Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Koneksi Internet Lancar, Mudik Virtual Tak Massalah

0 394

Lebaran tahun ini terasa jauh berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Musim lebaran biasanya =menjadi momen untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar dan mengunjungi kerabat serta sahabat. Namun kebiasaan tersebut tidak bisa kita lakukan demi mencegah penyebaran wabah COVID-19.

Pemerintah sudah menghimbau masyarakat di perkotaan untuk tidak mudik ke kampung halaman menjelang lebaran tiba dan menahan diri untuk tetap #dirumahaja. Agar penyebaran wabah tidak semakin meluas, kita pun perlu mendukung imbauan tersebut untuk berlebaran di rumah alias tidak bepergian ke kampung halaman.

Meski tidak bisa mudik secara fisik, bukan berarti situasi saat ini akan menutup tali silaturahmi. Karena kamu bisa mudik virtual dengan memanfaatkan teknologi untuk tetap tersambung dengan kerabat selama momen Lebaran.

Panggilan video menjadi cara efektif agar kamu bisa merasakan pengalaman bersilaturahmi virtual saat Lebaran 2020. Terlebih jika kamu menggunakan layanan dari XL Axiata. Operator ini memastikan jaringan miliknya siap melayani kebutuhan pelanggan dan masyarakat selama Lebaran 2020.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, kapasitas jaringan XL ditingkatkan sebesar 2x lipat dari hari-hari normal. Dan berkaitan dengan larangan mudik yang berarti tidak ada lagi lonjakan trafik di daerah tertentu, seperti jalur mudik, termasuk di lokasi-lokasi wisata yang biasa jadi tujuan berlibur selama Lebaran. Penguatan jaringan kini lebih banyak dilakukan di area-area pemukiman di mana masyarakat akan lebih banyak melakukan berbagai aktivitas Lebaran #DiRumahLebihBaik.

Aplikasi Pendukung Silaturahmi Online

ilustrasi video call conferenceMeski jarak memisahkan, kamu tetap bisa saling menyapa ke beberapa orang sekaligus. Salah satu inovasi teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk mudik virtual adalah dengan platform panggilan video yang dapat menampung banyak orang sekaligus tanpa batas waktu dan gratis. Berikut beberapa aplikasi video tatap muka yang bisa menjadi pilihan untuk melepas rindu pada keluarga di kampung halaman pada momen hari Kemenangan nanti:

1. WhatsApp

Aplikasi ini pasti sudah familier bagi hampir sebagian besar pengguna smartphone. Selain untuk berkirim pesan teks atau menelepon, aplikasi messenger ini juga menyediakan fitur video call. Seiring dengan meningkatnya penggunaan layanan video call conference, WhatsApp menambah kapasitas jumlah peserta hingga bisa menampung 50 orang dalam sekali panggilan video.

Fitur ini sebelumnya hanya bisa menampung delapan orang dan kini semakin mempermudah untuk bersilaturahmi virtual ke keluarga besar kamu. Untuk menikmati fitur ini  bisa dengan cara mengunduh aplikasi WhatsApp beta versi 2.20.163 dari sumber terpercaya.

2. Facebook Messenger

Aplikasi yang masih bersaudara dengan WhatsApp ini juga bisa menjadi alternatif untuk bersua virtual lewat smartphone. Fitur terbaru Messenger Room yang ada di aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat ruang panggilan video secara gratis yang bisa menampung hingga maksimal 50 orang.

Facebook, perusahaan pembuatnya, kini terus melakukan pembenahan sehingga mungkin saja belum semua pengguna bisa menikmati layanan video call dalam jumlah banyak.

3. Google Duo

Google Duo juga bisa menjadi pilihan lain untuk tetap bisa bersilaturahmi secara digital bersama keluarga pada momen Lebaran tahun ini. Google baru saja telah meningkatkan jumlah peserta dalam panggilan videonya dari 8 menjadi 12 orang. Google Duo sangat menguntungkan jika kamu adalah pengguna smartphone Android, karena aplikasi ini biasanya sudah terpasang secara otomatis sehingga tidak perlu repot untuk mengunduhnya.

4. Google Meet

Aplikasi ini sejatinya bisa dipakai untuk video call hingga 250 orang melalui perangkat smartphone atau maupun website. Nah, Google masih menggratiskan layanannya untuk berkomunikasi video hingga September mendatang dengan kapasitas 16 orang. Kalau kamu ingin mengakses layanan ini melalui ponsel, maka unduh aplikasi Google Hangouts Meet terlebih dahulu. Jika ingin mengakses lewat website, kamu perlu masuk ke situs Google Meet.

5. LINE Group Call

Aplikasi messenger LINE, yang banyak dipakai oleh para pengguna muda, juga menyediakan fitur untuk video call. Kamu bisa memanfaatkan fitur LINE Group Call yang untuk kumpul bareng secara daring hingga 200 orang secara bersamaan. Jadi saat kamu tidak bisa mudik untuk berlebaran dan bersilaturahmi dengan kerabat di kampung, LINE Group Call ini dapat menjadi solusinya. Selain untuk perangkat mobile, kamu juga dapat mengaksesnya dari komputer.

6. Zoom Meeting

Ini adalah aplikasi yang sangat populer saat mulai ada anjuran untuk #DiRumahAja. Penggunaan aplikasi Zoom kian melonjak karena banyak dipakai untuk mendukung aktivitas video conference, talkshow, dan sebagainya. Kini, saat masyarakat tidak bisa pulang ke kampung halaman, Zoom bisa menjadi media yang efektif untuk silaturahmi online.

Manfaatkan Promo Ramadan dan Lebaran

XL Axiata melaporkan, selama imbauan untuk #DiRumahAja, terjadai perubahan pola penggunaan data dan aplikasi. Layanan berbasis streaming mendominasi mencapai sekitar 66%, Instant Messaging 16%, Social Network 11,5%, dan lain-lain sekitar 6,5%.

Secara keseluruhan selama periode waktu diberlakukanya kebijakan bekerja dari rumah (WFH) dan belajar dari rumah (SFH), untuk trafik layanan seluler terjadi peningkatan trafik sekitar 18% dari kondisi normal. Sedangkan untuk layanan XL Home peningkatan trafik sekitar 20% dari kondisi normal. Kenaikan trafik terjadi secara merata di berbagai kota/wilayah khususnya di wilayah perumahan/residensial. Ini juga yang menjadi acuan untuk antisipasi lonjakan trafik saat lebaran.

XL Axiata juga memanfaatkan Mobile BTS untuk ditempatkan diberbagai rumah sakit yang saat ini merawat pasien Covid-19 seperti Rumah Sakit Rujukan, Rumah Sakit Darurat, Pemukiman/residensial dan lokasi-lokasi strategis lainnya untuk mendukung Lebaran 2020 sehingga pelanggan tetap bisa berkomunikasi bersama keluarga dan sanak saudara.

Operator ini memperkirakan akan terjadi kenaikan trafik layanan dibandingkan hari-hari biasa (normal). Untuk layanan data perkiraan akan meningkat sekitar 15%-20%, sedangkan untuk layanan percakapan sekitar 5% dan untuk layanan SMS trafiknya relative stabil. Berdasarkan data trafik lebaran tahun sebelumnya, umumnya kenaikan trafik akan terjadi di kota-kota Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Surabaya, Madura, Medan, Lampung, Makassar, Banjarmasin, Lombok.

Nah, yang tak kalah menarik adalah operator ini juga menghadirkan beberapa program promo yang akan dijalankan selama Ramadan dan Lebaran. Untuk pelanggan XL prabayar, ada fitur Xtra Unlimited TURBO yang memungkinkan pelanggan mengakses aplikasi Youtube, Instagram, Facebook, WhatsApp, Line, dan Gojek tanpa batas kuota dan kecepatan.

Fitur ini bisa diaktifkan melalui aplikasi myXL dan saat ini sedang berlangsung promo diskon harga hingga 75%. Bagi pelanggan non XL yg ingin mencoba bisa membeli Kartu Perdana XL yg sudah dilengkapi dengan fitur Xtra Unlimited TURBO melalui website www.xl.co.id dimana saat ini sedang berlaku promo gratis ongkir yang didukung oleh partner Shopee, Tokopedia, dan Blibli.com.

Tersedia juga paket Xtra Kuota Ramadan terdiri dari Paket Sahur, pukul: 03.00-05.00 wib, mulai dari Rp. 2.500 dan Paket Ngabuburit, pukul: 15.00 – 17.00 wib, mulai dari Rp 3.500. Hanya di aplikasi MyXL.

Bagi pelanggan AXIS, tersedia Paket AXIS ada Paket Warnet 1GB 1 Jam cuma Rp 490, Paket Sahur 2GB 7 hari cuma Rp 5.500 (Paket ini dapat digunakan pada jam 00-05.59 WIB) dan Paket Bedug 7 hari cuma Rp 5.500 (Paket ini dapat digunakan pada jam 17-19.59 WIB). Paket tambahan, pelanggan bisa melakukan Metode Pembayaran OVO hanya berlaku untuk pembelian paket di aplikasi AXISnet dan Pelanggan bisa melakukan Donasi untuk Covid-19 melalui UMB *123*6116# dan SMS.

Sementara itu pelanggan pascabayar XL Prioritas bisa menikmati manfaat Promo diskon plan bulanan dan booster bagi pelanggan baru dan promo diskon Booster, upgrade plan, dan bonus kuota kepada pelanggan setia. Promo-promo tersebut bisa didapat melalui pendaftaran di XL Center, Promo Diskon 30% myPRIO ditambah Booster komplit hingga 12 bulan, dan isi pulsa PRIO Flex minimal Rp 50.000 dapat bonus kuota 5GB.

Melalui Website atau WhatsApp Bussiness di nomor 0818-8000-55 untuk mendapatkan promo pendaftaran Diskon 30% myPRIO ditambah Booster komplit hingga 12 bulan, dan Bonus Kuota 9GB untuk 3 bulan (3GB/bulan). Kemudian promo melalui myXL Postpaid, pelanggan akan mendapatkan Diskon 15% Booster Data & Voice dan Diskon 15% untuk Upgrade Plan ditambah lagi isi pulsa PRIO Flex minimal Rp 50.000 dapat bonus kuota 5GB.

Tidak ketinggalan, layanan XL Home juga menyediakan program khusus Ramadan berupa Paket Ramadan Full Faedah dengan XL Home, paket promo IDR 299rb/bulan dengan kecepatan hingga 100Mbps yang dikemas dengan XL HOME Entertainment Box. Sehingga pelanggan bisa menikmati tayangan hiburan lokal dan kelas dunia dari Vidio, Netflix, iflix, dan banyak pilihan lainnya, harga sudah termasuk sewa perangkat dan instalasi, priode promo 25 April – 31 Mei 2020. XL Home SuperBooster memberikan upgrade kecepatan internet sementara hingga 1Gbps, dengan pilihan durasi dari 1 minggu hingga 1 bulan, harga mulai Rp 70.000. .

Kemudian yang saat ini masih berlangsung, program gratis akses data 2GB/hari dengan mengaktifkannya melalui aplikasi myXL, myXL Postpaid, atau Axisnet. Gratis 2GB/hari bisa pelanggan manfaatkan untuk mengakses sejumlah aplikasi atau layanan data yang bisa membantu aktifitas belajar atau bekerja dari rumah.

Jadi, meski tidak bisa pulang ke kampung halaman, kamu tetap bisa melakukan mudik virtual dengan lancar di jaringan XL Axiata.


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan XL Axiata

Tinggalkan Balasan