MacBook Pro M1 & Air M1 Dijual di iBox, Harga Mulai Rp17 Jutaan

2 4.184

Yang dinanti-nanti oleh para penggemar produk Apple maupun mereka yang sudah terbiasa dengan ekosistem macOS telah tiba. Duo perangkat laptop terbaru Apple, yaitu MacBook Pro M1 & Air M1 akhirnya tersedia resmi dari salah satu peritel resmi di Tanah Air, iBox Indonesia. Keduanya hadir tak lama setelah laman produknya dipajang lebih dulu.

MacBook Pro M1 adalah salah satu laptop paling powerful yang disiapkan oleh Apple, pertama dengan Apple M1, alias prosesor rancangan sendiri. Sementara MacBook Air M1 juga gunakan prosesor yang sama, tidak kalah powerful, hanya saja dalam bodi yang jauh lebih tipis dan ringan. Keduanya hadir dalam dua opsi memori yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Yang menarik, harganya tidak jauh berbeda dengan harga yang dipasarkan secara global. Sama seperti iPhone 12 series, harga MacBook Pro M1 & Air M1 varian resmi justru lebih murah dari harga unit luar yang sempat dijual lebih dulu di e-commerce. Meski kini selisih harga terbarunya sudah tidak banyak.’

Harga Resmi Apple MacBook Pro M1 & Air M1

Harga MacBook Air M1 di iBox Indonesia.

Langsung saja, berikut daftar harga MacBook Pro M1 & Air M1 resmi di Indonesia:

  • MacBook Air M1 13,3″ (256GB): Rp16,999 Juta
  • MacBook Air M1 13,3″ (512GB): Rp21,799 Juta
  • MacBook Pro M1 13,3″ (256GB): Rp21,799 Juta
  • MacBook Pro M1 13,3″ (512GB): Rp25,099 Juta

Berbeda dengan smartphone, selisih antar kapasitas penyimpanan untuk sebuah laptop memang jauh lebih besar, lebih dari Rp3 juta untuk masing-masing varian. Untuk MacBook Air M1, konsumen dapat memilih dalam tiga opsi warna yaitu Gold, Silver dan Space Grey. Sementara untuk MacBook Pro M1, hanya dua opsi warna saja tanpa pilihan warna Gold.

Dan sebagai catatan, khusus di MacBook Air M1, varian memori penyimpanan 256GB memiliki GPU 7-core, berbeda dengan varian 512GB dan kedua varian MacBook Pro M1 yang punya GPU 8-core. Seharusnya, perbedaan tidak bakal terasa signifikan. Hanya saja bila kamu mengejar performa grafis paling tinggi, harus memilih varian 512GB.

MacBook Pro M1 Hadir Untuk Performa Maksimal

Atau juga pilih MacBook Pro M1, yang punya performa keseluruhan lebih baik. Meski prosesor yang digunakan sama, tentunya Apple M1 di varian MacBook Pro bakal jalan lebih kencang, mengingat laptop tersebut dilengkapi dengan kipas di dalamnya. Sehingga kemampuan maksimalnya bisa dijalankan, tanpa limit thermal untuk jaga suhu di MacBook Air M1 yang tanpa kipas sama sekali.

Gunakan prosesor buatan sendiri, MacBook Pro M1 diklaim punya performa 2,8 kali lebih cepat saat compile kode di aplikasi Xcode, maupun render 3D komples di Final Cut Pro 5,9 kali lebih cepat. Plus memutar video 8K di aplikasi DaVinci Resolve tanpa ada frame drop sama sekali.

Namun memang sayangnya, opsi yang tersedia secara resmi sementara baru dengan varian RAM 8GB, belum ditemukan opsi pembelian dengan RAM 16GB di situs iBox Indonesia saat ini. Selain performa, kualitas kamera diklaim lebih baik berkat ISP dari Apple M1. Dan meningkat dua kali dari varian Intel, MacBook Pro M1 bisa digunakan untuk streaming video di Apple TV+ hingga 20 jam (& penggunaan browsing 17 jam).

Sebelumnya pada bulan November 2020, Erajaya Group telah mengumumkan bila MacBook Air dan MacBook Pro juga tersedia di gerai resmi mereka selain iBox Indonesia. Dua gerai lainnya adalah Erafone dan Urban Republic, di mana masing-masing menjual smartphone dan produk lifestyle. Dengan begitu, konsumen bakal bisa lebih mudah mendapatkan baik MacBook Pro M1 & Air M1 bergaransi resmi.