Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Instagram Tingkatkan Limit Sesi Live Streaming Hingga 4 Jam

0 849

Penggunaan platform media sosial berbasis video kini semakin marak digunakan oleh masyarakat. Baik kreator konten profesional maupun sekadar pengguna biasa, menggunakan platform seperti TiKTok dan Instagram untuk membagikan berbagai jenis konten, baik personal maupun edukatif. Dengan begitu, kedua pihak terus tingkatkan fitur agar selalu menarik untuk digunakan.

Menjadi salah satu platform media sosial paling populer, Instagram baru saja mendetilkan tiga peningkatan baru yang bakal dihadirkan khusus untuk Instagram Live. Peningkatan ini ditujukan agar para kreator konten bisa lebih leluasa membuat konten, serta konten yang dibuat lebih mudah diakses oleh para penontonnya. Salah satunya dengan menambah durasi siaran langsung.

Ya, sebelumnya Instagram berikan durasi untuk live atau melakukan siaran langsung selama 60 menit. Ketika sudah mencapai batas akhir, bakal muncul countdown di layar untuk ingatkan penggunanya. Otomatis, video harus selesai dan para kreator harus membuat sesi Instagram Live baru. Batasan tersebut kini telah dikurangi.

Baca juga: Menjadi Pesaing TikTok, Inilah Fitur & Cara Pakai Instagram Reels

Penambahan Durasi Instagram Live Minimalkan Interupsi

IGTV Live Now

Limit waktu untuk setiap sesi Instagram Live bakal dinaikkan hingga empat jam. Dengan begitu, kreator dapat mengadakan siaran langsung bebas interupsi, terutama untuk konten berdurasi panjang seperti diskusi virtual, acara musisi maupun instruktor seperti olahraga maupun pengajar. Namun fitur ini hadir dengan sedikit catatan.

Instagram menyebutkan bahwa akun yang bakal mendapatkan limit waktu empat jam Instagram Live, harus memiliki track record akun yang baik. Dalam artian, tidak memiliki riwayat seperti menyalahgunakan akun, kekayaan intelektual atau pelanggaran kebijakan. Fitur ini diluncurkan untuk seluruh pengguna Instagram secara global.

Juga untuk merespon masukan para kreator, Instagram akan hadirkan kemampuan untuk menyimpan arsip tayangan Instagram Live. Arsip tersebut bakal bisa diakses di menu yang sama, seperti pengguna mengakses arsip postingan maupun Instagram Stories. Namun durasinya lebih singkat, yaitu hanya 30 hari saja. Dari situ, konten bisa bebas diungguh dan diunggah ke platform lain.

Sementara fitur ketiga yang ditambahkan adalah di aplikasi IGTV. Selain pilihan konten Instagram Live yang dikurasi sesuai masing-masing pengguna, instagram bakal tampilkan para kreator yang sedang melakukan siaran langsung saat itu juga, lewat bagian “Live Now” dan juga di akhir sesi video. Supaya pengguna bisa lebih mudah untuk cari konten yang memang sedang berlangsung.

Bantu Kreator Untuk Terus Terhubung Bersama Komunitas

Instagram Reels

Dikutip dari Adweek, pihak Instagram mengatakan, “sebagaimana orang-orang semakin mengandalkan Instagram Live tahun ini untuk terlibat dengan komunitas mereka, kami ingin membantu orang-orang menemukan lebih banyak konten yang menarik minat mereka, dari pembuat konten yang mereka ikuti dan tidak mereka ikuti.”

Ini adalah peningkatan ke-sekian yang telah diluncurkan oleh Instagram. Sekitar awal tahun 2020, diberikan opsi baru untuk menyimpan tayangan Instagram Live menjadi konten IGTV, supaya bisa dilihat penonton atau pengikut secara permanen.

Memang waktu yang tepat bagi mereka untuk menambahkan fitur-fitur ini, di mana pengguna smartphone cenderung memilih untuk mencari hiburan yang bisa ditonton dari genggaman, terutama di masa pandemi. Selain permudah kreator, Instagram tentu berharap agar lebih banyak penggunanya menghabiskan waktu lebih banyak di aplikasi.