Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Pastikan Pesanan Sampai, JD.id Ajak Pelanggan Tetap #DiRumahAja

0 913

Perusahaan e-commerce JD.id, turut mendukung dan mempromosikan upaya pemerintah dalam meminimalkan penyebaran corona (COVID-19). Situs belanja yang kini sudah berstatus unicorn tersebut menganjurkan para pelanggan untuk tetap #DiRumahAja dengan memastikan paket pesanan #DijaminSampai. Hal ini dilakukan agar kegiatan berbelanja pelanggan bisa jadi lebih mudah, tanpa ada rasa resah.

Pada implementasi-nya, JD.id akan fokus untuk menyiapkan layanan end-to-end terbaik, mulai dari warehouse, drop point, kurir, customer service, hingga purna jual (after sales). Selain itu, JD.id juga melakukan berbagai tindakan pencegahan untuk memastikan kebersihan lingkungan kerja, stok barang, paket siap kirim, serta kesehatan dan keselamatan seluruh pegawai.

Mia Fawzia, Marketing Chief JD.id, menyatakan kesiapan JD.id untuk menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia walaupun dalam kondisi yang sulit sekalipun. Dikatakan, JD.id telah berdiri sejak tahun 2016, dan sejak saat itu terus berusaha untuk memberikan pengalaman belanja yang terbaik kepada para pelanggan dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Bersama-sama dengan para seller dan supplier, kami akan berupaya untuk melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, meskipun dalam situasi yang penuh tantangan seperti saat ini,” ujar Mia, dalam pernyataan persnya di Jakarta (28/3).

Dijelaskan lebih lanjut, JD.ID mengajak para seller dan supplier untuk mematuhi, mendukung, dan mempromosikan upaya pemerintah, khususnya dalam hal pengendalian harga untuk produk-produk seperti bahan makanan, produk kesehatan, obat-obatan, dan lainnya.

“JD.id akan secara rutin mengawasi hal ini, demi menjamin harga produk yang kompetitif. Lebih lanjut, menanggapi kebijakan pemerintah yang berlaku saat ini, kami juga ingin menghimbau seluruh masyarakat untuk tetap di rumah, sementara kami menyediakan kebutuhan kalian dan mengantarkan-nya sampai ke pintu rumah.”, papar Mia Fawzia.

Baca juga: Ini yang Dilakukan Tokopedia, OVO dan Grab untuk Lawan COVID-19

Upaya #DijaminSampai JD.ID Saat Covid-19

JD.ID melakukan sejumlah upaya pada setiap aspek layanan, sebelum dan bahkan sesudah paket sampai ke tangan pelanggan. Berikut ini beberapa implementasi yang dilakukan :

Lingkungan sehat

Memastikan warehouse, drop point, dan pegawai yang bertugas selalu dalam kondisi bersih dan sehat.
Karena kesehatan dan keselamatan pegawai maupun pelanggan adalah prioritas utama, maka perusahaan telah menerapkan serangkaian kebijakan internal. Kebijakan tersebut dinamakan 5R, yakni : Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin merupakan pedoman kerja yang selama ini telah diterapkan oleh pegawai warehouse maupun drop point.

Implementasi aturan “Wajib Sanitasi Higienis” dilakukan secara ketat. Mulai dari sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan sebelum pegawai memasuki area kerja. Kemudian pengecekan suhu tubuh secara rutin, kewajiban mencuci tangan atau pemakaian cairan pembersih tangan, dan penggunaan sarung tangan & masker bagi seluruh pegawai warehouse. Hal ini dilakukan demi menjaga agar barang-barang bebas segala virus dan bakteri. Selain melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area warehouse, JD.id juga melakukan penyemprotan di semua area drop point.

Penambahan stok barang di warehouse secara berkala
Melalui upaya ini, JD.id dapat memastikan kuantitas stok produk yang memadai, terlebih dalam hal pasokan makanan, produk kesehatan, dan obat-obatan, yang saat ini paling diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Mengecek dengan teliti setiap barang yang diterima dari supplier saat proses loading dan melakukan quality control secara rutin
Tidak sekedar terima jadi, adalah salah satu moto yang dipegang teguh oleh pegawai warehouse saat proses loading barang oleh supplier. Dalam proses ini, pegawai warehouse JD.id secara teliti mengecek sampel dari barang yang dikirim untuk memastikan barang tersebut memiliki izin edar yang resmi, memiliki info tanggal kadaluarsa yang jelas, dan layak untuk dipakai atau dikonsumsi. Pegawai warehouse juga secara rutin melakukan quality control untuk memastikan penerimaan, penyimpanan, pengambilan, pengemasan, dan pengiriman barang dari warehouse berlangsung sesuai standar yang berlaku.

Mengemas paket pesanan pelanggan dengan rapi sesuai SOP

Memastikan paket siap kirim sudah sesuai dengan Standard of Procedure (SOP) yang berlaku. Tiap- tiap paket akan dikemas dengan rapi, kemudian dicek ulang sebelum akhirnya diserahkan kepada kurir untuk dikirim.

Armada pengiriman yang layak dan rutin dibersihkan

Selain pegawai, barang-barang, warehouse, dan drop point yang dipastikan kebersihan dan keselamatan-nya, JD.id juga melakukan pembersihan dan pengecekan secara rutin atas armada pengiriman. Secara berkala armada akan di cek kelayakan-nya, hingga kemudian dibersihkan, sebelum akhirnya digunakan untuk mengantar paket pesanan ke drop point atau langsung ke rumah pelanggan. Hal ini berarti tidak satu titik pun yang terlewatkan oleh JD.id dalam mempersiapkan dan mengirimkan paket pesanan kepada pelanggan.

Mengantarkan paket pesanan langsung ke pintu rumah

JD.id memberikan pengalaman belanja online yang nyaman kepada para pelanggan dengan mengantarkan kebutuhan sehari-hari langsung ke pintu rumah. Rantai pasokan dan layanan logistik JD.id yang lebih awas dari sebelumnya, melalui kerjasama dengan beberapa perusahaan logistik terkemuka dengan kurir yang sigap dan tanggap, akan memastikan paket pelanggan sampai di tempat tujuan dengan cepat dan selamat.

Merespon dan menangani setiap permohonan pelanggan
Setiap hari selama 24 jam, tim Customer Service (CS) JD.id melayani seluruh pelanggan. Mulai dari menjawab pertanyaan, hingga menanggapi pengajuan komplain atau refund. Tim CS JD.id yang terdiri atas sumber daya berpengalaman akan berusaha untuk memberikan layanan terbaik dengan cepat, akurat, dan tanggap.

Menangani permohonan retur pelanggan
Dikarenakan alasan tertentu, terdapat beberapa pelanggan yang ingin mengajukan penukaran atau pengembalian produk yang telah dibeli. Oleh karena itu, kami menghadirkan tim purna jual yang teliti dan cekatan dalam menangani permintaan pelanggan tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan pelanggan puas belanja di JD.id, bahkan setelah barang sampai sekalipun.

Ulang tahun ke-4

Tepat di hari ini (28 Maret 2020), JD.id juga merayakan hari jadi yang ke-4. Karena kondisi di tengah pandemi COVID-19, bentuk perayaan tidak dengan melakukan selebrasi meriah. Namun lebih pada memastikan setiap aspek layanan dalam kondisi prima. Seehingga memberikan kenyamanan dan kepuasan berbelanja yang maksimal kepada seluruh pelanggan.

Selain itu, JD.id juga menggelar serangkaian program promo dan potongan harga (diskon) yang menarik, setiap hari selama 24 jam nonstop. Program ini bertajuk “JD4U” (JD Four You) dan telah berlangsung sejak tanggal 26 hingga 31 Maret mendatang.

“Karena kami akan terus berusaha untuk penuhi kebutuhan pelanggan, biar mereka merasa aman, jadi lebih nyaman, dan tetap #DiRumahAja,” pungkas Mia Fawzia.