Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Kominfo dan WhatsApp Luncurkan Hotline Informasi COVID-19 untuk Masyarakat Indonesia

0 2.681

Hari ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan hotline informasi COVID-19 di layanan pesan instant WhatsApp. Layanan hotline ini gratis sebagai bentuk kerja sama dengan WhatsApp dan dirancang untuk menjawab pertanyaan dari masyarakat seputar COVID-19.

Sebagai sumber informasi, layanan ini juga akan memberikan rekomendasi dan tips sederhana kepada petugas kesehatan agar senantiasa aman dan terlindungi dari penyebaran COVID-19. Matt Idema, Chief Operating Officer WhatsApp, mengatakan dalam kondisi penuh kewaspadaan seperti ini, banyak orang yang mengandalkan WhatsApp untuk tetap terhubung dan memberikan dukungan kepada teman, keluarga, dan orang-orang sekitar mereka.

“Kami senang dapat menyediakan alat komunikasi kepada Kominfo untuk membantu mereka merespon pertanyaan seputar COVID-19 secara terpercaya, dengan rekomendasi kesehatan yang dapat diandalkan dan akurat, agar masyarakat tetap terlindungi,” ujar Matt, dalam siaran pers yang diterima Gizmologi di Jakarta (19/03).

Nomor WhatsApp Hotline Informasi COVID-19

Nomor resmi WhatsApp Hotline Informasi COVID-19 Indonesia Kominfo
Nomor WhatsApp Hotline Informasi COVID-19

Hotline informasi COVID-19 yang dikelola Kominfo bisa dihubungi melalui nomor resmi +62811-3339-9000.  Cara menghubunginya mudah, seperti melakukan chat pada umumnya. Mulai saja dengan kata misalnya “halo”, “selamat pagi” atau sapaan lainnya. Maka sistem secara otomatis akan merespon dengan memberi informasi umum terkait Coronavirus.

Layanan ini memanfaatkan WhatsApp Business API yang bekerja sama dengan DAMCorp, yang membantu organisasi dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan mereka. WhatsApp Business API diklaim sebagai sistem tercanggih bagi bisnis menengah dan besar dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan mereka.

Meskipun WhatsApp Business API masih dalam tahap beta, dan penyediaannya masih terbatas untuk beberapa mitra bisnis, COVID-19 yang sedang mewabah membuat WhatsApp memanfaatkannya untuk layanan informasi publik. WhatsApp bekerja dengan gesit untuk menyediakan API pada kementerian kesehatan di seluruh dunia sebagai alat untuk melawan COVID-19 serta untuk menjaga keamanan publik.

Sebelumnya, platform messenger milik Facebook ini juga berkolaborasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF), dan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP). Mereka meluncurkan Pusat Informasi COVID-19 WhatsApp yang menyediakan panduan sederhana bagi para petugas kesehatan, tenaga pengajar, tokoh masyarakat, organisasi nirlaba, jajaran pemerintah, serta pelaku bisnis yang senantiasa mengandalkan WhatsApp untuk berkomunikasi.

Situs ini juga menawarkan tips dan konten umum bagi pengguna di seluruh dunia demi mengurangi penyebaran rumor dan membuka akses terhadap informasi kesehatan yang akurat.
Baca juga: Luncurkan Pusat Informasi COVID-19, WhatsApp Gelontorkan USD1 Juta