Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Versi Terbaru BBM Messenger Tampilkan 5 Update Ini

0 363

Ping! Pengguna BBM Messenger bersiaplah memperbaharui aplikasi chatting kalian. Ada setidaknya lima update pada versi terbaru BBM Messenger yang bakal memanjakan aktivitas kalian di BBM.

Versi terbaru BBM Messenger menampilkan banyak perubahan dan perbaikan, tak hanya pada gawai di tangan tetapi juga desktop. Hal ini membuat BBM Messenger bisa digunakan pada banyak platform. Sebelum melakukan update ke versi terbaru BBM Messenger, yuk disimak dulu apa lima update penting tersebut:

1. Anggota Grup Kini Bisa Hingga 300 Orang

Sementara biasanya grup dibatasi hingga 50 orang, pada versi terbaru BBM Messenger grup bisa menampung hinga 300 orang bagi pengguna Android dan iOS. Setiap kali pengguna membuat grup baru di BBM versi terbaru, pengguna akan mendapatkan pilihan untuk tetap menggunakan pengaturan versi sebelumnya, yakni dengan kapasitas 50 orang, atau pengaturan baru, dengan kapasitas 300 orang.

Pada versi terbaru BBM Messenger, tiap anggota grup juga bisa melihat status kiriman mereka di grup, apakah sudah terkirim/delivered (D) dan dibaca/read (R). Untuk melihat status, tekan lama pesan yang dikirim oleh pengguna pada halaman obrolan dan pilih Info.

2. BBM Desktop Beta Telah Tersedia

Berbarengan dengan versi terbaru BBM Messenger ini, pihak BBM mengumumkan telah meluncurkan BBM Desktop beta untuk pengguna Android.

Dengan demikian, obrolan bisa dilakukan pada desktop sehingga chatting kini bisa lancar di semua jenis perangkat.

Untuk saat ini, BBM Desktop beta hanya akan tersedia untuk beberapa pengguna tertentu.

Berikut cara untuk menggunakan BBM Desktop beta:

  1. Pengguna Android tertentu akan melihat ikon BBM desktop pada tab “Me”.
  2. Klik tautan untuk membuka barcode scanner.
  3. Buka bbmessaging.com di desktop dan scan barcode.

Jika pengguna tidak melihat ikon “Desktop” pada BBM, tidak perlu khawatir, BBM akan segera meluncurkan versi lengkap untuk seluruh pengguna dan akan segera memberi tahu pengguna segera setelah versi tersebut siap digunakan.

Dengan versi desktop beta ini pengguna di antaranya dapat memilih untuk melihat semua obrolan mereka dalam daftar atau grup, mencari kontak untuk melakukan obrolan baru dan mencari obrolan tertentu dari bilah penelusuran.

BBM Messenger akan bisa digunakan pada semua platform. Foto oleh iphonehacks.com
3. Untuk Android: Berbagi Lebih Banyak Dokumen, Tampilkan Paket Stiker

Update ke-3 dalam versi terbaru BBM Messenger khusus dirasakan bagi pengguna Android. Kini, pemakai Android bisa berbagi jenis dokumen apa pun lebih cepat melalui obrolan 1:1 dan Grup. Dalam obrolan 1:1, ini adalah peningkatan dari yang telah ada sebelumnya sehingga pengguna dapat mengirim dan menerima PDF, file Microsoft office, RAR dan file ZIP, bahkan ke pengguna versi lama BBM. Selama pengirim memiliki BBM terbaru, file akan diproses.

Untuk pengguna Android, ketika pengguna mendapatkan stiker BBM, pengguna dapat memberi tahu teman dan keluarga untuk melihat contoh. Setiap kali pengguna mengunduh paket stiker baru, mereka mempunyai pilihan untuk berbagi preview pada timeline. Klik OK, dan BBM akan mengurus sisanya.

4. Untuk iOS: Kelola Penyimpanan, Panggil dari Kontak, Tanggapi Lebih Cepat

Update yang berikutnya dalam versi terbaru BBM Messenger turut merangkul pengguna iOS agar mengirim foto, GIF, pesan suara video dan dokumen dalam obrolan pengguna tak lagi menghabiskan banyak ruang penyimpanan setelah beberapa saat. Mereka dapat mengelola penyimpanan berdasarkan atas jenis konten dalam obrolan individu.

Caranya: Buka Pengaturan > Penggunaan Data dan Penyimpanan > Penggunaan Penyimpanan, dimana pengguna dapat melihat obrolan yang diurutkan berdasarkan ruang yang mereka konsumsi (terbesar di atas). Pilih obrolan untuk melihat rinciannya dan putuskan apa yang harus disimpan dan apa yang harus dihapus dari daftar.

Versi terbaru BBM Messenger juga lebih terintegrasi dengan aplikasi iOS awal penggguna. Kini pengguna dapat melakukan panggilan BBM Voice dan Video dari Kontak. Cukup pilih kontak, dan tekan lama panggilan atau ikon video, dan pilih BBM.

Pengguna tentu melihat notifikasi BBM yang muncul di bagian atas layar ketika menerima pesan. Sekarang, notifikasi sudah menjadi lebih pintar. Kini pengguna dapat melihat pesan, membalas dengan cepat atau mematikan semua dari bar notifikasi, tanpa harus membuka BBM. Saat notifikasi muncul, ketuk untuk membuka opsi baru.

Baca juga: Rumor: Apple Sedang Persiapkan Fingerprint Scanner Ultrasonik

5. Ubah Tampilan BBMoji! Akses Baru Tab “Me”

Versi terbaru BBM Messenger pun dibuat agar lebih seru dengan update bagian stiker-nya. Baik pengguna Android dan iOS kini dapat memperbarui stiker BBMoji pribadi mereka, mengedit apa yang sudah dimiliki pengguna, atau menambahkan selfie baru. Pengguna dapat membuat perubahan lebih cepat dari sebelumnya sebab sudah dapat mengakses BBMoji dari tab “Me”. Pada tab “Me”, cukup klik BBMoji untuk mengganti selfie lama pengguna dengan yang baru.

Untuk menikmati seluruh update, pengguna sudah bisa meningkatkan aplikasi BBM melalui Google Play atau App Store.