WhatsApp Tambah Fitur Cadangan Terenskripsi End-to-End

Jakarta, Gizmologi – WhatsApp memiliki cara baru untuk konten penyimpanan yang dikirimkan tak bisa dilihat atau dicuri orang. Hal ini memungkinkan berkat lapisan keamanan end-to-end encryption yang ditambahkan pada layanan chat cloud backup.

“WhatsApp dan penyedia layanan cadangan tidak akan dapat membaca cadangan Anda atau mengakses kunci yang diperlukan untuk membuka cadangan tersebut,” dikutip dari keterangan tertulis WhatsApp, Jumat (15/10/2021).

Fitur baru ini membuat salinan riwayat perpesanan yang dicadangkan oleh pengguna. Caranya dengan disimpan pada Google Drive atau iCloud dan dilapisi dengan enkripsi end-to-end.

Pembaruan fitur ini akan diluncurkan ke pengguna secara bertahap. Mengingat cloud backup terenkripsi pertama kali tiba untuk beberapa pengguna beta musim panas lalu.

“Jadi pengguna dapat mengakses pesan di masa lalu mereka bahkan jika mereka kehilangan ponsel mereka,” tulis WhatsApp.

WhatsApp

Cadangan cloud terenkripsi end-to-end mencakup log obrolan, panggilan video, pesan suara, pesan berbasis teks dan pesan berbasis media. Pengguna pun diberi opsi untuk mengamankan cadangan terenkripsi mereka dengan kunci enkripsi 64 digit atau kata sandi.

Cadangan yang terenkripsi ini bisa diaktifkan dan dimatikan sesuai pilihan pengguna. Untuk mengakses fitur ini pengguna memerlukan versi terbaru WhatsApp di Android atau iOS.

Berikut cara untuk mengaktifkan cadangan terenkripsi end-to-end: Buka Pengaturan lalu ketuk Obrolan > Cadangan Obrolan > Cadangan Terenkripsi end-to-end. Anda akan diminta untuk membuat kata sandi atau kunci enkripsi, setelah itu proses pencadangan akan dimulai.

Tinggalkan komen