Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy A32 Dirilis, 5G Paling Murah di Rp4 Jutaan

0 3.697

Selang satu hari sebelum perilisan lini flagship terbarunya, Samsung Electronics memutuskan untuk memperkenalkan smartphone 5G terjangkau untuk wilayah Eropa. Debut dengan nama Samsung Galaxy A32 5G, perangkat tersebut menggunakan kombinasi desain yang unik, gabungkan estetika lama dan baru sekaligus.

Peluncuran Samsung Galaxy A32 5G bisa dibilang mengikuti tren beberapa brand smartphone lainnya seperti realme, Motorola maupun yang terbaru, TCL. Di regional tersebut, 5G memang sudah cukup umum dan banyak diminati oleh konsumen. Ditambah dengan tren konten video beresolusi tinggi, gim daring serta penggunaan platform video call yang terus naik belakangan ini.

Galaxy A32 5G adalah smartphone termurah dari Samsung yang dukung konektivitas paling kencang tersebut. Supaya harganya terjangkau, Samsung terpaksa untuk “memotong” beberapa bagian spesifikasi yang dirasa tidak terlalu esensial demi menekan harga. Hasilnya sendiri masih cukup oke, setidaknya secara spesifikasi di atas kertas.
Baca juga: Bocoran Harga Galaxy S21 di Indonesia, Bakal Dijual Tanpa Charger

Spesifikasi Samsung Galaxy A32 5G

Samsung Galaxy A32 5G

Desain Samsung Galaxy A32 5G mungkin terlihat cantik namun agak nanggung. Pada bodi belakangnya, kita dapat melihat peletakan kamera yang sudah sama persis dengan Galaxy S21 Ultra. Bedanya, seluruh sensor dibuat rata dengan bodi yang punya ketebalan 9,1mm tersebut, jadi nilai plus tersendiri.

Sayangnya, tak diimbangi dengan tampilan layar depan yang juga modern. Penggunaan Infinity-V display membuat Galaxy A32 5G terlihat seperti smartphone lawas. Spesifikasi panelnya pun agak pas-pasan; berdimensi 6,5 inci IPS dan beresolusi HD+. Sensor sidik jari disematkan dengan tombol power pada sisi kanan bodi.

Urusan dapur pacu, Samsung hanya menuliskan prosesor octa-core dengan konfigurasi 2+6, masing-masing 2 GHz. Diduga chipset yang digunakan adalah MediaTek Dimensity 720 yang juga banyak digunakan untuk smartphone 5G murah. Terdapat opsi RAM mulai 4/6/8GB, dengan penyimpanan internal 64/128GB plus slot kartu microSD sampai 1TB.

Spesifikasi kameranya sendiri cukup mumpuni; empat sensor di belakang dan 13MP f/2.2 di depan. Sensor utamanya beresolusi 48MP f/1.8, ditemani sensor 8MP f/2.2 ultra wide-angle fixed focus, sensor 5MP untuk foto jarak dekat dan 2MP depth sensor.

Kapasitas baterainya sendiri 5,000 mAh, didukung oleh pengisian daya 15 watt lewat port USB-C. Dan demi tingkatkan pengalaman saat konsumsi konten visual, Galaxy A32 5G juga sudah didukung dengan efek Dolby Atmos.

Harga Samsung Galaxy A32 5G

Samsung Galaxy A32 5G

Didesain untuk anak muda, Samsung Galaxy A32 5G hadir dengan empat opsi warna menarik; Awesome Black, Awesome White, Awesome Blue dan Awesome Violet. Smartphone ini bakal tersedia di Eropa pada 12 Februari mendatang, dan belum ada informasi mengenai ketersediaannya di wilayah lain.

Varian dengan memori 64GB dijual seharga 279 Euro (Rp4,7 jutaan), sementara versi 128GB di 299 Euro (Rp5,1 jutaan). Harga yang tergolong kompetitif, meski bila tidak membutuhkan jaringan 5G, bakal terasa jauh lebih cocok bila konsumen memilih opsi lain seperti Samsung Galaxy M51.