Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Begini Panduan Facebook untuk Menanggapi Coronavirus

0 106

Adanya wabah penyakit coronavirus atau yang juga dikenal sebagai COVID-19 tentu mempengaruhi berbagai macam aspek dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebagai pencegahan, masyarakat diimbau agar melakukan gaya hidup sehat, seperti olahraga dan rutin membersihkan tangan. Facebook, platform media sosial yang juga menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, juga turut memberikan panduan mengenai hal ini.

Namun tak hanya itu, COVID-19 juga memberikan dampak terhadap berbagai macam bisnis di seluruh dunia. Diprediksikan akan terjadi penurunan ekonomi yang signifikan, mulai dari rantai pasokan dan manufaktur yang terganggu, hingga turunnya permintaan pada sektor perjalanan dan pariwisata. Untuk itu, Facebook meluncurkan upaya yang terfokus pada bantuan bisnis untuk melawan coronavirus.

Baca juga: Facebook Ungkap Tren Belanja Online Kelas Menengah di Indonesia

Facebook menyampaikan, masih ada langkah-langkah yang dapat diambil oleh pelaku bisnis untuk berkomunikasi secara efektif dengan para pelanggan guna menempatkan diri mereka dalam posisi yang baik untuk pemulihan. Faktanya, WHO mengatakan bahwa menjaga agar jalur komunikasi tetap terbuka adalah salah satu langkah paling penting yang dapat kita ambil dalam situasi darurat kesehatan.

Panduan Facebook Untuk Pelaku Bisnis Menanggapi Coronavirus

Pin To Top of Page, salah satu metode yang disarankan Facebook untuk memberikan informasi penting.

Sebagai komitmen mereka, Facebook meluncurkan sebuah panduan yang dapat digunakan untuk menemukan sumber daya serta rekomendasi, agar membantu untuk memastikan bisnis kita dilengkapi dengan sarana yang tepat, supaya dapat berkomunikasi secara baik dengan pelanggan. Berikut adalah lima panduan dari Facebook.

  1. Jaga Keamanan diri Anda dan sadar akan pemberitahuan terbaru. Pastikan Anda tahu akan situasi terbaru dengan memonitor sumber-sumber resmi seperti WHO dan pemerintah departemen kesehatan di daerah Anda. Ada pentingnya akan sadar mengenai berita terbaru, agar Anda dapat menanggapi dengan cepat jikalau terjadi perubahan yang dapat mempengaruhi bisnis Anda.
  2. Perhatikan pengumuman yang penting. Agar dapat memberitahu, melapor dan mengedukasi pelanggan secara proaktif, Facebook menyarankan pengguna untuk membuat posting pengumuman pada situs web, halaman Facebook atau profil bisnis di Instagram. Facebook sendiri menyediakan fitur agar pengguna dapat menyematkan pengumuman penting di bagian teratas dalam halaman Facebook. Postingan dapat memuat informasi mengenai langkah yang telah diambil untuk memastikan premis dan produk aman, serta juga laangkah untuk mengatasi pertanyaan pelanggan dalam periode ini.
  3. Pertimbangkan saluran alternatif lain. Jika Anda harus menunda atau membatalkan suatu rencana acara akibat dari wabah yang terjadi seperti coronavirus, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan saluran alternatif untuk digunakans ebagai fasilitas dalam acara berikut, dan sementara itu masih dapat memastikan pelanggan tetap terlibat. Sebagai contoh, mengubah kegiatan workshop menjadi seminar online melalui sesi live di Facebook atau Instagram.
  4. Tanggapan terhadap pertanyaan pelanggan. Lengkapi tim customer service dengan panduan dan sumber daya mengenai bagaimana menanggapi pertanyaan pelanggan dengan tepat dan baik. Pertimbangkan menyusun contoh pola menjawab dalam eDM, Facebook Messenger, Instagram Direct serta saluran komunikasi lain yang biasa digunakan dalam bisnis Anda. Sangatlah penting untuk merespon dan menyediakan pelanggan Anda dengan visibilitas dan transparansi dalam periode ini. Penanganan akan pertanyaan pelanggan dalam jumlah besar secara cepat dan tepat adalah kunci utama.
  5. Menyediakan kejelasan melalui FAQs. Ada baiknya jika Anda berpikir tentang pertanyaan apa yang mungkin akan ditanyakan, dan lalu mempersiapkan jawaban FAQ (pertanyaan yang sering ditanyakan) sebanyak-banyaknya menunjukkan kejelasan dan menjaminkan.
Facebook Coronavirus
Contoh FAQ dari Facebook yang bisa diaplikasikan untuk berbagai macam industri bisnis.

Facebook juga mengingatkan semua orang untuk tetap berhati-hati, waspada dan mengambil langkah yang bijaksana, seperti dalam masa wabah coronavirus saat ini. Mereka berkomitmen untuk menyediakan bantuan yang proaktif dan responsif, serta terus mengembangkan solusi terbaru atas situasi kompleks yang terus kian berubah.

Seperti yang kita ketahui, kini Facebook tak lagi hanya sekadar digunakan untuk berbagi informasi pribadi. Fitur Marketplace pada aplikasinya telah banyak digunakan untuk menjual beragam jenis produk, bahkan sudah memiliki pintasan tersendiri untuk mengaksesnya. Tak heran jika pihak resmi turut memberikan saran atau panduan terkait dengan adanya wabah coronavirus.