Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Instagram Luncurkan Fitur Baru, Cegah Terjadinya Bullying

0 479

Media sosial adalah sebuah platform dimana kebanyakan dari kita menghabiskan waktu sehari-hari. Kebutuhannya bermacam-macam, untuk mengetahui berita terbaru, mengetahui kabar teman sehari-hari, atau sekadar untuk hiburan dan inspirasi. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, tak banyak sumber hiburan yang bisa didapat kecuali akses media sosial.

Salah satu platform yang paling sering digunakan, Instagram, juga bisa menjadi sumber hiburan. Dan seperti media sosial lain, risiko terjadinya perundungan secara daring (online bullying) juga menjadi tinggi, seiring dengan banyaknya jumlah pengguna aktif dalam platform tersebut. Untuk atasi hal itu, Instagram gulirkan beberapa fitur untuk terus melawan online bullying.

Baca juga: Begini Panduan Facebook untuk Menanggapi Coronavirus

Hapus Banyak Komentar & Pin Komentar Favorit di Instagram

fitur komentar Instagram

Salah satunya adalah dengan membantu pengguna Instagram mengatur berbagai interaksi dalam sebuah postingan pada satu waktu. Komentar negatif seringkali dapat ditemukan, terutama jika, misal, kamu berperan sebagai aktor jahat pada sebuah film. Terlepas dari hanya sebuah akting, tak sedikit warganet yang memberikan rundungan secara masif yang ditujukan untuk sang aktor tersebut.

Akan sangat melelahkan jika pemilik akun harus menghapus komentar satu persatu. Maka dari itu, mulai saat ini Instagram akan secara bertahap merilis kemampuan untuk menghapus lebih dari satu komentar dalam satu waktu. Untuk pengguna iOS, sentuh salah satu komentar lalu tekan icon titik pada bagian atas kanan layar, pilih “Manage Comments” dan kamu bisa menghapus hingga 25 komentar sekaligus.

Ada juga menu “More Options” dimana pengguna dapat melakukan block atau memberikan restriction ke banyak akun sekaligus. Sementara di Android, caranya sedikit berbeda. Sentuh dan tahan komentar yang ingin dihapus, dan opsi lainnya bakal muncul sama seperti iOS.

Bersamaan dengan dirilsinya kemampuan untuk hapus komentar negatif lebih mudah, Instagram akan berikan fitur untuk memasang pin pada komentar favorit. Ketika sudah di-pin, komentar tersebut akan berada di atas. Fitur ini diharapkan dapat memberikan ajakan untuk berinteraksi secara positif antar sesama pengguna dalam sebuah postingan.

Fitur Privasi Yang Ditingkatkan

fitur privasi Instagram

Selain melalui komentar, salah satu cara bagi perundung untuk melakukan rundungan terhadap suatu akun adalah dengan me-mention atau menandai mereka. Menanggapi hal itu, Instagram meningkatkan kemampuan privasi tiap akun dimana pengguna dapat mengontrol siapa saja yang bisa menandai akun mereka. Pilihannya beragam, mulai dari semua orang, akun yang hanya kita ikuti atau follow, akun-akun yang diizinkan secara manual, atau tidak sama sekali.

Sama halnya dengan mention, pemilik akun diberi keleluasaan untuk memilih siapa saja yang bisa memberikan mention terhadap akun mereka. Berlaku di semua bagian dari Instagram, baik itu komentar, caption foto maupun postingan sebuah Story.

Instagram memang terus menggulirkan fitur baru, terutama pada Instagram Live. Namun edikasi Instagram untuk membuat penggunanya merasa lebih aman dan terhindar dari komentar negatif juga sangat patut diapresiasi. Dalam situasi seperti saat ini, sumber hiburan seperti media sosial bisa jadi boomerang ke para penggunanya jika hal-hal negatif terlihat dan dikonsumsi setiap hari. Jadilah warganet yang terus bagikan hal positif dan berguna untuk orang lain ya!