Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review WPS Office Tipe Enterprise: Sederhanakan Fungsi, Lebih Efisien

Ada begitu banyak perangkat lunak Office, baik yang gratis maupun berbayar. Microsoft Office mungkin masih mendominasi, tetapi harganya cukup mahal. Sementara bagi yang tetap ingin menggunakan perangkat lunak secara gratis namun bukan bajakan, alternatifnya ada Open Office, WPS Office, LibreOffice dan lain-lain. WPS Office termasuk alternatif Office yang banyak digunakan karena versi gratisnya pun sudah canggih, tetapi ternyata banyak kecanggihan lain yang ada di versi enterprise. Menu yang simple dengan fungsi yang mudah, benar-benar melancarkan kerja sehari-hari.

Berbeda dengan versi gratis yang menggabungkan konverter PDF ke Doc, justru WPS versi berbayar murni hanya terdiri dari tiga aplikasi. Ketiga aplikasi tersebut adalah Writer, Presentation dan Spreadsheet, yang masing-masing fungsinya mirip Word, Power Point dan Excel. Ketiga aplikasi tersebut memiliki tampilan menu mirip dengan yang dimiliki Office, tetapi dengan beberapa penyederhanaan agar lebih mudah dioperasikan.

Writer Pada WPS Office

Menu Writer mirip degnan Word, sehingga tak membutuhkan waktu lama untuk mempelajari cara memakainya. Setiap file dokumen yang dibuka akan tampak pada tab yang berada di bagian bawah toolbar menu. Tak hanya format doc, docx, rtf atau txt saja yang bisa dibuka, PDF pun bisa dibuka langsung, tetapi perlu aplikasi tambahan untuk mengonversinya.

Pada sisi samping kiri setiap paragraf ada ikon biru untuk mengakses fungsi Paragraph Layout. Fungsi ini sangat memudahkan untuk menata paragraf, tinggal tarik dan geser penataan seseuai keinginan. Tak hanya untuk menata teks, bisa juga untuk merapikan posisi gambar agar tak acak-acakan. Kerennya lagi, ketika file dokumen yang dibuat di Writer sudah rapi, kamu bisa kirim ke siapa pun yang menggunakan aplikasi berbeda tanpa khawatir hasilnya berantakan. Yup! File dokumen kamu tetap rapi walau dibuka di Microsoft Word atau Office yang lain.

Tampilan Fungsi Paragraph Layout Pada Writer
Tampilan Fungsi Paragraph Layout Pada Writer

 

Ketika sedang asik mengetik dan ternyata format huruf baik ukuran, jenis dan jarak spasi berbeda dengan paragraf lain, kita ingin menyeragamkan tanpa mengubah paragraf lain dengan memakai fungsi Format Painter. Di Writer, fungsi tersebut juga ada.Tinggal blok paragraf yang akan diambil formatnya, tekan Format Painter, lalu pilih paragraf atau kalimat yang ingin disamakan fornatnya.

Bermain dengan Tabel di Writer

Mengambil tabel dari tempat lain pun dapat dengan mudah disesuaikan, tak perlu mengisi kolom satu per satu. Cukup sediakan tabel terlebih dahulu di Writer sesuai dengan tabel yang akan dibuat, pilih jumlah baris dan kolom. Kemudian setelah tabel tersedia, kopi data tabel dari sumber lain, misalnya dari website, lalu tempel data pada tabel yang sudah dibuat.

Fungsi Tabel Para Writer
Fungsi Tabel Para Writer

Ketika tabel sudah jadi dan ingin menambah kolom atau baris, maka sangat mudah melakukannya, cukup tekan tanda plus yang ada di pinggiran tabel. Demikian juga untuk menyesuaikan lebar tabel, baik keseluruhan maupun satu per satu. Bila ada perhitungna di dalam tabel, tak perlu repot keluar menggunkan aplikasi lain, cukup tekan Fast Calculation maka hasil hitungan otomatis ditampilkan pada tabel. Bila ingin menggunakan rumus, tinggal tekan Formula. Begitu cepat dan mudah.

Tak hanya penjumlahan yang bisa dilakukan dengan kalkulator pada menu tabel, tetapi tersedia juga nilai rata-rata, nilai maksial dan nilai minimal. Demikian juga bila ingin menyortir data di dalam tabel, tak perlu repot memindahkan ke aplikasi lain, tinggal tekan fungsi Sort, lalu pilih jenis penyortiran yang diinginkan. Tetapi jika rumus sudah semakin rumit dan penyortiran juga lebih kompleks, maka sebaiknya berpindah ke Spreadsheet yang bisa memproses data lebih canggih lagi.

Spreadsheet Pada WPS Office

Seperti halnya tampilan menu Write yang sama dengan Word, maka demikian juga tampilan Spreadsheet yang persis dengan Excel. Pada Spreadsheet, begitu mudah untuk menandai kolom dan baris dengan warna menggunakan fungsi Reading Layout. Warnanya pun dapat diubah dengan mudah, mata pun lebih nyaman saat ingin melakukan perbandingan data.

Bermain dengan data di Spreadsheet
Bermain dengan data di Spreadsheet

Penyaringan data juga mudah dilakukan. Jika di Excel biasanya memilih gelondongan data dulu baru memilih kelompok data yang akan ditampilkan dengan mencentangnya, maka di Spreadsheet angka jumlah data tersebut sudah bisa dilihat saat mencentang. Demikian juga dalam pembuatan grafik dari data yang begitu mudah. Aplikasi ini benar-benar sangat praktis untuk membuat grafik. Cukup pilih data, lalu pilih jenis grafik, dan grafik otomatis jadi tanpa harus melalui banyak langkah. Berbagai fungsi lain seperti Pivot Table dan Macro pun bisa dengan mudah dioperasikan di Spreadsheet layaknya menggunakan Excel di Microsoft Office.

Presentation Pada WPS Office

Presentation merupakan aplikasi untuk membuat slide presentasi seperti Power Point pada Microsoft Office. Slide pada daftar di sisi kiri dapat dipilih dan melakukan zoom in atau zoom out langsung dari daftar tersebut.

Zoom in dan Zoom out slide
Zoom in dan Zoom out slide

Pengubahan warna atau huruf untuk dijadikan latar pun dapat dengan mudah dilakukan. Bahkan pengambilan warna bisa dilakukan langsung dari luar aplikasi. Misalnya melihat warna yang menarik dari internet atau wallpaper, maka tak perlu melakukan banyak langkah untuk mengambil RGB warna tersebut. Cukup gunakan fungsi Eyedropper, lalu geser ke warna yang diinginkan. Secara otomatis, warna akan masuk pada slide di Presentation.

Fungsi Eyedropper pada latar slide Presentation
Fungsi Eyedropper pada latar slide Presentation

Bila ingin membuat animasi pun tidak perlu ribet atau harus jago membuat animasi. Misalnya ingin membuat bola menggelinding dari tangga, cukup gunakan mouse untuk menentukan arah gerak bola. Maka animasi pergerakan bola langsung bisa dilihat. Selain animasi, tersedia banyak template slide dan koleksi kombinasi warna yang bisa dipilih sesuai selera, sehingga tidak perlu repot mencocokkan warna-warna yang akan digunakan. Tetapi tetap bisa memilih warna sendiri juga secara manual. Berbagai efek transisi antar slide pun tersedia, sehingga memudahkan untuk membuat presentasi yang menarik.

Fitur Transisi pada Presentation
Fitur Transisi pada Presentation

Demikianlah sekilas fungsi-fungsi yang terdapat pada WPS Office, masih ada begitu banyak fungsi lain yang bisa dicicipi. Kamu bisa bebas bereksperimen sesuai dengan kebutuhan. Bila ingin mencoba terlebih dahulu versi berbayar untuk merasakan sensasinya, kamu bisa mengunduh melalui bit.ly/WPS1Y. Versi enterprise ini menyediakan trial selama 90 hari. Bila suka tentu saja bisa membeli lisensi seumur hidup sebesar Rp1,5 juta atau lisensi per tahun sebesar Rp500 ribu. Tetapi bila ingin menggunakan versi individu saja yang gratis, sudah ada WPS Office 2019 Beta yang bisa digunakan secara gratis.

86.3%
Awesome

Review WPS Office for Enterpreneur

Sebagai perangkat lunak Office alternatif, dengan berbagai menu yang disederhanakan dengan kemampuan lebih canggih. Simple sebagai office yang mendukung pembuatan dokumen, spreadsheet dan presentasi. Mengotak-atik paragraf dan tabel begitu mudah di Writer, pemilahan data di Spreadsheet dibantu permainan warna kolom dan baris, serta kemudahan pengambilan warna dan pembuatan animasi di Presentation.

  • Menu 85%
  • Function 90%
  • Adoptable 89%
  • Value for Money 81%

Get real time updates directly on you device, subscribe now.