Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Diluncurkan di 170 Negara, Instagram Lite Pangkas Pemakaian Kuota

0 6.451

Pertumbuhan Instagram datang dari berbagai negara sehingga jejaring sosial saat ini membuat langkah penting lain untuk melayani konsumen di negara-negara tersebut dengan lebih baik. Dengan dasar itulah, Instagram Lite diluncurkan kembali.

Sebelumnya, aplikasi Instagram Lite sempat muncul di tahun 2018, kemudian diberhentikan total pada Mei 2020. Aplikasi ini akan dirilis global secara bertahap dalam beberapa bulan ke depan. Hingga saat ini Instagram Lite hanya akan tersedia untuk platform Android dan belum tersedia di platform iOS.

Baca juga: Instagram Live Rooms Mungkinkan Sesi Live Video Hingga 4 Orang

Instagram Lite saat ini ditujukan untuk konsumen di negara berkembang, di mana kemungkinan penggunaan smartphone berbasis Android cenderung lebih banyak. Pengguna di daerah tersebut lebih sensitif terhadap harga dan bandwidth saat menggunakan data seluler dan sebagian besar masih baru sekarang memahami keberadaan internet.

Fitur-Fitur Andalan di Instagram Lite

Instagram Lite
Tampilan Instagram Lite (Google Play)

Edisi baru ini telah diuji di beberapa wilayah, tetapi hari ini diluncurkan ke Google Play di 170 negara di seluruh dunia. Instagram Lite akan tetap memiliki fitur-fitur andalan seperti feed, stories, dan pesan singkat. Tidak seperti aslinya, versi lite tidak akan memiliki tab Shop atau Belanja di bagian beranda, dan digantikan oleh tab Reels.

Manajer Produk Facebook, Michelle Lourie menjelaskan, ada sejumlah penyesuaian UI tambahan agar lebih sesuai dengan pengguna digital baru. Ini termasuk membuang tong sampah untuk merepresentasikan ikon hapus dan memilih X yang menurut penguji lebih masuk akal.

Baca juga: Instagram, Twitter, dan TikTok Kompak Perangi Pencurian Akun Terkait OGUsers

Selain itu, Lourie mengatakan GIF dan Stiker tetap menjadi bagian dari aplikasi karena, tidak seperti filter AR, keduanya hemat ruang namun tetap menyenangkan. Ia menambahkan tim saat ini sedang mengerjakan mode gelap, fitur yang diminta pengguna jauh sebelum aplikasi dirilis.

Pengembangan Instagram Lite Agar Hemat Kuota

Instagram lite
Tampilan Instagram Lite (Digital Information World)

Dikembangkan oleh tim Facebook di Tel Aviv, tempat kelahiran Facebook Lite dan Messenger Lite, ukuran file aplikasi hanya 2MB. Ini berbanding terbalik dengan versi aslinya yang mencapai 30 MB. Tim pengembang mengatakan fokus Instagram versi lite saat ini adalah pada penggunaan smartphone yang minim kapasitas penyimpanan, pemaksimalan daya pemrosesan, dan penguatan data seluler yang terdapat pada versi ini.

Baca juga: Tampilan Instagram Stories Versi Desktop Baru, Manfaatkan Layar Besar

Untuk mencapai ukuran itu, aplikasi akan berfokus pada gambar, video, fitur pesan, serta membuang fitur-fitur yang dapat menjalankan latar belakang aplikasi. Direktur Manajemen Produk di Facebook Tel Aviv, Tzach Hadar dalam laman blog resmi Tech Facebook berujar timnya sedang membuat versi ringan aplikasi untuk orang-orang dengan konektivitas rendah atau paket data terbatas.

Tinggalkan komen