alexa

Instagram Live Rooms Mungkinkan Sesi Live Video Hingga 4 Orang

Jadi siapa di antara Gizmo friends yang sudah jenuh dengan aplikasi Clubhouse? Kalau iya, wajar kok, saya pun merasa begitu. Atau mungkin memang lebih cocok berkomunikasi secara visual? Jika memang begitu, maka kabar akan kehadiran fitur Instagram Live Rooms yang baru saja diresmikan tentu bakal cocok.

Sebelumnya, pengguna Instagram hanya bisa melakukan sesi live dengan satu orang tambahan saja, alias dua orang dalam satu tampilan layar. Padahal, di era pandemi ini masyarakat lagi senang-senangnya untuk bisa berinteraksi ramai-ramai sekaligus. Untuk itulah Instagram Live Rooms dihadirkan.

Dengan sebutan yang serupa di dalam aplikasi Clubhouse, setiap live room bisa diisi dengan tiga orang tambahan. Dalam kata lain, kita dapat melakukan sesi live bersamaan empat orang dalam satu layar. Fitur ini dipercaya bakal hadirkan banyak manfaat serta menambah daya tarik pengguna untuk lebih aktif menggunakan Instagram tentunya.

Baca juga: Tampilan Instagram Stories Versi Desktop Baru, Manfaatkan Layar Besar

Instagram Live Rooms Beri Ruang Kreativitas Bagi Para Kreator

Instagram Live Rooms

Kalau beberapa dari Gizmo friends pernah melihat seorang teman atau kreator konten di Instagram sudah bisa menggunakan fitur Instagram Live Rooms, mungkin mereka kebagian sebagai beta tester secara acak—situasi seperti ini sudah cukup umum terjadi, tak hanya di Instagram saja, namun termasuk Twitter dengan beberapa pengguna yang sudah bisa membuat Spaces.

Dengan lebih banyaknya peserta yang bisa join dalam satu sesi Instagram Live, diharapkan fitur ini dapat berikan banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan lebih banyak orang. Pihak Instagram sendiri memberikan beberapa contoh situasi yang bisa manfaatkan Instagram Live Rooms.

Supaya bisa lebih kreatif, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk sebuah program talk show, atau membuat sesi musik dengan kreator lain atau anggota lain dalam sebuah band. Bisa juga mengadakan sebuah sesi tanya jawab atau tutorial bersama dengan teman, atau sekadar membuat obrolan ringan yang ingin dibagikan ke publik.

Instagram Live Rooms nantinya juga bakal bisa digunakan untuk membangun bisnis dan mendapatkan uang. Layaknya platform video lain yang mungkin lebih dulu populer, viewer atau penonton sesi live nantinya bakal bisa membeli lencana (badge) sebagai bentuk dukungan terhadap sang kreator.

Bakal Segera Hadir untuk Pengguna Android & iOS

Instagram Live Rooms

Tak hanya untuk keperluan pribadi, nantinya para kreator juga bisa membuat program seperti penggalangan dana secara langsung. Saat ini, pihak Instagram sedang mengeksplorasi opsi lain yang juga interaktif, seperti berikan kemampuan untuk mengontrol moderator dalam sesi Instagram Live Rooms, maupun mengubah output audio.

Sejak awal pandemi berlangsung, Instagram melihat tren penggunanya untuk memanfaatkan fitur Live dengan pesat. Dimanfaatkan untuk berbagai macam topik diskusi, mulai dari informasi COVID-19, wawancara bersama selebriti, hingga tutorial berolahraga. Kabarnya, sepanjang bulan Februari, jumlah penonton konten Live naik mencapai 70%.

Fitur ini bakal hadir secara bertahap ke pengguna Instagram di Android dan iOS. Tentunya, Instagram Live Rooms bakal bersaing dengan yang bisa disebut kompetitor lainnya, seperti Twitch sampai TikTok. Atau mungkin Clubhouse, meski tidak apple-to-apple dalam cara berkomunikasi antar pengguna. Gizmo friends sendiri pilih yang mana?

Tinggalkan komen