Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Pixel 4a Muncul di Situs Resmi Google, Bakal Segera Dirilis?

0 8.479

Ketika banyak produsen smartphone telah banyak merilis produk baru sepanjang Q1-Q2 2020, masih ada satu merek yang tak kunjung meluncurkan produknya. Padahal, bocorannya sudah banyak tersebar sejak awal tahun. Saking banyaknya, bisa dibilang hanya tinggal diresmikan saja oleh Google. Ya, apalagi kalau bukan Pixel 4a, smartphone terjangkau bagi penggemar produk Google yang punya kantong cekak.

Sang flagship Pixel 4 sendiri sudah dirilis sekitar 9 bulan lalu, dan seharusnya versi terjangkau dari smartphone terbaik Google dirilis tak lama sejak itu. Awalnya, penundaan peluncuran Pixel 4a dikabarkan ditunda akibat pergelaran Google I/O 2020 yang terpaksa batal, karena adanya pandemi Covid-19. Namun sampai sekarang belum ada kejelasan lebih lanjut mengenai kapan Pixel 4a dirilis.

Baca juga: Ini Bocoran Terbaru Spesifikasi Google Pixel 4a

Foto Terbaru Google Pixel 4a

Google Pixel 4a
Google Pixel 4a sempat menampakkan diri di situs Google Store Kanada. (Sumber: The Verge)

Nah, baru-baru ini muncul sebuah informasi baru. Bukan, bukan perihal tanggal peluncurannya, namun setidaknya mengonfirmasi beberapa hal terkait ketersediaan Pixel 4a dalam waktu dekat. Foto di atas adalah foto terbaru Google Pixel 4a, yang diambil dari situs resmi Google Store di Canada. Yup, dari situs milik Google sendiri.

Nampaknya terdapat kesalahan unggah foto dalam situs resmi Google tersebut. Karena seperti yang dapat dilihat, di sebelah kiri terdapat teks perihal Nest Wifi, produk IoT Google lainnya. Foto di atas kami dapatkan dari The Verge, yang kabarnya sekarang sudah diturunkan.

Dari foto tersebut, terlihat desain Pixel 4a yang mengonfirmasi foto-foto sebelumnya, termasuk foto boks yang sempat beredar. Varian warna hitam bakal memiliki aksen tombol power berwarna mint, sementara kamera belakangnya hanya satu, ditemani sebuah lampu kilat. Di sisi atas, dapat kita lihat jika ada sedikit lengkungan untuk jack audio 3,5mm.

Sensor sidik jari konvensional masih terletak di bodi belakang. Sementara di sisi depan, Pixel termurah 2020 ini bakal adopsi desain kamera punch-hole. Menariknya, dalam tampilan tersebut terlihat sebuah tanggal yaitu 12 Mei. Dikabarkan ini adalah tanggal peluncuran yang seharusnya, yaitu pada saat Google I/O 2020 digelar.

Bakal Dirilis Oktober 2020?

Google Pixel 4a
Foto render digital Google Pixel 4a dari @onleaks.

Google Pixel 4a sendiri telah mengantongi beragam sertifikasi termasuk FCC, menandakan smartphone ini sebenarnya sudah siap rilis dalam waktu dekat. Namun salah satu pengamat teknologi, Jon Prosser, menyebutkan dalam sebuah twit juga peluncurannya kembali ditunda, selambatnya pada 22 Oktober mendatang.

https://twitter.com/jon_prosser/status/1271856685943009281

Dalam sebuah twit terpisah, ia mengatakan jika penentuan waktu ini bukan karena isu produksi, melainkan lebih ke kondisi pasar saat ini. Jon mengatakan, unit Pixel 4a bahkan sudah dalam tahap siap kirim. Dengan mundurnya Pixel 4a, otomatis peluncuran Pixel 5 di tahun ini juga bakal mundur.

Mungkin keputusan ini sedikit sulit dipahami, mengingat Apple sendiri telah merilis smartphone termurah mereka, iPhone SE (2020), dan pasar menunjukkan respon cukup positif. Apalagi dengan penggunaan prosesor yang sama seperti seri 11 Pro. Google tentu dapat mengambil kesempatan yang sama dengan hadirkan Pixel 4a, jika saja telah dirilis lebih dulu.