Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Asyik! XL Axiata Sediakan Gratis Akses 2GB/hari ke Pelajar dan Pekerja

1 66.117

Merespon kebijakan pemerintah terkait Covid-19 di Indonesia, XL Axiata pun turut berpartisipasi mendukung aktivitas bekerja dan belajar dari rumah. Operator anak perusahaan XL Axiata ini menghadirkan program kuota gratis XL bagi seluruh pelanggan, termasuk AXIS, XL Prioritas, dan juga pelanggan korporasi XL Business Solutions.

Hal ini ditegaskan oleh Dian Siswarini, CEO XL Axiata yang mengatakan pihaknya berinisiatif turut bergabung dengan elemen-elemen masyarakat Indonesia lainnya untuk bergotong royong membantu mencegah penyebaran Virus Corona ini, sesuai dengan bidang kompetensi.

“Kami memahami masyarakat membutuhkan akses data dan internet untuk tetap bisa beraktivitas belajar dan bekerja secara produktif dari rumah. Program ini kami buat secepatnya dan mencakup apa saja yang paling dibutuhkan masyarakat. Kami juga akan terus memantau perkembangan yang ada untuk bisa mengetahui apa lagi yang kira-kira bisa kami support selanjutnya,” ujar Dian.
Baca juga: Indosat Berikan Kuota Gratis 30GB Selama 30 hari untuk Belajar di Rumah

Program Kuota Gratis XL 2GB/hari

Untuk program khusus ini, XL Axiata memberikan gratis 2GB/hari untuk mengakses ke sejumlah aplikasi atau layanan data yang bisa membantu belajar atau bekerja dari rumah. Program kuota gratis XL dan Axis ini berlaku mulai tanggal 18 s/d 31 Maret 2020.

Aplikasi-aplikasi yang dimaksud mencakup Udemy, Ruang Guru, dan Zenius untuk para pelajar atau mahasiswa. Kemudian untuk mendukung aktivitas bekerja dari rumah dengan lebih nyaman, pelanggan yang mendapatkan kuota tersebut juga bisa digunakan mengakses sejumlah aplikasi dari Microsoft Office 365.

Para pelanggan XL Axiata yang merupakan mahasiswa juga bisa memanfaatkan kuota gratis XL tersebut untuk mengakses materi kuliah daring yang disediakan kampus mereka masing-masing. Operator ini juga memberikan kuota gratis XL untuk pelanggan yang mengakses informasi mengenai penanganan Virus Corona dari sumber-sumber resmi. Pelanggan juga bisa gratis menghubungi saluran hotline COVID-19 melalui saluran 119.

Semua pelanggan XL Axiata juga diberikan kemudahan untuk mengakses layanan edukasi E-LEARN yang merupakan salah satu karya XL Axiata, bagian dari program XL Future Leaders. E-Learn diklaim menjadi satu-satunya platform kursus online dimana setiap anak muda dapat belajar soft-skills secara gratis, menyenangkan, dan juga langsung dari ahlinya. Metode pembelajaran yang digunakan adalah blended learning system antara video interaktif dan juga teks bacaan.
Baca: Mengubah Kuota Gratis Belajar Online Menjadi Kuota Reguler Melanggar UU ITEaplikasi website kuota gratis xl axis covid

Daftar Aplikasi dan Website dengan Kuota Gratis XL

Website Pemerintah: 
– Info Update Corona (Covid-19): https://corona.jakarta.go.id, https://covid19.kemkes.go.id
– Kementrian Kesehatan https://infeksiemerging.kemkes.go.id

Pendidikan Online 

  • Ruang Guru https://ruangguru.com dan Aplikasi
  • Udemi https://www.udemy.com dan Aplikasi
  • Zenius https://www.zenius.net dan Aplikasi
    *Benefit tidak termasuk kursus gratis atau akses premium

Website Lembaga Pendidikan dan Universitas

  • Universitas Indonesia https://scele.ui.ac.id
  • Universitas Padjadjaran http://live.unpad.ac.id
  • Institut Teknologi Bandung https://kuliah.itb.ac.id
  • Universitas Atma Jaya https://kuliah.uajy.ac.id
  • Universitas Hasanuddin https://sikola.unhas.ac.id
  • Universitas Negeri Semarang https://elena.unnes.ac.id
  • Institut Teknologi Sumatera http://kuliah.itera.ac.id
  • Universitas Udayana http://oase.unud.ac.id
  • Universitas Gadjah Mada shorturl.at/uvMX0

Corporate Social Responsibility 
– XL Future Leader e-Learn https://elearn.id

Aplikasi bisnis

  • Microsoft 365
  • Microsoft Exchange
  • SharePoint
  • OneDrive
  • Skype For Business
  • Microsoft Teams
  • Microsoft Office
  • Microsoft 365 Common Services Online

Perkuat Jaringan

Menara BTS kuota gratis xlXL telah mengantisipasi potensi kenaikan trafik semua layanan terkait meningkatnya aktivitas work from home dan belajar dari rumah yang dilakukan masyarakat sebagai upaya menghindari penyebaran virus Corona. Mereka menyiapkan jaringan yang memadai di semua wilayah layanan, termasuk menyiagakan tim jaringan selama 24 jam sehari. Bahkan jika terjadi peningkatan trafik yang signifikan, XL Axiata juga siap meningkatkan kapasitas jaringan.

Hal ini dijelaskan oleh I Gede Darmayusa, (Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata yang mengatakan pihaknya terus memantau informasi dari masyarakat dan sistem monitoring jaringan Customer Experience and Service Operation Center untuk mengetahui di area mana saja terjadi kenaikan trafik. “Hingga saat ini, kapasitas jaringan XL Axiata yang ada masih bisa melayani kenaikan trafik yang terjadi,” ujarnya.

Area-area perkotaan dan wilayah sekitarnya yang menjadi pusat bisnis dan lokasi tempat tinggal kaum pekerjanya mendapatkan perhatian XL Axiata terkait layanan untuk aktivitas bekerja dari rumah. Perhatian juga diberikan di area-area sekitar kampus di mana kuliah daring dilakukan. Selebihnya, operator ini selalu memastikan kualitas jaringan terjaga di semua wilayah layanan. Mengingat saat ini kebutuhan pelanggan dan masyarakat atas layanan internet juga meningkat.

Gede Darmayusa memperkirakan trafik berpotensi meningkat hingga 10% – 15% dibandingkan hari-hari biasa. Timnya juga akan terus memantau perkembangan yang ada terkait dinamika masyarakat yang menerapkan work from home dan penerapan belajar di rumah untuk pelajar dan mahasiswa.

“Tentu saja kami berharap persoalan virus Corona bisa segera berakhir, namun kami akan terus siaga jika kondisi berkembang sebaliknya yang kemudian akan berdampak pada peningkatan kebutuhan terhadap akses layanan data. Tim kami di lapangan juga akan selalu siap memastikan jaringan kami selalu aman, tanpa mengabaikan sisi kesehatan dan keselamatan kerja,” ujar Gede.

Sejak awal Maret perkembangan virus Corona masuk ke Indonesia, XL Axiata terus melakukan berbagai langkah, termasuk proaktif membantu pemerintah melalui edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya dan antisipasi untuk mencegah penyebaran virus berbahaya tersebut. XL Axiata juga melakukan pengetatan lingkungan kerja guna mencegah penyebaran Virus Corona.

Sejumlah prosedur pengamanan telah dijalankan sejak pertengahan Januari 2020, dan terus ditingkatkan seiring dengan meningkatnya resiko penyebaran virus berdasarkan perkembangan data kasus baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Langkah pengamanan ini ditempuh sebagai bagian dari upaya menjaga kelangsungan bisnis perusahaan saat ini dan di masa mendatang.


Beli pulsa dan paket data XL Axiata di:

LAZADA.CO.ID Shopee.co.id Blibli.com Bukalapak.com  JD.ID