Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mengenal Freenternet, Penyedia Akses Internet Gratis Berbasis MiFi

1 13.038

Berapa rupiah yang kamu habiskan untuk berlangganan internet tiap bulannya? Setiap orang tentu berbeda-beda sesuai kebutuhan dan kemampuan, ada yang Rp50 ribu, ada juga yang Rp500 ribu. Bagaimana jika akses internet itu digratiskan? Inilah yang ingin ditawarkan oleh Freenternet.

Kami tertarik dengan model layanan internet yang beda dan baru ini. Kemudian kami menghubungi DD ‘Lulut’ Asmoro, Chief Executive Officer PT Digitized World Indonesia untuk mengetahui lebih jauh mengenai layanan Freenternet yang dikembangkannya ini.

Menurut Lulut, Freenternet ini bukan Internet Service Provider, melainkan adalah Internet Access Provider. Karena hanya menyediakan akses internet gratis melalui jaringan WiFi yang di biayai oleh iklan. “Yang membedakan kami dengan ‘Free WiFi’ lainnya adalah WiFi kami diakses melalui Mobile WiFi Modem (MiFi) sehingga bisa dimanfaatkan oleh penggunanya dimana saja, tidak hanya di lokasi-lokasi tertentu,” ujar Lulut kepada Gizmologi.

Lahirnya Freenternet

Freenternet mifi gratisApa yang melatarbelakangi dihadirkannya layanan Freenternet? Pria yang sebelumnya berkiprah di sejumlah agency internasional ini mengatakan freenternet adalah murni karya sendiri. Karena sejauh pengetahuannya, belum ada layanan serupa di manapun.

Lulut menjelaskan, PT Digitized World Indonesia didirikan di Jakarta pada tahun 2013 sebagai salah satu pelopor dalam teknologi captive portal management. Pada awalnya, penguasaan teknologi ini dimanfaatkan untuk kepentingan pemasaran, khususnya dalam cakupan customer relationship management. Hal ini terwujudkan dengan diluncurkannya layanan yang bernama Zona WiFi pada tahun 2014.

Perkembangan pesat teknologi digital menyebabkan peran internet semakin besar dan penting dalam kehidupan manusia. Salah satu upaya terbesar pemerintah dalam hal ini adalah dengan dibangunnya jaringan internet ke seluruh pelosok negeri, yang dikenal dengan nama Palapa Ring.

Namun, tersedianya jaringan internet tidak secara otomatis semua orang akan dapat menikmati dan memanfaatkan koneksi internet tersebut. Masalah fundamental berikutnya adalah biaya koneksi itu sendiri – yang bagi sebagian besar orang tidaklah murah, bahkan tidak terjangkau.

Pihaknya berusaha mengambil inisiatif untuk aktif berperan dalam menjawab permasalahan fundamental ini. Peran serta ini diwujudkan dengan dikembangkannya sebuah layanan yang diberi nama freenternet, sebuah layanan berbasis teknologi captive portal management, teknologi yang telah menjadi tulang punggung perusahaan ini sejak pertama didirikan. Dengan layanan freenternet, semua orang akan mendapatkan koneksi internet gratis, dimanapun mereka berada.

Model Bisnis

Lulut mengungkapkan bahwa secara sederhana, pendapatan Freenternet adalah dari menjual ruang iklan. Ini harus mencukupi untuk pengadaan koneksi internet yang disediakan untuk pengguna. Meski menjual modem wifi di Tokopedia dengan harga Rp999.000, namun Lulut menandaskan bahwa pendapatan Freenternet bukanlah dari menjual MiFi. “MiFi hanyalah sarana atau medium untuk kami menyediakan ruang iklan di mana penjualan ruang iklan itulah yang menjadi pendapatan kami,” imbuhnya.

Ia juga tidak menyebutkan secara spesifik target demografi pengguna yang dibidik. Menurutnya, profil psikografis target kami adalah orang yang percaya bahwa akses internet gratis adalah hak semua orang. “Kami mentargetkan 100.000 pelanggan dalam 12 bulan pertama,” ungkapnya.

Modem Freenternet

Kerja sama dengan operator seluler

Untuk menggelar layanan ini, Freenternet tidak berjalan sendiri. Melainkan berkolaborasi dengan operator seluler yang menyediakan akses internet. Sehingga coverage dan atau mutu koneksi jaringan sepenuhnya tergantung pada operator seluler terkait.

“Saat ini kami baru bekerjasama dengan Smartfren. Kami akan terus mengupayakan perluasan kerjasama dengan operator seluler lainnya,” ujar Lulut.

Bagaimana bentuk kerja sama itu? Sayangnya Lulut tidak mau mengungkapkan secara detail. Ia hanya menjawab terbuka dengan berbagai bentuk kerjasama selama menguntungkan bagi semua pihak.

Akses Internet Gratis Freenternet

Meski ini adalah layanan yang benar-benar baru, Lulut percaya Freenternet akan diminati pengguna. Karena menurutnya akses internet sekarang ini menjadi sebuah kebutuhan, menawarkan sebuah kebutuhan secara gratis ia percaya tidaklah terlalu sulit.

Kendati demikian, ia memastikan bahwa layanan Freenternet berjalan dengan mulus, sesuai dengan janji, sehingga pelanggan kami terpuaskan. Selain akses internet gratis pemilik MiFi  juga akan mendapatkan uang tunai atas pemakaian perangkat MiFi mereka melalui AdShare. Semakin lama mereka pakai dan atau semakin banyak pengguna lain yang tersambung ke MiFi mereka, semakin banyak uang yang mereka akan terima dari AdShare.