Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Fitur Baru Twitter Fleets Mirip Instagram Stories

0 402

Zaman sekarang, sepertinya tak lengkap bila sebuah platform media sosial tak dilengkapi dengan sebuah fitur di mana kita bisa memposting sesuatu yang hanya bersifat temporer, alias hanya bertahan 24 jam saja. Diawali dengan Snapchat, yang kemudian ditiru oleh Instagram, berlanjut ke Facebook Story hingga WhatsApp Status bahkan LinkedIn.

Nah, tentu Gizmo friends sudah bisa menebak dong, media sosial apa lagi yang belum dan baru-baru saja terjun mengikuti tren yang sama? Yup, Twitter. Lewat sebuah rilis yang diterbitkan kemarin (17/11), disampaikan bila fitur terbarunya, Twitter Fleets akhirnya diresmikan. Sebelumnya fitur ini telah hadir di beberapa negara dalam tahap uji coba.

Baca juga: Fitur Baru Twitter Berikan Opsi “Ngetwit” dengan Rekam Suara

Twitter Fleets Berhasil Tingkatkan Aktivitas Pengguna

Ketika bulan Juni lalu Twitter perkenalkan fitur voice secara global, di saat yang bersamaan, Fleets diuji cobakan di beberapa negara tertentu, salah satunya yaitu India. Melalui uji coba tersebut, Twitter menemukan sebuah fakta bahwa fitur tersebut membantu masyarakat lebih nyaman untuk saling terhubung, dan kirimkan cuit lebih banyak di Twitter.

“Mereka yang baru mengenal Twitter menemukan Fleets sebagai cara yang lebih mudah untuk membagikan apa yang mereka pikirkan. Karena hilang dari pandangan setelah 24 jam, Fleets bantu orang-orang merasa lebih nyaman untuk berbagi pikiran, opini dan pendapat kasual,” tertulis pada rilis resminya.

Secara garis besar, Fleets didesain untuk mereka yang ingin sampaikan pendapatnya, namun tidak secara permanen seperti sebuah twit atau utas, membantu pengguna untuk cegah batal kirim twit ke dalam draft. Dengan begitu, kita tak perlu merasa tertekan untuk berkata sesuatu yang bakal ada secara permanen di media sosial (dalam hal ini, di timeline Twitter, kecuali akun yang terkunci ya.)

Cara Gunakan Stories Ala Twitter Fleets

Cara menggunakannya tentu saja mudah dan serupa dengan platform lainnya. Diakses di tampilan paling atas pada timeline, kamu dapat mengirimkan teks, foto, video maupun sebuah reaksi terhadap suatu tweet. Juga seperti Instagram Stories, Twitter Fleets bisa dikustomisasi dengan warna latar beragam dan opsi teks yang bisa dipilih.

Jika sudah, tinggal tekan tombol “Share” dan konten langsung terunggah. Nantinya kita bisa melihat siapa saja yang sudah akses tiap Fleets, yang lagi-lagil, mirip Instagram dan Snapchat. Fleets yang kita buat bakal tampil di bagian paling atas timeline. Dan bila kita reply, akan otomatis masuk ke kolom DM.

Pembaruan ini sedang dilangsungkan secara bertahap, kami pun belum mendapati fitur ini pada saat artikel ini dibuat. Namun pihak Twitter menyebutkan kalau dalam waktu dekat, bakal tersedia baik untuk perangkat Android dan iOS. Nantinya, Twitter bakal berikan fitur tambahan seperti stiker dan siaran langsung.

Jadi ditunggu saja ya. Bisa jadi fitur ini bakal hadir secara acak dari sisi server, sama seperti fitur voice yang muncul tiba-tiba di sebagian pengguna. Kalau Fleets sudah hadir untuk semua pengguna termasuk di Indonesia, apakah Gizmo friends bakal tertarik untuk pakai?