengguna lainnya. Bisa wujudkan kesempatan untuk kolaborasi, atau sekadar seru-seruan saja bersama teman. Meski belum tersedia di Indonesia.

Baca juga: Diluncurkan di 170 Negara, Instagram Lite Pangkas Pemakaian Kuota

Cara Akses Instagram Reels Remix Juga Mirip Punya TikTok

Instagram Reels sendiri dihadirkan mulai Agustus mendatang, bisa diakses secara mudah dengan menggeser ke bagian paling kanan, di sebelah tombol “live” untuk melakukan sesi Instagram Live. Sejak itu, Instagram juga meletakkan tombol khusus untuk menampilkan Reels dari pengguna lainnya, serupa dengan tombol belanja yang cukup kontroversial di awal. Bahkan tetap hadir pada versi ringan, Instagram Lite.

Fitur ini sudah hadir secara public beta, dengan kata lain Instagram akan memilih sejumlah pengguna secara acak untuk bisa menikmati Instagram Reels Remix. Kehadirannya memberikan kesempatan pertama kalinya untuk pengguna Instagram Reels agar dapat berkolaborasi dengan para kreator lainnya. Ciptakan video reaksi, komentar maupun metode lainnya.

Cara menggunakan fitur Reels Remix pun cukup mudah. Pengguna hanya perlu mencari Reels atau video pendek yang ingin dikolaborasi, tekan menu tiga titik pada video tersebut, lalu menekan tombol “Remix this Reel”. Setelah itu, layar akan terbagi menjadi dua, di mana video pendek orisinil ditampilkan di kiri, sementara video baru ada di kanan. Bisa menambahkan suara maupun voiceover tambahan.

Selain Instagram, Snapchat Segera Menyusul dengan Remix

Instagram Reels Remix

Sayangnya, fitur Reels Remix tak berlaku untuk semua video Reels yang sudah ada. Pengguna harus mengunggah kembali video mereka, atau mencari video tersebut dan menyalakan fitur Remix, supaya bisa ‘dimodifikasi’ oleh pengguna lain. Bila ada yang akses Reels Remix dengan konten kita, bakal muncul notifikasi pada bagian aktivitas.

Kalau video lama harus diaktifkan secara manual, Reels yang di-publish mulai 1 April 2021 bakal secara default aktif untuk Reels Remix. Sudah digulirkan di tanggal yang sama, namun lagi-lagi pengguna di Indonesia masih harus bersabar. Jangan fitur Reels Remix, lirik musik saja belum tersedia hingga saat ini. Semoga segera menyusul negara lain ya.

Sementara itu, Snapchat juga sedang dalam tahap mengembangkan fitur serupa, yang bakal disebut dengan “Snapchat Remix”. Saat ini pihak Snapchat sedang mengujinya secara internal, dan belum ada informasi mengenai ketersediaannya.

Tinggalkan komen