Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Menjadi Pesaing TikTok, Inilah Fitur & Cara Pakai Instagram Reels

0 12.160

Prinsip “amati, tiru, modifikasi” memang dapat diterapkan dalam berbagai hal termasuk bisnis. Mungkin dalam bisnis tertentu, menjadi yang pertama bukanlah yang terbaik, melainkan siapa yang bisa mengimplementasikan metode tertentu dengan lebih efektif. Mulai dari teknologi wireless charging, sampai aplikasi media sosial seperti Snapchat. Khusus untuk yang kedua, penggunanya kini ‘meredup’ berkat adanya Instagram Stories.

Namun Facebook sebagai pemilik aplikasi media sosial tersebut tak berdiam diri. Setelah melihat kesuksesan Instagram Stories, mereka sepertinya kembali mencoba untuk mereplikasi media sosial lain yang sedang populer. Maka dihadirkanlah Instagram Reels, sebuah fitur baru di dalam Instagram yang tampilan dan cara kerjanya menyerupai aplikasi populer, TikTok.

Meski terlihat sama secara keseluruhan, Product Director dari Instagram, Robby Stein tak ingin dianggap keduanya sama. Dikutip dari The Verge, ia mengatakan jika TikTok memang layak mendapatkan pujian karena telah mempopulerkan format video tersebut. “Tetapi pada akhirnya, tidak ada dua produk yang persis sama, begitupun milik kami,” tambah Robby.

Baca juga: Instagram Luncurkan Fitur Baru, Cegah Terjadinya Bullying

Fitur-fitur & Cara Menggunakan Instagram Reels

Tampilan menu Instagram ReelsJadi, sama atau nggak nih? Gizmo friends nilai sendiri saja dari bagaimana cara kerja Instagram Reels ya. Pertama-tama, fitur ini hadir secara langsung di dalam aplikasi Instagram, tidak ada aplikasi terpisah seperti IGTV, misalnya. Cara memulainya pun mudah, seperti ketika hendak ingin membuat Stories. Geser ke menu kamera, dan opsi Reels bakal muncul di bagian slider bawah.

Terdapat beberapa efek atau fitur tambahan dengan penjabaran masing-masing sebagai berikut:

  • Audio untuk menambahkan lagu dari daftar library musik Instagram. Serupa dengan TikTok, jika kamu mengunggah suara sendiri, audio tersebut bakal dilisensikan sesuai dengan pengunggah, untuk kemudian dapat digunakan orang lain.
  • AR Effects serupa dengan efek yang ada di Instagram Stories, baik dari Instagram maupun efek kreatif dari para kreator yang bisa dimanfaatkan untuk buat klip-klip menarik.
  • Timer and Countdown mempermudah pembuat klip untuk merekam video dengan jeda waktu tiga detik sebelum perekaman, dan dengan durasi yang sudah ditentukan.
  • Align berikan panduan tambahan agar transisi dari potongan klip satu dengan yang lain terlihat seamless, seperti konten perubahan kostum baju, atau penambahan orang dalam sebuah klip, misalnya.
  • Dan sesuai dengan namanya, Speed memungkinkan pengguna untuk mempercepat atau perlambat kecepatan video maupun audio yang hendak diunggah.

 

Dengan durasi waktu 15 detik, Reels bisa dibuat dalam satu video penuh, beberapa klip pendek bersambung, atau dari video yang sudah ada di galeri smartphone. Ketika selesai, dapat disimpan sebagai draft atau di-edit sesuai selera. Mulai dari mengganti gambar depan, caption, tagar, sampai menandai akun lainnya.

Hasilnya sendiri dapat dibagikan langsung ke bagian khusus yang bakal hadir di tab Explore, serupa dengan “For You” di TikTok. Untuk akun publik, postingan Instagram Reels yang menggunakan lagu, tagar atau efek tertentu, bakal berkesempatan untuk viral lebih mudah, karena akan dimunculkan pada halaman khusus sesuai dengan efek maupun lagu yang digunakan.

Bagi pemilik akun privat, Reels hanya akan tampil di profil, dan suara original yang sudah dibuat tak akan dapat digunakan oleh pengguna lain. Juga dapat dibagikan ke feed ataupun Story, dan untuk daftar konten Instagram Reels yang pernah dibuat, akan ada satu tab khusus di profil, layaknya tab Instagram Live.

Fitur Instagram Reels Masih Terbatas di Awal Peluncuran

Instagram Reels

Instagram Reels telah diluncurkan di 50 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Jepang, india dan Australia, baik untuk iOS maupun Android. Saat artikel ini ditulis, kami belum mendapati fitur ini hadir di Indonesia. Dalam peluncuran awalnya, fiturnya juga bakal tak selengkap TikTok, seperti fitur Duet serta fitur untuk unggah audio milik sendiri.

TikTok sendiri sudah sangat populer termasuk di Indonesia, salah satunya dari konten video Lathi yang sempat viral beberapa waktu lalu. Namun hadirnya Instagram Reels membuat pengguna bisa berkreasi hanya dalam satu aplikasi ringkas. Kalau sudah tersedia nanti, Gizmo friends bakal tetap pakai TikTok, pindah ke Reels, atau bahkan gunakan keduanya nih?