Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Microsoft Umumkan Office 2021, Tersedia di Windows dan MacOS Akhir Tahun

0 157

Perusahaan teknologi asal Amerika, Microsoft akan mengumumkan dua versi baru Office. Mereka akan merilis Microsoft Office 2021 versi untuk konsumen dan Office LTSC (Long-Term Servicing Channel) untuk pelanggan komersial. Perangkat lunak ini akan tersedia akhir tahun ini untuk perangkat berbasis Windows dan MacOS.

Hampir mirip dengan rilisnya Office 2019, generasi baru perangkat pengolah dokumen ini dibuat untuk mereka yang tidak ingin berlangganan varian Microsoft 365 berbasis cloud. Sejauh ini, perusahaan milik Bill Gates itu belum sepenuhnya merinci semua fitur dan perubahan di Office 2021. Hanya pada varian Office LTSC (Long-Term Servicing Channel) akan menyertakan hal-hal seperti dukungan mode gelap, peningkatan aksesibilitas, Dynamic Arrays dan XLOOKUP di Excel.

Hal Baru di Microsoft Office 2021

dark mode office 2021
mode gelap pada office 2021 (MSPoweruser)

Tampak perubahan paling mencolok, terjadi pada tampilan visual yakni dengan hadirnya mode gelap dalam edisi tahun ini. Tak hanya itu, Microsoft akan tetap memfokuskan sebagian besar antarmuka dan fitur yang didukung cloud pada versi Microsoft 365 Office terlebih dahulu.

Corporate Vice President  Microsoft 365, Jared Spataro, mengungkapkan dengan adanya Office LTSC tidak semua pelanggan bisnisnya siap untuk beralih ke cloud. “Kami pasti memiliki banyak pelanggan yang telah beralih ke cloud selama 10 bulan terakhir, itu benar-benar terjadi secara massal. Pada saat yang sama, kami pasti memiliki pelanggan yang memiliki skenario khusus di mana mereka merasa tidak dapat beralih ke cloud,” ujar Spataro.

Harga Microsoft Office 2021 Tidak Berubah, Masa Dukungan Hanya 5 Tahun

Microsoft Office 2021 Skenario khusus tersebut mencakup industri yang diatur, dengan proses dan aplikasi tidak dapat berubah setiap bulan, atau pabrik yang mengandalkan Office. Microsoft juga berkomitmen pada versi Office lainnya untuk masa depan, tetapi itu mengubah harga dan bagaimana versi baru ini akan didukung.

Nantinya, Office LTSC hanya memberikan masa dukungan selama lima tahun, bukan tujuh tahun yang biasanya disediakan Microsoft untuk Office. Untuk harga, Office Professional Plus, Office Standard, dan aplikasi individual juga meningkat 10 persen untuk pelanggan komersial, dengan harga konsumen Office 2021 dan bisnis kecil tetap sama.

Microsoft di laman blognya mengumumkan tidak berencana mengubah harga untuk produk ini pada waktu rilis. Namun akan mengumumkan detail selengkapnya tentang fitur baru yang disertakan di Office 2021 mendekati waktu ketersediaan.

Penyelarasan Waktu Dukungan

Waktu dukungan Microsoft Office LTSC selaras lebih dekat dengan dukungan Windows. Sebagai hasilnya Microsoft juga menyelaraskan jadwal rilisnya untuk Office dan Windows. Kedua versi Office LTSC dan Windows 10 LTSC berikutnya akan dirilis pada paruh kedua tahun 2021. “Waktu (perilisan) keduanya akan berdekatan, meskipun kami belum memiliki detail untuk rilis Windows,” kata Spataro.

Microsoft berencana  merilis versi pratinjau untuk Office LTSC di bulan April dan versi penuh akhir tahun ini.  Office 2021 untuk konsumen tidak akan tersedia dalam pratinjau. Keduanya akan dipaketkan dengan aplikasi OnePad bawaan serta tersedia dalam versi 32-bit dan 64-bit.