Truecaller Catat Orang Indonesia Terima 18 Kali Panggilan Spam Setiap Bulannya

Jakarta, Gizmologi – Truecaller aplikasi smartphone dengan fitur identifikasi nomor telepon, menyebutkan orang Indonesia menerima 18,3 kali panggilan spam setiap bulannya. Berdasarkan data tersebut, membuat Indonesia menghadapai ancaman panggilan spam terbesar di Asia dan menempati peringkat enam dunia.

Global Head of Corporate Communications di Truecaller Hitesh Raj Bhagat menyebutkan, pada 2020 perusahaan berhasil memblokir dan mengidentifikasi 31,3 miliar panggilan spam dan 12,8 miliar SMS spam secara global. Sedangkan jenis kejahatan siber yang paling umum terjadi adalah penipuan.

“Sebagai platform global verifikasi kontak dan memblokir komunikasi tidak diinginkan, kami berharap kampanye ini dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya keamanan berkomunikasi,” kata Raj dalam keterangan resmi yang diterima.

Lebih lanjut, Hitesh menuturkan, peningkatan kesadaran publik terhadap ancaman telepon dinilai penting karena potensi kerugian yang ditimbulkan. Mengingat total kerugian yang disebabkan oleh penipuan spam pada 2019 dilaporkan mencapai lebih dari Rp144 miliar.

Baca Juga: Tips Menghindari Modus Penipuan di WhatsApp

Sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, pasar Indonesia menjadi fokus utama Truecaller di kawasan ini. Kehadiran Truecaller diharapkan membantu para pengguna di Indonesia menangani masalah ini sehingga komunikasi menjadi lebih aman dan efisien.

Truecaller memiliki kapasitas dan keahlian yang tepat untuk mengukur dan memenuhi permintaan pengguna. Khususnya di era digital dengan penipuan terhadap transaksi elektronik semakin merajalela.

“Kami ingin memungkinkan percakapan yang aman dan nyaman di antara pengguna serta sangat efisien bagi bisnis untuk terhubung dengan konsumen,” ujarnya.

Truecaller memiliki hampir 280 juta pengguna aktif dari seluruh dunia. Dengan jumlah pengunduh lebih dari 500 miliar kali. Perusahaan asal Swedia ini memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan aman dan efisien.

Hal ini dengan adanya layanan identifikasi penelpon (caller ID) dan deteksi spam (spam blocking). Selain itu, Truecaller juga memfasilitasi solusi komunikasi lainnya bagi 280 juta pengguna individu dan 500 klien perusahaan.

Tinggalkan komen