Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Pixel 4a Bakal Rilis 3 Agustus, Ini Spesifikasinya

0 6.996

Saking lamanya nggak dirilis-rilis, sampai kaget kalau Google bakal merilis smartphone baru di awal Agustus mendatang. Gizmo friends mungkin ingat atau bahkan sudah lupa kalau Google sudah mempersiapkan smartphone murah terbarunya, Google Pixel 4a, jauh dari awal tahun kemarin. Tapi perilisannya harus ditunda karena Google I/O terpaksa dibatalkan tahun ini.

Setelahnya, bocoran spesifikasi, desain, bahkan sampai kotak kemasannya sudah ada di internet, tinggal nunggu perilisannya aja. Tapi kemudian setelah berbulan-bulan, Google Pixel 4a tak kunjung datang. Nah, baru hari ini (31/7), Google merilis sebuah teaser di situs daringnya. Dalam teasernya, terlihat sebuah tanggal dan desain smartphone yang memang tidak ditampilkan secara jelas.

Baca juga: Pixel 4a Muncul di Situs Resmi Google, Bakal Segera Dirilis?

Google Pixel 4a Hadir Awal Pekan Depan

Google Pixel 4a 3 Agustus

Namun dari judulnya, cukup diyakini jika ini adalah teaser untuk perilisan Google Pixel 4a. Awalannya memiliki kalimat “The Google Just What You’ve Been Waiting For Phone”, alias smartphone yang memang sudah ditunggu-tunggu. Di bawahnya, terlihat sebuah teks placeholder “lorem ipsum dolor sit amet”, dengan beberapa kata yang mengindikasikan beberapa keunggulan dari smartphone ini.

Google bakal merilis smartphone ini untuk kebutuhan video chat, memiliki fungsi fotografi yang handal dalam situasi kurang cahaya, dengan efek bokeh yang juga halus. Seri sebelumnya, Google Pixel 3a memang juga bisa hasilkan foto memukau, meski gunakan chipset pas-pasan dan satu sensor kamera utama saja.

AI dan olah komputasi digital berperan banyak dalam hasil foto Google Pixel series, sehingga tidak membutuhkan spesifikasi di atas kertas yang tinggi layaknya smartphone lain. Namun begitu, tak hanya Google Pixel 4a yang bakal miliki keunggulan ini. iPhone SE (2020), smartphone murah terbaru Apple yang sudah dirilis saat pandemi, juga punya keunggulan yang sama.

Diklaim punya sensor kamera persis dengan iPhone 8, hasil foto dan video iPhone SE (2020) bisa setara flagship masa kini, terutama efek Smart HDR yang dihasilkan. Ini berkat penggunaan chipset Apple A13 Bionic, yang sama persis seperti iPhone 11 Pro. Berbeda dengan Google Pixel 4a yang bakal gunakan chipset lebih sederhana, yaitu Snapdragon 730.

Spesifikasi Google Pixel 4a

Google Pixel 4a
Foto render digital Google Pixel 4a dari @onleaks.

Bocoran spesifikasi lainnya meliputi RAM 4GB serta penyimpanan mulai 64GB sampai 128GB. Kamera belakangnya beresolusi 12MP dengan dual pixel PDAF dan OIS, sanggup rekam video sampai 4K 30fps. Dan seperti Pixel pada umumnya, kapasitas baterai Google Pixel 4a juga dibuat pas-pasan, hanya 3,080 mAh dan mendukung USB PD 18W.

Yang bisa diunggulkan nantinya adalah desain yang lebih up-to date. Bahkan bisa dibilang lebih modern dari Pixel 4 sendiri, karena Google Pixel 4a bakal menggunakan potongan kamera punch-hole pada sisi depannya. Dimensi layar OLED-nya mencapai 5,8 inci, cocok bagi Gizmo friends yang sedang mencari desain smartphone kompak. Tentunya, kalau masuk ke Indonesia ya.