Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Masuki Usia 24 Tahun, XL Axiata Perluas Layanan VoLTE di 13 kota

0 492

Tanggal 8 Oktober 1996, ada operator seluler baru yang resmi beroperasi secara komersial yaitu XL. Waktu itu, XL memperoleh izin selular GSM 900 dengan fokus di area Jakarta, Bandung dan Surabaya. Pada 2009, mama perusahaan mengalami perubahan dari PT Excelcomindo Pratama menjadi PT XL Axiata setelah diakuisi oleh TM Group Malaysia pada 2005.

Kini, XL menginjak usia yang ke-24 tahun berkiprah sebagai operator telekomunikasi dan data di Indonesia. Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata, menegaskan perusahaan akan berusaha selalu menyelaraskan kepentingan usaha dan bisnis dengan dukungan kepada visi pembangunan yang dijalankan pemerintah. Menurutnya, selama 24 tahun berkiprah di Industri Telekomunikasi Indonesia, selama itu pula XL berusaha semaksimal mungkin mendukung program-program pemerintah yang terkait dengan bidang telematika.

“Kami sangat menyadari keberadaan infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi, internet, dan data digital akan semakin penting guna menopang pembangunan di semua bidang. Kami akan melanjutkan dukungan kepada pemerintah melalui pembangunan jaringan infrastruktur yang semakin luas hingga ke pelosok-pelosok area, adopsi atas teknologi terbaik dan terbaru, serta melahirkan produk-produk layanan inovatif yang akan mendorong produktivitas masyarakat Indonesia,” kata Dian Siswarini saat konferensi pers daring HUT XL Axiata yang berlangsung di YouTube (8/10).
Baca juga: Indosat Hadirkan Layanan VoLTE, Menelepon dengan Kualitas HD Voice

Layanan VoLTE XL Hadir di 13 kota

Ilustrasi mengakses layanan seluler (Foto: xlaxiata.co.id)

Salah satu layanan inovatif yang masih baru yang XL Axiata mulai implementasikan adalah Voice over LTE (VoLTE). Pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2020 lalu di kota Jakarta dan Medan, XL Axiata terus memperluas cakupan layanan VoLTE dan kini telah tersedia di 13 kota, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Medan, Jogja, Semarang, Surabaya, Malang dan Sidoarjo.

VoLTE atau Voice Over LTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan VoLTE layanan voice menjadi lebih baik di mana kualitas suara menjadi sangat jernih. Selain itu, kecepatan sambung yang sangat singkat. Oleh karena itu, XL Axiata optimis layanan VoLTE akan bisa menjadi fitur layanan percakapan pilihan pelanggan.

Pada tahap awal ini layanan VoLTE didukung oleh beberapa ribu BTS 4G XL Axiata yang tersebar di kota-kota yang telah terjangkau layanan ini. Saat ini XL Axiata sedang menyiapkan infrastruktur jaringan di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya. Agar pelanggan dapat menikmati kualitas layanan suara yang prima, XL Axiata perlu melakukan optimasi jaringan secara menyeluruh sehingga benar benar siap untuk layanan VoLTE. Ke depan seluruh BTS 4G/LTE dipersiapkan untuk mendukung layanan VoLTE.

Layanan VoLTE bisa di nikmati oleh pelanggan XL Axiata dengan smartphone yang sudah mendukung layanan VoLTE dengan tarif yang sama dengan tarif layanan percakapan yang ada saat ini. Hal ini untuk memudahkan pelanggan dalam penggunaan layanan VoLTE. Layanan VoLTE tidak mengurangi kuota data pelanggan XL Axiata pada saat menggunakannya untuk percakapan telepon, tidak seperti penggunaan percakapan telepon menggunakan aplikasi pihak ketiga

Selain itu, XL Axiata juga telah bekerja sama dengan beberapa produsen smartphone untuk memastikan ketersediaan smartphone dengan layanan VoLTE seperti Huawei dan Xiaomi serta menyusul Samsung, Vivo, Advan dan Evercoss yang saat ini dalam tahapan testing.

Jumlah smartphone yang mendukung layanan VoLTE XL Axiata akan segera terus bertambah untuk memudahkan pelanggan mendapatkan layanan kualitas percakapan yang lebih baik sambil tetap menikmati koneksi data yang lancar. Pelanggan dengan smartphone yang mendukung di VoLTE dan berada dalam daerah layanan VoLTE XL Axiata akan otomatis menerima pemberitahuan dari XL Axiata untuk bisa segera mengaktifkan layanan VoLTE.

Peningkatan Layanan di Masa Pandemi

Dian Siswarini XL
Dian Siswarini, CEO XL Axiata

Dian melanjutkan, di saat pandemi seperti sekarang, masyarakat semakin merasakan betapa pentingnya keberadaan jaringan internet dan produk layanan digital untuk mendukung hampir semua aktivitas. Ia menegaskan, dari evaluasi atas kualitas layanan selama masa pandemi, manajemen XL Axiata telah menempuh berbagai upaya untuk bisa memaksimalkan kualitas layanan sehingga bisa memenuhi harapan pelanggan. Selain itu, sejumlah produk baru yang inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan terkini telah ditawarkan kepada pelanggan.

Menurut Dian, untuk bisa menyediakan layanan-layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan berbagai segmen, XL Axiata terus meningkatkan penggunaan analitik data agar bisa lebih tepat dalam melihat ekspektasi pelanggan. Jika setiap pelanggan bisa memperoleh layanan yang benar-benar mereka butuhkan, maka manfaat setiap layanan XL Axiata juga akan lebih maksimal mereka dapatkan.

XL Axiata juga terus mendorong pemanfaatkan jaringan infrastruktur yang terus dibangun hingga ke pelosok daerah dengan menciptakan berbagai layanan yang bisa mendorong produktivitas masyarakat di setiap area. Salah satunya melalui layanan Internet of Thing (IoT), yang bisa memfasilitasi pelaku usaha besar hingga level kecil dan mikro untuk bisa menjadi lebih maju.

Berbarengan dengan pengembangan berbagai layanan inovatif tersebut, XL Axiata juga terus membangun jaringan data di semua wilayah Indonesia untuk meningkatkan kualitas koneksi dan memperluas wilayah jangkauan. Hingga akhir semester pertama 2020, jaringan data XL Axiata telah menjangkau lebih dari 93 % populasi penduduk. Total sebanyak 139 ribu unit BTS, termasuk lebih dari 49 ribu unit BTS 4G, menopang jaringan XL Axiata di 456 kota/kabupaten di hampir seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Selain itu, backbone fibre optic milik XL Axiata membentang sepanjang ribuan km menghubungkan semua jaringan yang tersebar di sebagian besar wilayah kepulauan Nusantara.