Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Ini yang Dilakukan Tokopedia, OVO dan Grab untuk Lawan COVID-19

0 1.194

Tiga perusahaan unicorn digital, Tokopedia, OVO dan Grab, berkolaborasi memerangi COVID-19. Inisiatif gabungan ini menjadi ajakan bagi seluruh kalangan masyarakat agar menyatukan suara dan langkah, bergotong royong menekan laju penyebaran COVID-19. Mereka mendonasikan masing-masing Rp1 miliar (total Rp3 miliar) .

Donasi akan digunakan untuk membantu penyediaan alat perlindungan diri bagi para tenaga medis. Bekerja sama dengan Benih Baik pimpinan Andy F. Noya, donasi disalurkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI), yang memimpin Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Andy F Noya, Founder sekaligus CEO BenihBaik.com, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi upaya dan inisiatif dari Tokopedia, OVO, dan Grab. Ia berharap inisiatif ini dapat menjadi contoh dan mendorong lebih banyak masyarakat untuk bersatu dan mendukung upaya pemerintah dalam melawan COVID-19.

Selain menyalurkan dana bantuan, Tokopedia, OVO dan Grab juga segera membuka kanal penghimpunan donasi (crowdfunding) di platform masing-masing yang memungkinkan masyarakat ikut berkontribusi melawan COVID-19. Program ini juga bekerja sama dengan Benih Baik dan akan disalurkan untuk berbagai keperluan mendesak terkait dampak pandemi COVID-19.

Baca juga:Kominfo dan WhatsApp Luncurkan Hotline Informasi COVID-19 Tokopedia ovo grab

Tokopedia

Leontinus Alpha Edison, Vice Chairman sekaligus Co-Founder Tokopedia, mengatakan, pihaknya bersama dengan BNPB RI dan berbagai mitra di industri ingin menyatukan suara sebagai upaya dan semangat dalam memerangi COVID-19.

“Sejak awal, Tokopedia melakukan berbagai inisiatif dan mengambil tindakan tegas untuk membantu penjual, pembeli dan mitra strategis lainnya tetap dapat memanfaatkan layanan Tokopedia dengan harga dan kualitas terjaga,” tambah Leontinus.

Tokopedia sebelumnya juga telah menyumbang lebih dari 150.000 masker mulut untuk TKI yang membutuhkan di Hongkong. Seperti ART, pekerja kapal dan buruh migran lain yang rentan namun cenderung tidak punya akses ke produk kesehatan. Selain itu juga membuka dua kanal berdonasi demi mengajak masyarakat membantu pengadaan multivitamin, APD standar dan sanitizer untuk tenaga medis, lewat fitur ‘Bantu Pejuang COVID-19′.

Ovo

Senada dengan Leo dari Tokopedia, Karaniya Dharmasaputra, Presiden Direktur OVO, mengatakan di tengah pandemi global yang kini juga menyeret Indonesia ke masa yang penuh tantangan. “OVO juga memiliki tanggung jawab untuk berperan nyata dalam mendukung upaya pemerintah meredam dan mengatasi penyebaran virus ini. Termasuk, memainkan peran kami sebagai penyedia layanan e-money untuk terus menggerakkan roda perekonomian nasional, khususnya di ranah ekonomi digital,” ujarnya.

Karaniya menambahkan, OVO mencanangkan program #BersatuLawanCorona yang menggarisbawahi komitmen untuk secara proaktif dan tanpa henti mencari cara-cara inovatif untuk meringankan dampak COVID-19 di seluruh lapisan masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan dukungan dan bantuan berupa dana sebesar Rp 1 miliar melalui Benih Baik, yang akan disalurkan melalui BNPB RI kepada barisan tenaga medis sebagai garda terdepan dalam memerangi pandemi ini. Bantuan berupa alat perlindungan diri seperti masker, pembersih tangan, multivitamin hingga sarung tangan sangat dibutuhkan ketika jumlah pasien terus melonjak.

Selain telah menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) sebagai tindakan pencegahan di kantor bagi karyawan, OVO antara lain juga meluncurkan program bantuan untuk merchant termasuk UKM, yakni dengan membagikan 10.000 pembersih tangan (hand sanitizer) di wilayah Jabodetabek dan Bali. OVO telah melakukan sosialisasi kepada semua merchant untuk bersikap waspada dan terus menjaga kebersihan usai melakukan transaksi.

Grab

Di tempat terpisah, Neneng Goenadi, Managing Director, Grab Indonesia menjelaskan, melalui gerakan #KitaVSCorona, Grab berupaya untuk menyebarkan nilai-nilai positif, memberdayakan serta membangun masyarakat yang tangguh dengan bergotong royong untuk meratakan kurva pandemi. Pihaknya juga mendukung kinerja tenaga medis sebagai garda terdepan di Indonesia untuk memerangi pandemi COVID-19.

“Donasi alat perlindungan diri bagi para garda terdepan profesi medis sangat penting untuk menjadi prioritas negara dan GrabHealth powered by GoodDoctor siap mendukung. Dukungan menyeluruh juga diberikan kepada para mitra Grab yang bekerja keras memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia dalam masa penuh tantangan ini,” imbuh Neneng.

Dijelaskan lebih lanjut, Grab Indonesia juga telah menempatkan berbagai upaya pencegahan tambahan serta bentuk dukungan untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan dan keberlangsungan hidup para Mitra Grab. Dukungan yang disebut GrabCare tersebut berupa: memberikan bantuan finansial bagi Mitra Pengemudi yang positif COVID-19, kolaborasi pengumpulan 1 Juta Masker lewat PMI dan ketersediaan cakupan asuransi Mandiri In-Health. Grab juga mendukung Mitra merchant GrabFood untuk memastikan para pelaku industri makanan & minuman mengimplementasikan standar keamanan dan kebersihan pangan yang tinggi agar pelanggan merasa aman sekaligus mendukung keberlangsungan bisnis industri makanan & minuman lokal, terutama UMKM kuliner.