Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sambut Ramadan, Aplikasi umma Hadirkan 3 Fitur Baru untuk Ibadah #DiRumahAja

1 7.473

Platform media sosial seperti umma adalah salah satu dari sekian banyak cara yang bisa kita gunakan agar tetap bisa terhubung, meski dalam situasi pandemi seperti saat ini. Dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pemerintah membatasi segala bentuk kegiatan di tempat umum, termasuk kegiatan keagamaan.

Sebagai platform media sosial umat Islam asal Indonesia, umma menghadirkan beberapa fitur spesial demi menawarkan kemudahan bagi kaum muslim. Baik dalam beribadah, belajar, berinteraksi serta membagikan informasi antar sesama, khususnya pada bulan Ramadan sekarang ini.

Indra Wiralaksana, co-founder & CEO umma, mengatakan jika saat ini adalah penting bagi umat muslim memaksimalkan kegiatan beribadah dari rumah di tengah kebijakan PSBB, yang membuat tidak dimungkinkannya pertemuan langsung di tempat umum.

Dari hasil pengamatannya sejak himbauan untuk melakukan physical distancing, pengguna aplikasi umma merindukan kajian-kajian majelis ilmu. “Sesuai misi kami, umma sebagai media sosial umat Islam terbesar di Indonesia siap membantu umat muslim Indonesia untuk terus bersama-sama menjadi muslim yang lebih baik (khairu ummah), melalui pemanfaatan teknologi untuk beribadah selama di rumah,” ujar Indra pada siaran pers di Jakarta (22/4).

Baca juga: uClass, Platform E-learning untuk Belajar Agama dengan Tarif Premium

Umma Ajak Umat Muslim Tetap Beribadah #diummaaja

aplikasi umma #diummaaja

Bagi yang masih belum familiar, umma adalah platform media sosial umat Islam berbasis teknologi kecerdasan buatan yang didirikan anak muda Indonesia pada April 2019. Aplikasi ini dikembangkan dengan tujuan untuk membantu umat Islam beribadah dan berbagi kebaikan dengan pemanfaatan teknologi.

umma menyediakan beragam fitur penunjang ibadah seperti Al-Qur’an dan terjemahan, Penunjuk Arah Kiblat dan Waktu Salat.  Sebagai platform media sosial, pengguna dapat berbagi kebaikan dengan mengunggah konten-konten Islami di umma.

Aplikasi umma punya beberapa fitur esensial yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna umat muslim. Fitur penunjang utama seperti jadwal salat, penunjuk arah kiblat berbasis GPS serta Al-Quran tersedia di dalam aplikasi. Selain fitur tersebut, umma menyiapkan beberapa fitur spesial untuk memaksimalkan ibadah umat muslim di rumah selama bulan Ramadan.

Melalui tagar ‘#diummaaja’, aplikasi umma mengajak penggunanya untuk tetap beribadah dan melakukan hal bermanfaat lainnya meski tetap berkegiatan di rumah.

Sejak diluncurkan pada April 2019, aplikasi umma telah diunduh oleh lebih dari 8 juta pengguna, dengan pertumbuhan pengguna aktif mencapai 400% sejak Ramadan tahun lalu. “Jelang Ramadan 1441 H, platform umma siap mendukung umat Islam di Indonesia supaya bisa beribadah #diummaaja dengan lebih maksimal,” ujar Indra.

3 Fitur Baru Umma Menyambut Ramadan

Selain fitur penunjang ibadah utama seperti jadwal salat, penunjuk arah kiblat berbasis GPS dan Al-Qur’an, umma menyiapkan beberapa fitur spesial untuk memaksimalkan ibadah umat muslim di rumah selama bulan Ramadan kali ini, yakni:

Satu, Fitur jurnal ibadah harian dihadirkan sebagai pengingat bagi pengguna umma untuk melakukan kegiatan ibadah sehari-hari. Penanda pencapaian ibadah berupa lencana berdasarkan aktivitas pengguna juga diluncurkan, dengan misi ibadah seperti membaca Al-Quran selama 30 menit dalam 5 hari berturut-turut. Nantinya umma juga bakal hadirkan misi lain seperti pembuatan kartu ucapan elektronik, yang dapat dibagikan melalui media sosial.

Dua, Fitur Klinik Baca AlQuran. Untuk lebih menyemarakkan Ramadan di rumah, umma juga akan mengadakan program One Day One Juz setiap waktu berbuka puasa di aplikasi.  Dan melalui Klink Tahsin Baca Qur’an, pengguna dapat mengecek kaidan pembacaan secara rartil, tajwid dan sesuai ejaan huruf.

Tiga, Fitur Live Streaming Kajian di umma. Mengurangi rasa rindu untuk hadir di majelis ilmu atau pesantren kilat yang biasanya dilakukan setiap Ramadan, umma menghadirkan fitur Live Streaming. Fitur siaran langsung kajian ini memfasilitasi pengguna umma untuk dapat berdiskusi maupun melakukan tanya jawab dengan ustaz langsung dari aplikasi umma. Materi akan disampaikan oleh ustaz berpengalaman melalui fitur Live Streaming di umma pada waktu sahur dan menjelang buka puasa.


Artikel ini juga tersedia dalam versi Bahasa Inggris, silakan kunjungi Gizmologi.com