Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Freenternet Tutup Layanan Internet Gratis, Ini yang Perlu Dilakukan Pelanggan

0 1.391

Pandemi Covid-19 memberi dampak yang cukup besar bagi industri. Tak sedikit startup yang terpaksa gulung tikar karena tidak mampu lagi menutup biaya operasional. Salah satu yang terbaru adalah Freenternet yang resmi menutup layanannya pada hari ini, 30 Juni 2020.

Freenternet adalah startup penyedia layanan internet gratis berbasis mobile wifi.  Kabar mengenai tutupnya layanan Freenterent kami terima melalui email pemberitahuan. Di situ disebutkan bahwa pandemi Covid-19 berdampak negatif pada ekonomi dan bisnis di Indonesia maupun di dunia.

“Dampak negatif ini sedemikian besarnya bagi bisnis kami sehingga kami tidak punya pilihan lain kecuali menghentikan layanan kami. Layanan kami akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2020. Tentunya keputusan ini sangatlah sulit bagi kami mengingat betapa positifnya sambutan Anda dan masyarakat Indonesia dengan hadirnya freenternet di tengah-tengah kita semua,” tulis Freenternet pada pernyataan tertulisnya.

Kami pernah mengulas lengkap layanan ini dua bulan yang lalu. Tertarik dengan model layanan internet yang berbeda dengan lainnya dan terbilang baru. DD ‘Lulut’ Asmoro, Chief Executive Officer PT Digitized World Indonesia sebagai pemilik merek Freenternet saat kami wawancarai menjelaskan bahwa Freenternet bukan Internet Service Provider, melainkan Internet Access Provider. Karena hanya menyediakan akses internet gratis melalui jaringan WiFi yang di biayai oleh iklan.

Namun konsep baru yang sebetulnya menarik tersebut tidak mampu melawan hantaman Covid-19. Bisa dipahami karena sumber pemasukan utama dari layanan ini adalah iklan. Sementara di masa pandemi, bujet perusahaan untuk mengeluarkan iklan ditekan seefisien mungkin.

Freenternet sendiri basis pelanggannya masih sedikit karena memang baru saja diluncurkan pada awal tahun ini. Sehingga untuk menawarkan iklan pun bukan perkara mudah jika target audiens masih sedikit. Selain itu, berakhirnya layanan Freenternet ini juga membuktikan bahwa industri telekomunikasi, apapun bentuk layanannya, membutuhkan modal awal yang tidak sedikit untuk menopang roda bisnisnya.

Baca juga: Koneksi Internet Lancar, Mudik Virtual Tak Massalah

Apa yang Bisa Dilakukan Pelanggan Freenternet?

Freenternet mifi gratisMeski layanan internetnya gratis, namun untuk mendapatkan perangkatnya pelanggan harus membeli. Modem WiFi Freenternet dijual secara online di Tokopedia seharga Rp999.000. Nah, bagi yang sudah terlanjur beli karena tergiur akses internet selamanya, tentu bakal kehilangan penawaran tersebut.

Untungnya pihak Freenternet tidak lepas tangan. Sebagai gantinya, mereka memberikan penawaran sebagai berikut:

  1. Petunjuk lengkap unto meng-unlock perangkat MiFi, sehingga perangkat tersebut dapat dipakai sebagai MiFi pada umumnya. Kamu akan dapat menggunakan SIM Card pilihan dan selama pemakaian tidak akan ada jeda iklan.
  2. Sebuah Kartu perdana Smartfren 1ON Plus dengan masa aktif selama 365 hari dengan kuota 500mb/bulan selama 3 bulan. Kemudian setiap bulannya, selama 3 bulan ke depan, pihak Freenternet akan melakukan isi ulang dengan voucher isi ulang paket volume base sebesar 30gb per bulan.

Selanjutnya, jika ingin mendapatkan penawaran ini, pelanggan bisa mengirim email ke [email protected] dengen subject “UNLOCK” disertai alamat lengkap untuk pengiriman kartu perdana termaksud. Penawaran tersebut berlaku sampai sebelum hari Senin, tanggal 6 Juli 2020, pukul 00.00. Pihak Freenternet akan mengirimkan petunjuk unlock melalui email balasan.