Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Motorola razr 5G Bakal Dilengkapi Slot Kartu nano SIM

0 3.414

Motorola sempat bikin ramai dunia smartphone dengan perilisan Motorola razr di akhir 2019 kemarin. Menjadi sebuah ponsel lipat yang sangat ikonik, Motorola teruskan desain lawas dan menggabungkannya dengan teknologi mutakhir. Motorola razr generasi terbaru hadir dengan layar lipat di dalamnya, terlihat jauh lebih futuristik, namun dengan spesifikasi yang kurang nendang.

Dijual seharga Rp24 jutaan di India, smartphone ini gunakan chipset kelas menengah Snapdragon 710. Spesifikasi dan ulasan kameranya pun cenderung mengecewakan. Untuk itu, Motorola nampak sedang persiapkan varian baru, Motorola razr 5G. Dengan dukungan jaringan terbaik, smartphone ini bakal hadir dengan beragam peningkatan termasuk di sektor kameranya. Apa saja yang berbeda?

Baca juga: Flagship Motorola Edge Series Gunakan Waterfall Display & Kamera 108MP

Spesifikasi Motorola razr 5G Dibocorkan Oleh Evan Blass

Informasi ini didapat dari seorang pembocor informasi kenamaan di jagat Twitter, @evleaks. Melalui sebuah foto yang diunggah Evan dengan isi twit “Motorola Odyssey”, ia menunjukkan sebuah tabel berisi spesifikasi kunci dari Motorola razr 5G terbaru. Dari tabel tersebut, hal yang masih sama adalah dimensi layarnya yang memiliki bentang 6,2 inci. Smartphone ini juga bakal hadir tanpa sertifikasi IP rating untuk ketahanan air.

Motorola razr 5G juga bakal miliki kapasitas memori penyimpanan lebih besar. Kalau generasi sebelumnya hanya 128GB saja, razr 5G naik dua kali lipat ke 256GB. Fakta menarik lainnya adalah opsi penggunaan kartu SIM-nya, mengingat generasi pertama hanya mendukung e-SIM, alias tanpa slot SIM fisik sama sekali.

Hal tersebut cukup mengganggu terutama di beberapa negara yang belum semua operator telekomunikasi memiliki opsi tersebut, seperti di Indonesia. Nah, nantinya Motorola razr 5G bakal dukung dual SIM. Satu e-SIM dan satu slot fisik untuk nano SIM, membuatnya lebih fleksibel untuk dijual di lebih banyak pasar secara global.

Resolusi kamera utamanya juga meningkat. Dari yang semula 16MP dan hanya setara kamera smartphone kelas menengah, menjadi 48MP dengan teknologi quad-bayer. Motorola razr 5G bakal memiliki sebuah lensa tambahan, yang belum diinformasikan apakah itu sebuah lensa ultra wide-angle atau telefoto. Sementara resolusi kamera depannya juga ditingkatkan menjadi 20MP.

Selain Mahal, Penjualan Motorola razr 2019 Sempat Ditunda

motorola razr 5G
Motorola razr yang diperkenalkan 2019 lalu.

Motorola menunda penjualan smartphone lipat canggih pertamanya kemarin. Diperkenalkan pada bulan November, Motorola razr 2019 tak kunjung tersedia sampai Februari. Sama halnya dengan di India, diperkenalkan bulan Maret dan baru resmi dijual bulan Mei. Ini dikarenakan adanya masa pandemi Covid-19 yang menghambat distribusi perangkat, terutama pemerintah India yang menerapkan sistem lockdown saat itu.

Juga jangan berharap jika Motorola razr 5G bakal hadir resmi di Indonesia. Seri terakhir yang hadir hanyalah Z2 Play dan G5s Plus, sementara akun Twitter resminya terakhir mengirim twit pada Maret 2018 lalu. Namun setidaknya dengan hadirnya slot nano SIM, fans berat Motorola yang ingin mengimpor smartphone ini dari luar, bakal bisa menggunakannya di Indonesia.