Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Ini Bocoran Terbaru Spesifikasi Google Pixel 4a

0 7.580

Sejak seri ketiga, Google selalu merilis dua varian Google Pixel yang masing-masing hadir dalam dua pilihan ukuran. Sebut saja Google Pixel 3 series dan Pixel 3a series, dimana 3a hadir dengan banderol harga lebih murah. Nah, di tahun 2020, Google juga berencana merilis Pixel 4a, alternatif Pixel murah terbaru.

Lewat seri “a”, Google bermaksud untuk merilis Pixel yang bisa dijangkau lebih banyak konsumen, menawarkan pengalaman penggunaan yang serupa, terutama hasil kameranya. Kemudian Google memangkas spesifikasi hardware yang dirasa bisa dikurangi, seperti prosesor, material bodi dan lainnya.

Spesifikasi, sudah. banner resmi pun sudah tertangkap oleh pemilik akun Twitter @evleaks. Kini giliran kotak boks penjualan Pixel 4a yang sudah tersebat di internet yang diunggah oleh akun Twitter TechDroider. Gambar pada tweet tersebut mengkonfirmasi desain Google Pixel 4a yang sudah ada sebelumnya, dengan sudut lain sama seperti boks Pixel 3a.

Baca juga: Google Sumbang USD800 Juta untuk Menangkal Dampak Global Covid-19

Spesifikasi dan Desain Google Pixel 4a

Google Pixel 4a
Foto render digital Google Pixel 4a dari @onleaks.

Google Pixel 4a punya desain yang bisa dibilang menarik. Google memang sedikit nyentrik dalam hal menentukan desain ponselnya. Ketika Pixel 3 XL punya poni yang terlihat besar, sebagian orang memilih untuk membeli Pixel 3a XL dengan bezel layar yang lebih “normal”. Lalu Google merilis Pixel 4 dengan bagian atas yang tebal, untuk menempatkan segala sensor demi fitur face unlock.

Pixel 4a bisa kembali hadir sebagai alternatif, dengan sisi depan yang malah terlihat lebih modern menggunakan kamera punch-hole kecil di sisi kiri atasnya. Pixel 4a dikabarkan bakal punya layar OLED kompak berdimensi 5,8 inci full HD+ di sisi depan. Sensor sidik jarinya masih diletakkan di belakang bodi, sama seperti generasi sebelumnya.

Untuk urusan performa, Google janjikan peningkatan dari seri 3a. Google Pixel 4a bakal pakai chipset Snapdragon 730, dengan CPU octa-core Kryo 470 dan GPU Adreno 618. Penyimpanan 64GB sudah menggunakan jenis UFS 2.1, yang meningkat dari eMMC 5.1. RAM-nya juga meningkat dari 4GB menjadi 6GB. Belum dilengkapi wireless charging, Pixel 4a mendukung 18w fast charging untuk isi daya baterai 3.080 mAh.

Sementara untuk sektor kamera, di atas kertas spesifikasinya masih tetap sama. Kamera depan beresolusi 8MP, sedangkan kamera belakangnya 12.2MP tanpa kamera sekunder. Namun tidak perlu khawatir, kemampuan fotografi komputasi milik Google Pixel tidak bisa diragukan, mampu hasilkan efek bokeh natural walaupun hanya melalui proses olah data digital.

Jadwal Peluncuran Google Pixel 4a

Foto render Google Pixel 4a sendiri sudah bocor dari berminggu-minggu lalu. Awalnya, Pixel 4a bakal diperkenalkan bersamaan dengan acara Google I/O 2020, yang pada akhirnya dibatalkan karena adanya wabah virus Covid-19. Rumor lain menyebutkan ponsel ini bisa hadir antara satu hingga dua bulan kemudian, dan belum diketahui metode perilisannya seperti apa.

Sebagai pengguna Pixel 3 dan mantan pengguna Pixel 3a, saya menunggu kehadiran Pixel 4a yang punya tampilan layar lebih modern, dan alternatif murah untuk merasakan pengalaman Pixel baru. Menurut saya, Google berhasil mengoptimalkan software Pixel 3a, memberikan performa setara flagship. Andai saja bisa hadir resmi di Indonesia ya.