Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy Xcover 5 Dirilis, Smartphone Kompak Tahan Banting

0 3.588

Merilis flagship terbaiknya di 2021? Sudah. Memperbarui jajaran smartphone kelas entri hingga menengah? Sudah pula. Namun Samsung masih ingin hadirkan pembaruan untuk keperluan yang lebih spesifik. Yaitu dengan merilis lewat sebuah smartphone tangguh nan kompak, Samsung Galaxy Xcover 5.

Ya, Samsung Galaxy Xcover 5 adalah smartphone “tahan bencana” terbaru dari pabrikan elektronik asal Korea Selatan tersebut. Tidak dirancang dengan spesifikasi tertinggi seperti pakai Snapdragon 888 atau punya setup empat kamera, melainkan hadir dengan fitur-fitur esensial. Khususnya untuk mereka yang membutuhkan perangkat reliabel pada penggunaan ruangan, dalam kondisi cuaca yang tidak menentu.

“Di Samsung, kami dengan cepat berinvestasi dalam teknologi yang memberikan efisiensi dan ketahanan, untuk bisnis lapangan dan yang berfokus pada pabrik karena mereka menjadi semakin mobile,” ujar Mark Notton, Senior Director of Mobile Product Portofolio, Samsung Electronics regional Eropa.

Baca juga: Samsung Galaxy M12 Bakal Jadi Smartphone Termurah dengan Layar 90Hz

Galaxy Xcover 5 Dapat Terintegrasi dengan Microsoft Teams

Samsung Galaxy Xcover 5

Dari desainnya saja, sudah terlihat bila perangkat tahan banting satu ini dibuat tangguh. Bodinya terlihat tebal, dengan warna yang didominasi hitam. Meski begitu, Samsung berikan aksen merah menarik pada tombol dan modul kamera belakang Galaxy Xcover 5, agar tak terlihat terlalu polos.

Desain karet tebal di sekeliling bodinya bukan tanpa alasan—material tersebut berguna agar Galaxy Xcover 5 tetap aman meski terjatuh dari ketinggian 1,5 meter. Tentunya, sudah mengantongi sertifikasi MIL-STD 810H plus IP68 tahan debu dan air hingga kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit. Sudah sewajarnya dikantongi oleh smartphone tangguh.

Punya dimensi kompak di 141.7mm x 71.6mm x 9.2mm, Galaxy Xcover 5 memiliki layar 5,3 inci beresolusi HD+, dimensi yang mirip dengan iPhone 12 Mini. Berjenis LCD, Samsung tidak menyematkan sensor sidik jari khusus, hanya memanfaatkan kamera depan 5MP yang dinilai cukup untuk panggilan video.

Chipset yang digunakan adalah Exynos 850, dengan memori 4GB RAM & penyimpanan internal 64GB. Kapasitas baterainya tergolong standar untuk dimensi layar kecil di 3,000 mAh, setidaknya mendukung fast charging 15W. Kamera belakangnya hanya satu, beresolusi 16MP dan bisa hasilkan foto potret.

Dari spesifikasi hardware yang sangat standar, Samsung memaksimalkan tiap bagian untuk tunjang pekerjaan lapangan. Kamera belakangnya dibuat agar mencapai standar enterprise untuk scan barcode, sementara tombol push-to-talk di bodi sampingnya bisa diintegrasikan dengan Microsoft Teams. Atau diganti ke pintasan lain sesuai keinginan pengguna.

Sementara di bagian bawah terdapat pogo pin khusus untuk sambungan ke aksesori tambahan. Dan sensor NFC pada Galaxy Xcover 5 bisa direplikasi menjadi kartu akses transportasi, bakal bermanfaat untuk membantu pekerja berpindah lokasi. Smartphone ini sudah jalankan Android 11, dan bakal hadir dalam varian single maupun dual SIM.

Harga Samsung Galaxy Xcover 5, Bakal Hadir di Asia

Samsung Galaxy Xcover 5

Samsung Galaxy Xcover 5 bakal mulai dijual pada akhir bulan ini, di beberapa negara di wilayah Eropa, Asia dan Amerika Latin. Baru setelahnya dilanjutkan ke bagian lainnya. Tentunya, belum ada informasi apakah Indonesia kebagian dalam pilihan negara di Asia.

Untuk harganya sendiri, smartphone tangguh Samsung satu ini tersedia mulai 12 Maret secara daring di Inggris, dengan harga 330 Pound sterling. Atau bila dikonversi ke rupiah, menjadi sekitar Rp6,5 jutaan.

Tinggalkan komen