Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Motorola Luncurkan Smartphone 5G Murah, Moto G 5G Plus

0 5.546

Smartphone Motorola dikenal dengan berbagai inovasi yang menarik dan berbeda dari yang lain. Beberapa tahun lalu, misalnya, Moto Z dirilis dengan fitur Moto Mods dimana pengguna dapat mengkustomisasi panel belakang dengan case maupun kamera dari Hasselblad. Namun yang membantu brand smartphone ini populer utamanya adalah G series, mulai dari Moto G pertama rilisan 2013.

Seiring dengan perkembangan spesifikasi smartphone dari tahun ke tahun, akhirnya di tahun 2020, Motorola hadirkan dukungan 5G melalui seri Moto G 5G Plus. Yup, jangan terkecoh dengan Moto G5s Plus ya, seri terbaru ini gunakan huruf “G”, bukan “S”. Ini adalah smartphone 5G termurah Motorola, agar lebih banyak konsumen dapat menikmati akses internet lebih cepat.

Moto G 5G Plus pertama kali diluncurkan di Eropa awal minggu kemarin (7/7). Di sana sudah cukup banyak smartphone kelas menengah yang mendukung 5G, sebut saja Xiaomi Mi 10 Lite 5G hingga realme X50 5G. Sementara di Indonesia baru di seri flagship, itu pun masih dikunci alias menunggu regulasi dari pemerintah. Semoga negara kita dapat segera menyusul situasi di Eropa ya.

Baca juga: Motorola razr 5G Bakal Dilengkapi Slot Kartu nano SIM

Keunggulan Moto G 5G Plus

Moto G 5G Plus

Meski jadi smartphone 5G termurah, Motorola tidak semerta-merta menghemat spesifikasi dan desain dari Moto G 5G Plus. Susunan empat kamera utamanya dibuat kotak agar terlihat lebih kekinian, dengan dua kamera depan berbentu punch-hole. Menariknya, meski gunakan panel IPS, gap antar kamera masih bisa diisi dengan layar.

Layar yang sangat besar, 6,7 inci ini beresolusi full HD+, dan sudah mendukung refresh sate 90Hz untuk transisi menu yang lebih halus. Rasionya dibuat tinggi di 21:9, dan sudah mendapat sertifikasi HDR 10. Sensor sidik jarinya diletakkan di sebelah kanan, jadi satu dengan tombol power layaknya smartphone kelas menengah lain.

Pertama gunakan desain kamera persegi, sensor utama 48MP ditemani sensor ultra wide-angle 8MP, 5MP makro dan 2MP depth sensor. Lampu kilat di sebelah frame kameranya dibuat memanjang, sedikit mengingatkan kami dengan model lampu flash pada kamera lawas. Sementara kombinasi kamera depannya terdiri dari sensor utama 16MP dan ultra-wide 8MP.

Untuk urusan performa, Moto G 5G Plus gunakan chipset Snapdragon 765G, dipasangkan dengan pilihan RAM 4/6GB dan penyimpanan internal 64/128GB. Kapasitas baterai besar 5,000 mAh sudah mendukung fast charging 20 watt. Bukan yang tercepat, namun sudah lebih barik dari TurboPower sebelum-sebelumnya yang hanya 15 watt.

Motorola juga berikan lapisan tahan percikan air pada Moto G 5G Plus, lengkap dengan fitur konektivitas lainnya seperti audio jack dan NFC. Jalankan Android 10, My UX—nama tampilan antarmuka terbaru Motorola tetap hadirkan fitur yang telah lama menjadi ciri khas. Sebut saja Moto Glance serta gestur mudah untuk nyalakan lampu kilat dan aktivasi kamera.

Harga Moto G 5G Plus

Moto G 5G Plus

Tak bakal hadir di Amerika Serikat, Moto G 5G Plus sudah tersedia untuk konsumen di Eropa. Dalam beberapa bulan kedepan, Motorola bakal luncurkan smartphone ini di Arab Saudi dan wilayah Uni Arab Emirat. Varian termurah dengan memori 4GB+64GB dijual seharga 349 Euro (Rp5,7 jutaan), sementara versi 6GB+128GB sedikit lebih mahal di 399 Euro (Rp6,5 jutaan).

Harga tersebut bisa dibilang kompetitif jika dibandingkan smartphone 5G kelas menengah lain, terutama yang juga hadir di Eropa. Dengan harga yang serupa, Xiaomi Mi 10 Lite 5G berikan layar lengkung AMOLED, namun tanpa refresh rate tinggi serta kapasitas baterai yang lebih kecil di 4,160 mAh.