Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy A52 & A52 5G Diluncurkan, Kini Kembali Tahan Air

0 10.414

Setelah dari awal tahun ngebut rilis smartphone kelas entri dan flagship, kini saatnya pabrikan asal Korea Selatan yang satu ini hadirkan smartphone unggulannya di kelas menengah. Lewat sebuah acara daring, Samsung baru saja merilis Galaxy A52, A52 5G & Galaxy A72 sekaligus. Mengusung desain yang identik.

Lewat Galaxy A52, Samsung ingin menghadirkan inovasi terbaik mereka ke lebih banyak konsumen. Kedua (well, ketiga) smartphone ini membawa fitur-fitur yang diturunkan dari Galaxy S21. Sebut saja layar dengan refresh rate tinggi, kamera dengan sensor utama ber-OIS, serta layar dengan refresh rate tinggi.

Menariknya, meski diperkenalkan secara global, baik Samsung Galaxy A52 langsung mulai dijual secara pre-order di Indonesia. Seperti biasa, Samsung Indonesia berikan banyak bonus dan benefit bagi konsumen yang hendak memesannya dulu. Sebelum memutuskan, berikut spesifikasi dan keunggulan masing-masing seri kelas menengah terbaru dari Samsung di 2021 ini.

Keunggulan Samsung Galaxy A52 & A52 5G

Samsung Galaxy A52

Khusus Galaxy A52, Samsung hadirkan dua versi yang bisa dipilih oleh konsumen; versi 4G dan 5G. Perbedaan kedua seri hanya ada pada refresh rate layar dan chipset yang digunakan, sementara desain dan spesifikasi lain sama persis.

Bodi luarnya menggunakan bahan polikarbonat dengan finishing matte, punya bobot 189 gram dengan ketebalan 8,4mm. sementara layar depannya berdimensi 6,5 inci AMOLED FHD+. Varian 4G punya refresh rate 90Hz, sementara versi 5G di 120Hz.

Dengan kapasitas RAM hingga 8GB dan memori internal hingga 256GB, Galaxy A52 gunakan chipset Snapdragon 720G, sementara versi 5G lebih bertenaga dengan Snapdragon 750G. Baterainya sama-sama 4,500 mAh, mendukung 25W fast charging (meski pengisi daya bawaan hanya 15W).

Yang menarik, setup kamera utamanya memiliki peningkatan signifikan. Secara resolusi memang masih sama, 64MP f/1.8, namun kali ini dilengkapi dengan OIS. Juga mendukung teknologi tetra-binning untuk hasilkan foto 16MP berkualitas tinggi.

Untuk mode malamnya, algoritma multi frame bakal digunakan agar mengambil 12 frame secara instan, digabungkan menjadi satu untuk mengurangi noise dan tingkatkan kualitas foto secara keseluruhan. Sementara tiga sensor lainnya adalah 12MP f/2.2 ultra-wide, 5MP makro serta 5MP depth sensor.

Apalagi peningkatan lainnya? Kali ini, Galaxy A52 series dibuat tahan air dan debu dengan sertifikasi IP67. Untuk nikmati konten multimedia, disematkan setup speaker stereo. Samsung juga janjikan tiga kali pembaruan OS dan empat tahun pembaruan keamanan untuk software-nya.

Harga Samsung Galaxy A52 di Indonesia

Samsung Galaxy A52

Untuk konsumen di Indonesia, yang tersedia hanya varian 4G saja, belum ada informasi apakah versi 5G bakal menyusul kemudian hari atau tidak. Harganya? Rp4,999 juta untuk memori 128GB dan Rp5,399 juta (256GB).

Penjualan perdananya dimulai saat ini, 17–19 Maret 2021 lewat situs e-dagang Shopee Indonesia. Selama masa promo, konsumen berhak mendapatkan satu buah Samsung Galaxy Buds Plus, plus paket dari dari IM3 Ooredoo serta akses VIU premium.

Tinggalkan komen