Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Inilah Daftar Smartphone Samsung yang Dapatkan Jaminan 3 Tahun Update OS

0 1.623

Ketika konsumen memutuskan untuk membeli sebuah smartphone Android, umumnya harus memilih di antara dua pilihan; mau pilih smartphone dengan stock Android supaya terus dan cepat mendapatkan pembaruan perangkat lunak (software), atau yang kaya fitur tapi pembaruan OS-nya lebih lambat. Untuk yang pertama, bisa memilih antara seri Android One atau Google Pixel.

Sedangkan pilihan kedua umumnya jatuh ke smartphone dengan tampilan antarmuka MIUI, ColorOS atau OneUI. Khusus yang terakhir, sudah lama jika image smartphone Samsung paling jarang dapat update OS, terutama di seri kelas menengahnya. Namun kini, pabrikan asal Korea Selatan sendiri baru saja mengumumkan jika seri flagship-nya bakal dapat jaminan tiga tahun update OS.

Kabar tersebut cukup membahagiakan, membuat Samsung Galaxy Note20 series bisa disejajarkan dengan Google Pixel, OnePlus maupun smartphone rilisan Nokia yang memang terbaru dalam mendapat software update. Namun ternyata tak berhenti sampai di situ. Samsung juga berikan list Galaxy A-series yang bakal mendapatkan privilese serupa.

Baca juga: Masuki Era Next Normal, Samsung Boyong Empat Perangkat Galaxy Terbaru ke Indonesia

Update OS 3 Tahun Meliputi Samsung Galaxy S Series & A Series

Samsung 3 years OS Update

OS update yang dimaksud adalah pembaruan yang menghadirkan fitur serta patch keamanan terbaru. Belum diketahui pasti apakah dengan begini, smartphone Samsung yang rilis dengan Android 9 Pie seperti Galaxy S10 bakal mendapat pembaruan sampai Android 12, atau sekadar OneUI-nya saja. Untuk lengkapnya, berikut adalah daftar smartphone Android Samsung yang bakal dapat update OS sampai 3 tahun:

  • Galaxy S Series
    • Galaxy S20 Ultra, Galaxy S20 Plus, Galaxy S20, Galaxy S10 Plus, Galaxy S10, Galaxy S10e, Galaxy S10 Lite
  • Galaxy Note Series
    • Galaxy Note20 Ultra, Galaxy Note20, Galaxy Note10 Plus, Galaxy Note10, Galaxy Note10 Lite
  • Galaxy Z Series
    • Galaxy Z Fold2, Galaxy Z Flip, Galaxy Fold
  • Galaxy A Series
    • Galaxy A71, Galaxy A51, Galaxy A90
  • Galaxy Tab S Series
    • Galaxy Tab S7+, Galaxy Tab S7, Galaxy Tab S6, Galaxy Tab S6 Lite

Yang tidak masuk di dalam list, bukan berarti tidak mendapat update OS sama sekali ya. Samsung belakangan juga sudah telah perbaiki sistem pembaruan perangkat lunaknya. Sebut saja Galaxy A7 (2018) yang masih mendapatkan tampilan antarmuka One UI 2.0. Sudah lumayan banget ketimbang dahulu yang bisa-bisa tidak mendapat versi Android baru, alias hanya perbaikan bug dan keamanan saja.

Galaxy A51 & A71 Bawa Fitur Kamera Baru Dari Seri Flagship

Galaxy A51 A71 Haze Crush Silver

Sebelumnya, Samsung Indonesia sendiri telah merilis Galaxy A51 & A71 dalam opsi warna baru, Haze Crush Silver. Kedua produk tersebut membawa OneUI versi terbaru, dengan dua fitur kamera tambahan yang awal mulanya hanya ada di seri flagship rilisan tahun ini. Yaitu mode professional dimana pengguna dapat atur kecepatan rana sampai ISO, serta mode Single Take untuk memudahkan pengambilan momen instan.

Namun pengguna Galaxy A51 & A71 versi warna lain tidak perlu khawatir, karena fitur kamera baru beserta lainnya juga tetap bakal dihadirkan lewat update OS dari Samsung. Cukup mengesankan mengingat seri smartphone yang sudah banyak dirilis sepanjang tahun 2020 sendiri, namun Samsung masih dapat menggelontorkan pembaruan perangkat lunak untukl lini kelas menengahnya.