Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tampilan Instagram Stories Versi Desktop Baru, Manfaatkan Layar Besar

0 576

Meski sudah beberapa kali hadirkan fitur baru untuk aplikasi smartphone mereka, yang paling akhir untuk mendapat pembaruan selalu versi tampilan situs web-nya. Wajar, mengingat pengguna yang akses media sosial berbasis visual ini utamanya gunakan smartphone, termasuk membuat konten Instagram Stories.

Bagi Gizmo friends yang memang menggunakan laptop untuk bekerja sepanjang hari, rasanya bakal lebih praktis untuk mengakses media sosial langsung dari satu perangkat. Termasuk untuk cek konten Instagram Stories akun yang diikuti sehari-harinya. Nah, kabar baiknya, Instagram baru saja ubah tampilan situs web-nya untuk desktop.

Tampilan desktop dari Instagram memang tergolong lama untuk diperbarui. Awalnya, pengguna hanya bisa mengecek foto yang ada di sebuah profil saja. Baru kemudian ditambahkan kemampuan untuk cek feed layakanya akses dari smartphone. Hingga kemudian mendukung notifikasi dan fitur chat Instagram Direct, tersinkron dengan Facebook Messenger.

Bagi pengguna komputer dengan sistem operasi macOS, terdapat aplikasi pihak ketiga yang bisa tingkatkan kemampuan menjelajah konten Instagram. Sementara pengguna Windows disediakan aplikasi yang merupakan hasil port dari versi iOS di Microsoft Store. Namun kali ini, tampilan situs desktop-nya diperbarui untuk kejar ketertinggalan.
Baca juga: Instagram Tingkatkan Limit Sesi Live Streaming Hingga 4 Jam

Tampilan Instagram Stories di Desktop Lebih Penuh

Instagram Stories desktop

Pengguna Instagram saat ini sudah bisa dapat mengakses konten Instagram Stories langsung dari peramban atau browser. Memang sudah bisa sejak lama, namun sekarang tampilannya dibuat lebih komprehensif. Memanfaatkan bidang layar komputer atau laptop yang umumnya sangat besar, di rentang 12 – 16 inci.

Kalau sebelumnya hanya menampilkan satu Instagram Stories dari akun yang sedang diakses, kini situs desktop bakal tampilkan dalam sistem carousel, alias berurutan dari satu profil ke profil lainnya. Dengan begitu, pengguna bisa memutuskan untuk skip Instagram Stories selanjutnya, atau kembali ke konten sebelumnya. Lebih bermanfaat daripada sebelumnya hanya ditampilkan warna hitam saja.

Selain tampilan carousel, pengguna juga bisa menekan tombol pause untuk hentikan tampilan Instagram Stories, alias pengganti saat kita menahan lewat smartphone. Juga bisa hilangkan suara serta reply langsung. Yang belum bisa adalah berinteraksi dengan stiker yang ada di postingan Instagram Stories—bakal dimunculkan notifikasi untuk akses dari aplikasi.

Masih Belum Bisa Posting Langsung dari Desktop

Namun pintasan untuk langsung ke Spotify saat ada profil yang bagikan lagu sudah berfungsi. Termasuk juga pintasan ke foto tertentu dalam sebuah profil. Dan untuk konten Instagram Stories pribadi, belum ada opsi untuk melihat akun siapa saja yang sudah melihat konten.  Kemampuan untuk posting langsung dari komputer juga belum ada.

Sebelumnya, tampilan Instagram Stories telah direplikasi oleh media sosial populer lainnya. Yang terkini adalah Twitter Fleets, di mana penggunanya bisa bagikan foto, video maupun konten twit mereka ke dalam sebuah fleet yang hanya ‘tahan’ selama 24 jam saja. Hal tersebut buktikan bila warganet memang gemar perbarui status dalam model temporer seperti Instagram Stories.