Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Inilah Sekilas Tampilan OnePlus Nord, Gunakan Chipset Snapdragon 765G

0 3.555

Bulan April lalu, pabrikan asal Shenzhen yang masih satu induk dengan OPPO dan vivo ini telah rilis duo smartphone flagship terbaik mereka. Apalagi kalau bukan OnePlus, hadirkan seri OnePlus 8 & OnePlus 8 Pro yang kini harganya tak lagi terjangkau.  Sebelumnya, dikabarkan jika OnePlus bakal rilis seri yang lebih murah lagi. Namun nyatanya, OnePlus Z absen dalam perilisan.

Selang dua bulan kemudian, OnePlus membangun sebuah hype baru melalui media sosial, seperti membangun sebuah sub-brand atau penamaan baru yaitu OnePlus Nord (dari yang sebelumnya “OnePlus Z Lite Things”). Dari yang awalnya logo dengan warna baru saja, sampai sekarang OnePlus telah berikan teaser desain smartphone terbaru mereka ini.

OnePlus Nord bakal jadi smartphone yang lebih terjangkau pertama kalinya setelah OnePlus X yang dirilis 2015 lalu. Apakah Gizmo friends ingat dengan smartphone tersebut? Salah satu smartphone compact dengan spesifikasi terbaik pada masanya. Sayangnya, OnePlus X hadir di Indonesia pada masa transisi TKDN, dukungan 4G terkunci dan tak lama kemudian pergi dari tanah air.

Baca juga: OnePlus 8 Series, Smartphone Flagship dengan Snapdragon 865 & Layar Fluid AMOLED

Foto Terbaru OnePlus Nord

Kembali ke OnePlus Nord. Sebelumnya telah beredar banyak sekali foto render yang bersumber dari @OnLeaks. Namun dari video teaser di atas yang diunggah resmi dari OnePlus, desainnya terlihat jauh berbeda. Sedikit lebih mirip dengan OPPO Reno3 Pro, dengan dua kamera depan. Kabarnya, foto render sebelumnya merupakan purwarupa awal yang kemudian dibatalkan, menurut sebuah twit berikut ini.

Tampilan depan OnePlus Nord

Dari video teaser yang diunggah, terlihat sekilas tampak dari OnePlus Nord. Pada bagian depannya, terlihat jika smartphone ini bakal miliki desain layar flat, dengan dua kamera punch-hole yang diletakkan di atas kiri layar. Sementara ketika dipegang, terlihat sebuah slider di sisi kanannya. Ini adalah ciri khas smartphone OnePlus, digunakan untuk mengatur suara nada dering tanpa harus membuka kunci layar.

Sementara di sisi lain, tampak belakangnya memiliki desain kamera serupa OPPO Reno3 series, dengan modul yang disusun sejajar. Warnanya sendiri terlihat seperti kombinasi biru dan abu-abu yang berubah jika terkena cahaya.

Rumor sebelumnya memang menyebutkan jika smartphone jenis baru ini akan menjadi suksesor OnePlus X, dalam hal harga serta dimensi yang lebih kecil. Namun Co-founder OnePlus, Carl Pei menampik hal tersebut. Nord dirilis agar mereka dapat berikan pilihan untuk lebih banyak konsumen.

Dibuat Berbeda dengan OnePlus X

Tampilan belakang OnePlus Nord

Pei menjelaskan, “sekarang kami dapat melayani lebih banyak pelanggan saat kami turun ke harga kelas menengah. Tak hanya penggemar teknologi, tetapi juga sejumlah besar konsumen lain yang sebelumnya belum mampu membeli produk kami.” Menurutnya, OnePlus X adalah smartphone eksperimental, sementara OnePlus Nord tidak sama. OnePlus menjamin produk barunya ini akan tidak membosankan, ditemani dengan beragam aksesori baru.

OnePlus juga tidak memilih untuk gunakan chipset flagship lawas, melainkan OnePlus Nord akan ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 765G. Chipset ini cukup bertenaga, meraih skor Antutu hingga 330 ribu poin, dan juga sudah mendukung jaringan 5G. Walaupun smartphone OnePlus sebelumnya selalu dikenal dengan performa terbaik, namun ini adalah bentuk pengorbanan agar harga dapat ditekan.

Seberapa murah smartphone ini akan dijual nantinya? Kita nantikan kehadiran resmi OnePlus Nord dalam beberapa hari kedepan ya.