Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

iBox Pajang Harga Resmi Apple Watch Series 6 & Watch SE

1 3.386

Sepanjang 2020, Apple cukup banyak merilis produk baru, di mana gelaran acaranya dibuat terpisah dan berbeda dari sebelumnya. Dengan adanya pandemi, acara diadakan secara virtual. Yang berbeda, iPhone 12 series hadir sangat cepat di Tanah Air. Bahkan melewati produk aksesorinya yaitu Apple Watch Series 6 & Watch SE.

iPhone 12 & 12 Pro sendiri diumumkan pada bulan Oktober, dan hanya membutuhkan jarak waktu sekitar dua bulan saja sampai konsumen di Indonesia bisa membeli secara resmi. Sementara Apple Watch Series 6 & Watch SE yang meluncur pertengahan September, hingga kini belum ada info ketersediaan secara resmi.

Meski memang belum keluar tanggalnya, setidaknya kini muncul informasi bila smartwatch paling canggih dari Apple tersebut bakal hadir di Indonesia. Bahkan mungkin tidak lama lagi, mengingat salah satu peritel resminya sudah munculkan halaman produk, lengkap dengan harga untuk masing-masing varian. Seberapa mahal?

Baca juga: Apple Watch Series 6 Rilis Bersamaan dengan Versi Murah, Watch SE

Harga Resmi Apple Watch Series 6 & Watch SE

banner apple watch series 6 se ibox
Banner Apple Watch Series 6 & SE sudah muncul di situs iBox Indonesia.

Ya, kali ini, Apple merilis smartwatch terbarunya dalam dua varian. Versi terbaiknya, Apple Watch Series 6 dihadirkan bagi mereka yang inginkan smartwatch paling baik dari Apple. Sementara untuk pengguna yang sekadar membutuhkan fitur-fitur esensial saja, tanpa pengukuran saturasi oksigen dalam darah (SpO2), hadir Apple Watch SE yang punya tampilan persis Apple Watch Series 3.

Lalu berapa harga dari masing-masing varian? Berikut adalah daftarnya untuk tiap tipe lengkap untuk tiap dimensinya, diambil dari laman iBox.co.id:

  • Apple Watch Series 6 (40mm): Rp8 juta
  • Apple Watch Series 6 (44mm): Rp8,5 juta
  • Apple Watch SE (40mm): Rp5,5 juta
  • Apple Watch SE (44mm): Rp6 juta

Ada beberapa poin menarik yang bisa disimpulkan dari daftar harga di atas. Apple Watch Series 6 hadir sebagai Apple Watch termahal, bahkan melebihi harga jual iPhone SE (2020). Lebih mahal sekitar Rp2,5 juta dari Watch SE, masing-masing ukuran juga punya selisih harga yang relatif tipis, hanya berbeda Rp500 ribu saja.

Dikutip dari MakeMac, Apple Watch Series 6 & Watch SE yang hadir resmi di Tanah Air hanya varian tipe GPS only, alias bukan yang mendukung jaringan seluler. Material bahan bodinya pun hanya yang aluminium saja. Varian SE tersedia dalam tiga opsi warna; Gold, Silver dan Space Gray.

Sementara Apple Watch Series 6 jauh lebih banyak; Blue, Gold, Silver, Space Gray dan (PRODUCT) RED. Juga termasuk varian edisi khusus Nike, dengan warna Silver dan Space Gray. Varian Nike hadir dengan watch face yang sedikit berbeda, serta desain strap yang punya ciri khas tersendiri.

Perbedaan Apple Watch Series 6 & Watch SE

Apple Watch Series 6

Bila dibandingkan dengan Series 5, Apple Watch Series 6 punya prosesor A13 Bionic yang 20% lebih kencang, plus layar 2,5 kali lebih terang. Dan dengan sensor baru, Apple bisa mengejar ketertinggalan dengan hadirkan fitur seperti pengukuran SpO2 dan fitur ECG. Ditambah dengan cip U1, perangkat ini bisa dimanfaatkan sebagai kunci mobil digital.

Apple Watch SE

Sementara Apple Watch SE gunakan basis dari Series 3, dengan dimensi layar lebih besar alias bezel yang lebih tipis. Chipset-nya sama dengan Series 5, namun belum mendukung fitur always-on display pada layarnya. Serta belum bisa ukur kadar SpO2 maupun VO2 Max. Fitur seperti altimeter, fall detection dan deteksi gerakan cuci tangan otomatis masih tersedia.

Tentunya, untuk pengalaman yang paling baik, akan lebih pas untuk menggunakan varian dengan diameter 44mm. Selain layar lebih besar, daya tahan baterainya pun juga lebih lama, mengingat dimensi fisiknya yang mungkinkan perangkat untuk punya fisik baterai lebih besar. Meski sekarang prosesornya sudah dibuat lebih efisien.

Tunjukkan Komen (1)