Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Campaign Menjadi Aplikasi Berdampak Positif Terbaik 2020 Versi Google

1 530

Pada penghujung tahun 2020 ini, umumnya penyedia aplikasi dari masing-masing sistem operasi berikan daftar aplikasi terbaiknya sepanjang tahun. Baik aplikasi gratisan, berbayar, maupun beragam genre mulai dari media sosial, gim sampai kampanye kegiatan positif. Salah satunya adalah Google Play, yang sediakan beragam aplikasi untuk perangkat smartphone hingga tablet.

Google baru saja merilis daftar aplikasi terbaik sepanjang tahun 2020, terbagi dari tujuh kategori dan untuk masing-masing negara. Nah, di Indonesia, Campaign #ForChange telah terpilih sebagai Aplikasi Berdampak Positif terbaik se-Indonesia, per 1 Desember 2020. Aplikasi ini merupakan satu-satunya yang berasal dari Indonesia, tawarkan cara baru untuk melakukan aksi sosial.

Baca juga: Punya 50 Sensor, Aplikasi “Nafas” Pantau Kualitas Udara Real-time di Jabodetabek

Campaign #ForChange Berikan Tujuan Baik Untuk Pengguna

Aplikasi Campaign #ForChange Google Play Store

Mengusung konsep social tracker, aplikasi Campaign #ForChange telah diunduh lebih dari 38 ribu pengguna. Aplikasi tersebut juga telah ciptakan ragam kolaborasi positif sejak pertama kalo dirilis, yaitu pada 4 April 2017 lalu. Lewat aplikasi ini, pengguna dapat berkontribusi untuk lingkungan, kesehatan, kesetaraan dan lainnya dengan mengikuti program yang ada.

Bila ditilik pada kategori Aplikasi Berdampak Positif Terbaik di dalam Google Play Store, tim Google telah menuliskan bila aplikasi yang terpilih memiliki tujuan yang baik dan ramah pengguna. “Aplikasi untuk Kebaikan kami memudahkan kamu memberikan pengaruh baik – dan merupakan pengingat akan kekuatan dan keterhubungan kolektif kita semua.”

Keterangan tersebut selaras dengan beragam inisiatif yang bersifat kolaboratif, yang telah terjadi lewat aplikasi Campaign #ForChange sepanjang tahun 2020. Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (3/12), William Gondokusumo, Chief Executive Officer Campaign.com menjelaskan bila aplikasi Campaign #ForChange telah alami beragam peningkatan sejak tiga tahun berjalan, salah satunya dari sisi kolaborasi.

65 Inisiatif Telah Terbentuk Dalam 3 Tahun Terakhir

Campaign #ForChange

“Pada pertengahan tahun ini, Campaign.com melakukan survey kepada 72 komunitas sosial dari 15 provinsi di Indonesia. Inisiatif kami ini menghasilkan data bahwa 90,28% komunitas terkendala aktivitas sosialnya selama pandemic Covid-19, kemudian 99,44% mengharapkan dukungan.” William menambahkan, Campaign.com gandeng lebih banyak pihak dalam tantangan sosial yang dihadirkan di dalam aplikasi.

Yang ditambahkan ada dari beragam sektor, mulai dari swasta, komunitas sosial, institusi pendidikan serta anak muda, sebagai pelaku aksi sosial. “Kami percaya, dengan mengoptimalkan kolaborasi, dampak sosial akan lebih luas dan perubahan positif lebih mudah dicapai,” terang William. Secara total, ada 65 inisiatif yang terbentuk dalam tiga tahun terakhir.

Beberapa di antaranya adalah A Better World Place yang libatkan 39 komunitas akar rumput untuk buat kampanye sosial, #SiapKebiasaanBaru yang berupa kampanye untuk siapkan anak muda beradaptasi di tengah tatanan baru, Social Fair Day yang fasilitasi siswa sekolah dan universitas untuk dalami isu tertentu serta beberapa lainnya.

Yoevan Wiraatmaja, Chief Executive Office PT Danpac Pharma yang menjadi salah satu donatur Campaign #ForChange menuturkan, “Campaign.com merupakan rekan terbaik untuk menginisiasi, mengorganisasi, dan menciptakan kampanye sosial yang berkelanjutan, khususnya untuk komunitas.” Aplikasi ini hadirkan tantangan sosial yang berikan dampak kepada komunitas, tak hanya melalui ruang edukasi dan peningkatan kapasitas, tetapi juga pengumpulan donasi.

Didukung oleh sektor swasta sebagai donatur, pengguna aplikasi yang berhasil selesaikan tantangan sosial setara dengan berdonasi mulai dari Rp10 – 20 ribu, yang diberikan melalui Yayasan Dunia Lebih Baik. Donasi tersebut digunakan oleh masing-masing komunitas untuk bantu mengentaskan isu sosial yang terkait.